Kemeja flanel : Perkembangan, style hingga motif terkini yang wajib banget kalian coba

Bisa dikatakan jika kemeja flanel merupakan salah satu jenis fashion item yang tidak akan pernah surut peminat. Hal ini karena model dan juga motif kemeja yang terkenal simpel ini sangat mudah untuk dipadukan di berbagai situasi, baik itu formal, semi formal hingga yang non formal sekalipun.

Selain itu, jenis kemeja yang satu ini sering dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat, sehingga dapat dengan mudah kamu dapatkan di berbagai tempat dengan pilihan warna dan motif yang beragam.

Namun, tahukah kamu jika kemeja trendy dengan aksen kotak-kotak yang khas ini juga memiliki berbagai keunikan lainnya yang harus kamu ketahui melalui beberapa info berikut ini.

Motif Kemeja Flanel Terkini-min

Perkembangan Kemeja Flanel

Jenis pakaian atas yang memiliki ciri khusus kain yang cukup tebal ini pada awalnya disebut dengan sebutan ‘gwlanen’ yang berarti bahan wol dari bahasa wales. Sedangkan di perancis, bahan kemeja yang satu ini disebut juga dengan flanelle.

Pada abad ke-18, bahan flanel ini mulai di produksi secara massal dengan bahan baku wol. Namun sering dengan perkembangan zaman, bahan baku kain flanel ini mulai diganti dengan campuran bahan cotton, sutera dan serat sintetis yang lebih ringan dan kuat.

Biasanya pakaian yang terbuat dari bahan flanel ini digunakan untuk menghangatkan badan ketika musim dingin. Namun sejak band Nirvana mempopulerkan kemeja flanel ini, banyak orang yang mulai melirik kemeja yang satu ini sebagai salah satu fashion item yang simpel namun menarik.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak anak muda yang mengganti fashion style yang semula sering menggunakan jaket kulit, mulai beralih dengan kemeja dari bahan flanel ini, terutama untuk para penggemar band-band country dan R&B.

Motif Kemeja Flanel Terbaru

Kemeja yang satu ini memang memiliki motif kotak-kotak yang khas. Kamu bisa langsung membedakan kemeja dari bahan flanel ini dengan jenis kemeja lainnya. Namun pada dasarnya, motif kemeja casual ini memiliki beberapa jenis, diantaranya seperti berikut ini.

  • Plaid

Motif Plaid atau kotak-kotak dengan ukuran besar dan kecil ini tergolong motif yang paling sering digunakan. Jadi tidak herann jika motif yang satu ini sering disebut juga dengan Basic Flannel.

Terdiri dari garis-garis vertikal dan horizontal yang saling menumpuk, sehingga membentuk motif kotak-kotak atau plaid dengan ukuran besar dan kecil, sehingga membuat kemeja ini terlihat lebih menarik namun tetap simpel, sehingga cocok digunakan oleh siapa saja.

Selain bentuk, motif plaid ini juga memiliki ciri khas lain pada perpaduan dua warna atau lebih yang digunakan untuk menciptakan efek yang terlihat lebih menarik dan eye catching.

  • Graph

Hampir mirip dengan motif plaid, motif graph ini juga memiliki bentuk kotak-kotak. Namun perbedaannya yaitu pada ukuran dan warna yang digunakan.

Motif Graph ini memiliki bentuk kotak-kotak kecil dengan menggunakan satu warna saja pada garis-garisnya. Jadi bisa dikatakan jika motif graph ini cenderung sangat simpel.

Namun, walaupun terkesan simpel dan sederhana, kemeja dengan motif yang satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai salah satu fashion item formal. Hal ini karena motifnya yang rapih dan terkesan tidak terlalu berlebihan sehingga membuat penampilan kamu semakin menarik dan rapih.

  • Window Plaid

Seperti namanya, motif kemeja flanel ini memiliki bentuk seperti bingkai jendela. Dengan motif kotak-kotak yang berukuran sedang dan simpel tanpa adanya banyak tumpukan garis, sehingga membuat tampilan kemeja ini lebih terlihat santai dan casual.

Baca juga artikel kami tentang : Model kemeja casual santai

Style Dengan Kemeja Flanel

Selain karena banyaknya band di tahun 1990 an yang menggunakan kemeja flanel sebagai salah satu fashion item wajib ketika tampil, kemeja trendy yang satu ini juga tergolong jenis kemeja unisex, yang dapat digunakan oleh segala gender dan usia, sehingga semakin membuat banyak orang menyukainya.

Nah, untuk kamu yang bingung memilih style yang tepat dalam menggunakan kemeja berbahan kain flanel ini, kamu bisa mencoba beberapa style berikut ini.

  • Style Casual

Jika berbicara mengenai kemeja dengan motif kotak-kotak yang khas ini, maka tidak lengkap jika kamu tidak mencoba style yang satu ini. Style Casual merupakan salah satu jenis style fashion yang tergolong simpel dan tidak memerlukan banyak item untuk terlihat menarik.

Kamu cukup memadukan kemeja bermotif kotak-kotak ini dengan celana jeans dan sepatu sneakers. Kamu juga bisa menambahkan kaos atau aksesoris lainnya agar tampilan kamu semakin terlihat keren.

Sedangkan untuk para wanita, kamu juga bisa mencoba gaya casual namun tetap terlihat feminim, dengan memadukan kemeja ini dengan rok jeans serta sepatu converse.

  • Style Vintage / Retro

Untuk gaya vintage, kamu bisa memanfaatkan kemeja berbahan flanel yang memiliki warna pudar, seperti coklat atau kuning, sehingga lebih menunjang nuansa retro atau vintagemu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan celana jeans model cut bray ala-ala tahun 90-an. Style yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat tampilanmu terlihat lebih menarik, walaupun mengusung tema jadul.

Saat ini gaya vintage atau retro dengan kemeja berbahan flanel ini juga sering digunakan sebagai salah satu item fashion yang instagram able. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika gayamu terlihat aneh atau terlalu ketinggalan zaman.

  • Style Formal

Dengan kemeja berbahan flanel ini, kamu juga bisa membuat penampilan kamu menjadi lebih formal. Kamu cukup memadukan kemeja dengan sweater tanpa zipper dan celana kain serta sepatu pentofel.

Dengan perpaduan yang simpel ini, kamu bisa bekerja, berkuliah atau menghadiri acara formal lainnya dengan lebih simpel dan tidak ribet. Selain itu, dengan perpaduan ini, kamu bisa lebih mengekspor tampilan formalmu agar tetap terlihat lebih menarik.

  • Style Streatwear

Style Streatwear merupakan salah satu jenis style fashion yang sangat disukai oleh kalangan muda amerika, karena terkenal simpel dan menarik dengan mengandalkan efek layering pada pakaian.

Kamu bisa memadukan kemeja berbahan flanel ini sebagai outer dan kaos polos sebagai inner. Namun jika kamu ingin tampilan yang lebih bervolume, kamu juga bisa menggunakan tambahan outer berupa jaket denim.

Sedangkan untuk bawahan, kamu bisa memanfaatkan celana ripped jeans atau celana chinos dengan sepatu kets. Kamu juga dapat menambahkan aksesoris berupa topi baseball.

  • Style Oversize

Untuk kamu yang menyukai style yang lebih santai, kamu bisa mencoba menggunakan kemeja dari flanel berbentuk oversize. Kamu bisa memadukan kemeja dengan model oversize ini dengan celana jeans atau rok pendek.

Untuk memilih kemeja oversize berbahan flanel, sebaiknya kamu memilih ukuran satu tingkat di atas ukuran tubuhmu. Hal ini agar tampilan kemeja tidak terlalu besar sehingga tetap dapat membuat tampilan kamu terlihat menarik.

Berbeda cerita jika kamu memilih ukuran yang jauh lebih besar, tubuhmu akan terlihat sangat kecil dan kurang menari. Jadi pilihlah ukuran kemeja trendy yang satu ini sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga artikel kami tentang : Keunggulan kemeja greenlight

Jenis kemeja flanel ini memang sudah kamu kenali sejak dulu. Bahkan eksistensinya pun semakin meningkat dikalangan remaja. Namun dengan beberapa info yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa lebih mengetahui berbagai hal mengenai salah satu pakaian wajib di dalam lemari ini.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *