Gak perlu panik, ini dia cara efektif menghilangkan noda tinta di baju yang sudah lama

Kesibukan sehari-hari untuk bekerja ataupun belajar terkadang membuat kamu tidak terlalu teliti dalam mencuci baju. Seringkali kamu akan menemukan noda-noda yang sudah lama dan mengering sehingga sulit untuk dibersihkan, salah satunya adalah noda tinta.

Nah, agar bajumu dapat kembali bersih seperti semula, kamu bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang sudah lama seperti berikut ini.

cara menghilangkan noda tinta di baju yang sudah lama
Sumber gambar : thespruce.com
  • Cara Menghapus Noda Tinta Kering Pada Baju Menggunakan Hand Sanitizer

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, benarkah hand sanitizer dapat menghilangkan noda tinta yang telah mengering di baju? Jawabannya ada ya. Hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi yang dapat membantumu dalam menghapus noda tinta di pakain.

Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan hand sanitizer, baik itu yang berbentuk cair ataupun gel pada area yang terkena noda tinta. Tunggulah selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

Selama menunggu itu, kamu bisa menggosok dan menekan-nekan area yang terkena noda tinta, sehingga tinta yang sebelumnya telah mengering dapat terangkat dengan sempurna.

Jika cara ini dirasa belum sanggup untuk melunturkan noda tinta yang sudah lama bersarang dibajumu, kamu bisa mengulanginya selama beberapa kali hingga bajumu benar-benar bersih.

  • Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Pakaian Dengan Hair Spray

Mungkin penggunaan hair spray untuk menghilangkan noda tinta lama di baju memang kurang populer. Namun jangan salah sangka dulu, hair spray ini telah terbukti cukup ampuh untuk menghapus noda tinta yang mengering di baju berwarna ataupun baju putih.

Kamu cukup menaruh selembar tisu atau kain kering di bawah area baju yang terkena noda tinta. Setelah itu kamu bisa menyemprotkan hair spray nya langsung ke area yang terkena noda sambil di gosok dengan pelan, hingga nodanya hilang.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini untuk membersihkan noda tinta kering di pakaianmu, sebaiknya kamu memilih jenis hair spray yang memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi, sehingga dapat dengan mudah untuk menghapus noda yang telah lama bersemayam di pakaianmu.

  • Tips Ampuh Menggunakan Spirtus Untuk Menghilangkan Noda Tinta Kering

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda tinta yang sudah lama bersemayam di baju yaitu dengan menggunakan spirtus. Jenis bahan kimia ini sudah sejak lama di percaya dapat menghilangkan berbagai jenis noda membandel di pakaian.

Kamu hanya perlu menuangkan sedikit cairan spirtus di bagian yang terkena noda tinta sambil di gosok-gosok dengan kain kering hingga noda yang menempel dapat terangkat. Ketika menggosok bagian noda, pastikan jika kamu melakukannya dengan perlahan sehingga bajumu tidak akan rusak.

Namun kekurangan dari penggunaan spirtus sebagai salah satu cara menghilangkan noda tinta kering di baju ini yaitu aroma yang dihasilkan cukup menyengat. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa langsung mencucinya dengan detergen.

  • Cara Cepat Membersihkan Noda Tinta Pada Baju Dengan Pasta Gigi

Tidak semua jenis pasta gigi dapat kamu gunakan untuk membersihkan boda bekas tinta yang sudah lama merengering di baju. Pasta gigi biasa yang bewarna putih dan non-gel, agar dapat menghilangkan noda tinta yang terlah mengering di baju dengan lebih efektif dan cepat.

Seperti cara lainnya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada area noda di baju sambil digosok lembut hingga noda dapat terangkat. Setelah benar-benar bersih, kamu bisa mencucinya seperti biasa untuk menghilangkan aroma mint pasta gigi yang masih menempel di bajumu.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan noda spidol di baju

  • Cara Menghapus Noda Tinta Lama Di Baju Dengan  Cuka

Cuka atau vinegar juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan baju dari noda tinta yang telah lama mengering. Kandungan asam pada cuka inilah yang akan membuat tinta akan memudar.

Untuk caranya, kamu hanya perlu menuangkan cuka pada bagian yang terkena noda dengan sebelumnya telah melapisi kain kering di bawah area yang akan dibersihkan. Selanjutnya kamu hanya perlu menggosok area tersebut dengan perlahan hingga noda dapat hilang dengan sempurna.

Selain dapat menghapus noda tinta, penggunaan cuka ketika membersihkan pakaian ini juga dapat membuat bajumu terlihat lebih bersih dan tidak kusam.

  • Cara Efektif Menghilangkan Noda Tinta Kering Di Baju Dengan Sabun Cuci Piring

Jika kamu malas pergi ke laundry, kamu bisa menghilangkan noda tinta yang sudah lama mengering hanya dengan menggunakan sabun cuci piring. Kandungan sabun pencuci piring yang telah di desain untuk menghilangkan berbagai macam jenis noda ini terbukti efektif untuk bajumu.

Cukup dengan menuangkan sedikit sabun cuci piring yang berbentuk cair di area yang terkena noda selama 15-30 menit sambil di gosok perlahan, noda tinta yang sebelumnya terlihat sulit untuk dihilangkan, telah dapat kamu atasi.

Bagaiamana? Cukup mudah bukan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika bajumu terkena noda tinta yang sudah kering. Cukup mengikuti cara menghilangkan noda tinta di baju yang sudah lama ini, kamu dapat menghemat banyak pengeluaran, baik itu untuk membeli barang atau hanya untuk membawa baju ke laundry.

Semoga informasi yang konveksi bandung tersebut bagikan dapat bermanfaat untuk kalian, terimakasih sudah membaca artikel kami. Selamat mencoba.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *