8 Cara Menghilangkan Tinta Di Baju Tanpa Perlu Dibawa Ke Laundry

Noda tinta yang ada di baju adalah salah satu permasalahan umum yang cukup membuat kamu perlu memutar otak untuk membuat bajumu bersih kembali. Dengan warna biru gelap yang cukup tebal, tinta yang menempel dibaju ini akan cukup membuat kamu risih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti informasi berikut ini mengenai cara menghilangkan tinta di baju dengan cepat tanpa perlu membawanya ke laundry.

cara menghilangkan tinta di baju
Sumber gambar : cleanipedia.com
  • Cara Menghilangkan Bekas Tinta Di Baju Dengan Aseton

Selain berfungsi untuk menghilangkan cat kuku, cairan aseton juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas tinta membandel yang menempel di baju. Cairan aseton ini dapat membersihkan tinta di baju dengan cukup mudah dan cepat.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan larutan aseton, kain kering dan sikat gigi. Pertama-tama, letakkan kain kering di bawah permukaan area baju yang terkena tinta, lalu tuangkan larutan aseton sedikit demi sedikit pada noda tinta di baju.

Setelah itu, gosoklah dengan sikat gigi sedikit demi sedikit hingga tinta dapat terangkat dengan sendirinya. Jika sudah terangkat, kamu bisa menggunakan kain kering untuk membersihkannya.

Gunakan cara ini beberapa kali hingga tinta di baju dapat menghilang dengan sempurna. Semakin tebal dan kental tinta yang menempel, maka akan semakin sering banyak cairan aseton yang perlu kamu gunakan.

  • Tips Membersihkan Tinta Di Baju Dengan Garam

Apakah kamu punya stok garam yang lebih di dapur? Jika iya, kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan tinta yang membekas di bajumu. Kandungan alami pada garam ini dapat melarutkan zat tinta yang menempel di baju.

Cukup dengan merendam baju di air harngat yang telah ditaburi garam selama beberapa jam. Setelah itu, kamu bisa mengucek bagian baju yang terkena noda tinta hingga tinta dapat hilang dengan sempurna.

Karena cara ini menggunakan bahan alami, maka tidak heran jika cara ini tidak langsung bisa membersihkan tinta yang tebal. Jadi kamu perlu melakukannya beberapa kali hingga tinta benar-benar bersih.

  • Cara Menghapus Tinta Tebal Di Baju Dengan Bensin

Sudah sejak lama bensin dipercaya untuk membersihkan noda-noda membandel seperti oli, tinta dan sebagainya. Larutan bensin ini memang lebih sering digunakan, karena harga yang murah, mudah didapat dan cukup mudah diaplikasikan.

Cukup dengan mengoleskan larutan bensin ke bagian noda tinta di baju, selanjutnya tekan dengan perlahan hingga tinta yang menempel berubah menjadi lebih cair. Setelah itu kamu bisa menggunakan kain kering untuk membersihkan tinta.

Saat membersihkan tinta menggunakan bensin ini, kamu perlu berhati-hati karena bensin ini sangat mudah untuk terbakar, jadi sebaiknya kamu menggunakannya di tempat yang teduh dan aman dari barang-barang yang dapat memicu api.

  • Cara Menghilangkan Noda Tinta Di Pakaian Menggunakan Pemutih

Pemutih juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan tinta di pakaian. Namun dibandingkan dengan yang lain, pemutih ini hanya dapat digunakan di pakaian yang bewarna putih saja, agar tidak luntur.

Selain itu, jenis tinta yang dapat dihilangkan menggunakan pemutih ini harus yang tipis agar bajumu bisa bersih maksimal.

Cukup dengan merendam baju selama 1-2 jam dengan cairan pemutih, kamu bisa membuat tinta di baju hilang dengan sempurna.

Baca juga artikel kami tentang : Menghilangkan noda tinta di baju lama

  • Tips Mengangkat Tinta Di Baju Dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring memiliki zat pembersih yang dapat mengangkat berbagai jenis noda di benda termasuk pakaian. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengangkat tinta yang baru saja menempel di baju dengan mengoleskan sabun cuci piring.

Cukup diamkan selama 30 menit hingga tinta berubah tekstur menjadi lebih cair. Selanjutnya kamu hanya perlu menggosok dan menekannya perlahan hingga tinta benar-benar terangkat. Setelah itu gunakan kain bersih untuk menyerap tinta.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan cara ini beberapa kali hingga noda benar-benar hilang dan bajumu terlihat lebih bersih.

  • Cara Menghapus Tinta Tebal Di Baju Dengan Cuka

Selain dapat membuat baju lebih bersih, cuka juga dapat membantumu untuk menhapus tinta tebal yang menempel di baju. Kamu hanya perlu mengoleskan cuka di area baju yang terkena tinta hingga merata.

Setelah itu diamkan beberapa saat dan mulailah untuk menggosok atau menguceknya dengan perlahan menggunakan kain kering. Nantinya tinta yang menempel di baju akan berpindah ke kain kering.

  • Pasta Gigi Bermanfaat Untuk Membersihkan Tinta Membandel Di Baju

Jenis pasta gigi yang dapat kamu gunakan yaitu jenis pasta gigi yang bukan gel atau dengan kata lain adalah pasta gigi yang bewarna putih. Pasta gigi yang satu ini bisa membuat tinta membandel dapat hilang dengan lebih mudah.

Oleskan pasta gigi di area baju yang terkena noda tinta, lalu diamkan selama 30 menit hingga pasta gigi mulai mengering. Jika sudah seperti itu, kamu bisa mengucek atau menekan-nekan area tersebut dengan perlahan hingga pasta gigi berubah warna seperti tinta.

Untuk membersihkan sisa pasta gigi ini, kamu bisa memanfaatkan kain kering. Setelah itu, jika sisa pasta gigi masih membekas, kamu bisa mencucinya dengan detergen seperti biasanya.

  • Cara Efektif Menghapus Tinta Dengan Alkohol

Tahukah kamu jika alkohol juga dapat menghilangkan tinta di pakaian? Ya, kandungan alkohol ini dapat memecah senyawa minyak di tinta, sehingga tinta yang membandel dapat dengan mudah dihilangkan.

Cukup dengan mengoleskan larutan alkohol di area yang terkena tinta, dan kucek dengan perlahan hingga tinta dapat terangkat. Setelah itu gunakan kain kering atau tisue untuk membersihkannya.

Selain cairan alkohol, kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung alkohol, seperti hand sanytazer, hair spray, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara menghilangkan tinta di baju dengan mudah dan efektif yang bisa kamu aplikasikan dirumah. Jadi buat apa ke laundry jika kamu juga bisa membersihkan bekas tinta di baju dengan mudah dirumah.

Semoga informasi yang kami konveksi bandung sampaikan dapat bermanfaat dan dipraktekan di rumah kalian, Terimakasih.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *