Ini dia 5 karakteristik bahan kemeja kotak kotak yang wajib kamu coba

Bisa dikatakan jika kemeja dengan bahan motif kotak-kotak adalah jenis kemeja yang tidak akan lekang oleh waktu. Hal ini karena kemeja yang satu ini dapat digunakan sebagai pilihan busana untuk berbagai acara, baik itu yang formal hingga yang santai.

Untuk kamu para penggemar baju kemeja kotak kotak, saat ini kamu bisa lebih leluasa dalam memilih jenis kemeja yang kamu inginkan.

Banyak brand-brand lokal hingga mancanegara yang menjadikan kemeja dengan motif kotak-kotak ini sebagai salah satu pilihan kemeja favorit. Brand-brand tersebut diantaranya ada Eiger, Daily Outfis & Co, hingga Burberry.

Dengan beragam pilihan merk atau brand tersebut, kamu akan merasa bingung, jenis kemeja mana yang akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membedakan ciri khas serta karakteristik kemeja bermotif kotak-kotak ini berdasarkan bahan yang digunakan seperti berikut.

Bahan Kemeja Kotak Kotak-min
  • Bahan flanel kotak-kotak  

Bahan flanel adalah salah satu jenis bahan populer dalam pembuatan kemeja dengan bahan motif kotak-kotak. Pada dasarnya kain flanel ini merupakan jenis kain yang terbuat dari serat wool yang memiliki permukaan yang lembut seperti kapas.

Jenis bahan yang satu ini memiliki ketebalan yang berbeda-beda, sehingga sering kali banyak digunakan untuk membuat produk-produk konveksi lainnya seperti kemeja kotak kotak. Dengan bahan yang tergolong sedikit kaku, kamu bisa membuat tampilan kamu terlihat lebih rapih dengan menggunakan kemeja dari bahan yang satu ini.

Selain itu, bahan flanel ini juga sangat cocok untuk kamu yang menyukai petualangan ke daerah tropis, karena serat kainnya yang tergolong kuat dan tidak mudah robek. Bahan Flanel ini juga dapat menyerap keringat dengan cukup baik, sehingga dapat membuat kamu lebih nyaman ketika beraktivitas.

Namun jika kamu lebih menyukai daerah yang dingin, kemeja berbahan dasar flanel ini juga menjadi salah satu pilihan outer yang tepat untuk kamu gunakan, karena memiliki karakteristik kain yang cukup tebal, sehingga dapat menghangatkan tubuh kamu di cuaca yang dingin sekalipun.

Untuk pilihan motif kotak-kotak, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini banyak varian motif kemeja flanel kotak-kotak yang dapat kamu pilih, seperti motif plaid yang cenderung memiliki ukuran yang berbeda-beda, motif window plain yang memiliki ukuran kotak yang simetris, dan motif Graph yang memiliki ukuran kotak-kotak yang kecil.

Bahan Kain Kotak Kotak 4-min
  • Bahan cotton jepang kotak-kotak

Seperti namanya, bahan cotton ini memang berasal dari jepang, dimana bahan ini cenderung lebih halus dan ringan dibandingkan dengan jenis bahan cotton lainnya. Selain itu, bahan cotton jepang ini juga terbuat dari bahan organik, sehingga tidak mengandung campuran bahan sintetis atau kimia di dalamnya.

Biasanya jenis bahan cotton jepang ini memiliki motif yang beragam, salah satunya adalah motif kotak-kotak dengan perpaduan desain yang cenderung bewarna cerah. Dengan desain yang unik ini, kamu bisa menggunakan kemeja dari bahan cotton jepang untuk melengkapi fashion style harianmu.

Selain itu, kemeja dengan bahan cotton jepang ini tergolong memiliki bentuk yang slim fit, sehingga akan terlihat lebih rapih dan sopan saat digunakan. Jadi kamu bisa menggunakan kemeja ini untuk menghadiri acara-acara formal, seperti acara pernikahan, kerja, dan sebagainya.

Untuk menciptakan fashion style yang menarik dengan kemeja cotton jepang berbahan kotak-kotak ini, kamu bisa menggunakannya dengan celana kain dan sepatu pentofel untuk tampilan yang lebih formal. Seangkan untuk tampilan yang lebih santai dan casual, kamu bisa memadukannya dengan celana jeans panjang atau celana chinos.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan noda luntur pada baju putih

Bahan Kain Kotak Kotak 3-min
  • Bahan polyester kotak-kotak

Saat ini, banyak sekali pilihan jenis bahan kemeja yang bisa kamu pilih, salah satunya yaitu bahan polyester. Walaupun jenis bahan yang satu ini lebih identik dengan produk-produk pakaian olahraga, namun jenis bahan polyester ini juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu bahan kemeja yang cukup menarik untuk digunakan.

Dengan karakteristik bahan yang cenderung memiliki permukaan yang mengkilap dengan serat kain yang kuat, sehingga akan membuat kemeja kamu menjadi lebih tahan lama. Selain itu, bahan polyester ini juga bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup murah.

Biasanya kemeja kotak kotak yang terbuat dari bahan polyester ini memiliki bentuk kemeja yang slim fit, sehingga dapat kamu gunakan ketika bekerja atau sekedar menghadiri acara-acara resmi lainnya.

Salah satu brand lokal yang menggunakan bahan polyester sebagai salah satu bahan pembuatan kemeja yaitu Brand Leos. Dengan desain long sleeves, yang terlihat menarik dan nyaman ketika dipakai.

Namun, kekurangan penggunaan bahan polyester untuk bahan pembuatan kemeja yaitu karena bahan ini cenderung tidak mudah untuk menyerap keringat. Tapi kamu tidak perlu cemas, karena saat ini, banyak produk kemeja dari bahan polyester yang menyediakan fitur Air Ventilation untuk membuat kamu tetap merasa adem.

Bahan Kain Kotak Kotak 2-min
  • Bahan cotton linen kotak-kotak

Seperti namanya, bahan ini merupakan percampuran bahan cotton dan linen, sehingga menghasilkan jenis kain yang memiliki serat rapih dan halus. Biasanya jenis bahan kemeja yang satu ini memiliki kualitas yang tinggi, sehingga harga yang ditawarkanpun cukup mahal.

Berbeda dengan jenis kain lainnya, bahan cotton linen ini cenderung memiliki variasi warna yang cukup pucat. Hal ini karena jenis bahan ini menggunakan bahan alami berupa cotton dan juga serat rami, sehingga menghasilkan warna yang tidak terlalu terang.

Namun kamu tenang saja, walaupun warna yang dihasilkan tidak terlalu terang, kamu masih bisa menggunakan kemeja kotak kotak dari bahan ini dengan nuansa style jaman dulu yang warna kainnya sedikit memudar. Kamu bisa memadukan gaya ini dengan celan jeans atau rok selutut berempel untuk kesan yang lebih casual namun tetap terlihat sopan dan menarik.

Ketika kamu memilih bahan kemeja yang satu ini, sebaiknya kamu perlu berhati-hati ketika merawatnya, hal ini karena serat alami yang terkandung dalam kain akan memerlukan perlakuan khusus agar tetap terjaga dan selalu awet.

Bahan Kain Kotak Kotak 1-min
  • Bahan cotton polyester kotak-kotak

Jika kamu ingin tampilan yang terkesan lebih santai dengan nuansa kemeja yang lebih edgy, mungkin kamu bisa memanfaatkan kemeja kotak kotak dari bahan cotton-polyester. Bahan yang satu ini merupakan jenis bahan yang berasal dari percampuran dari bahan cotton atau kapas dengan polyester yang merupakan serat sintetis.

Bahan Cotton-Polyester ini pada dasarnya memang memiliki karakteristik bahan yang hampir mirip dengan bahan cotton dan polyester pada umumnya, yaitu memiliki permukaan yang halus, sedikit mengkilap, dan serat kain yang cenderung lebih kuat.

Selain itu, karena menggabungkan kedua jenis bahan tersebut, kemeja dari bahan cotton-polyester ini cenderung memiliki tekstur bahan yang jatuh, sehingga sangat nyaman ketika dipakai.

Salah satu jenis kemeja dengan motif kotak-kota yang menggunakan bahan ini yaitu kemeja Casual men dari Dark Icon, yang mana kemeja ini menyuguhkan tampilan yang out of the box dengan nuansa monochrome yang kental.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan noda di baju putih

Baju Kemeja Kotak Kotak 2-min

Nah, itulah beberapa jenis karakteristik bahan yang sering digunakan pada pembuatan kemeja kotak kotak. Walaupun jenis kemeja ini tergolong simpel, namun dengan perpaduan bahan yang beragam, kamu bisa menciptakan kesan yang jauh berbeda satu sama lain.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *