Cara Ampuh Menghilangkan Noda Tinta Di Baju Dengan Aman Dan Mudah

Mungkin untuk para ibu rumah tangga, noda tinta yang bersarang di baju anak-anak cukup membuat pusing karena jika salah penanganan bisa-bisa kulit anaklah yang akan iritasi atau bahkan merah-merah karena tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Selain dampak yang ditimbulkan jika salah penanganan, noda tinta di baju juga terkadang sulit untuk dihilangkan karena senyawa kimia yang ada dalam tinta sangat mudah untuk meresap ke pori-pori kain. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba cara menghilangkan noda tinta di baju dengan aman seperti berikut ini.

cara menghilangkan noda tinta di baju
Sumber gambar : today.com

Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Baju

  • Mengetahui Jenis Noda Tinta

Sebelum membahas bahan yang digunakan, kamu perlu mengetahui jenis noda tinta yang menempel di baju, apakah itu spidol permanen, spidol berwarna atau pulpen. Ketiga jenis tinta ini memiliki zat dan ketebalan yang berbeda, sehingga perlu diperhatikan dengan teliti.

Jika di urutkan, noda pulpen yang menempel pada baju anak tergolong cukup mudah untuk di hapus, karena memiliki jenis tinta yang tipis. Sedangkan untuk jenis spidol permanen, kamu perlu perawatan yang lebih khusus, karena jenis tintanya lebih tebal sehingga dapat meresap ke kain baju dengan cepat.

  • Langsung Dibilas Air

Langkah pertama yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan noda tinta di baju anak dengan mudah yaitu dengan membilasnya dengan air. Cara ini bisa kamu gunakan bila baju baru saja terkena tinta, sehingga noda tinta belum terlalu meresap kedalam kain.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan air hangat, sehingga noda tinta dapat terangkat dengan mudah, selain itu juga dapat membunuh kuman pada baju anak.

  • Segera Di Cuci

Tips lainnya yang dapat kamu lakukan ketika mengetahui jika baju anak telah terkena noda tinta, kamu harus segera mencucinya. Langkah ini dimaksudkan agar noda tinta dapat dihapus sebelum masuk ke pori-pori kain.

Biasanya untuk baju yang baru saja terkena noda, kamu bisa mencucinya dengan mengucek area yang terdapat noda tinta dengan pelan menggunakan tangan. Namun sebelumnya kamu bisa memberikan sabun cair yang ramah lingkungan.

  • Jangan Tunggu Sampai Kering

Kunci utama dalam menangani noda tinta agar tidak berbekas yaitu dengan tidak membiarkan noda sampai kering. Jika noda tinta yang bersarang di baju telah kering maka noda akan sangat sulit dihilangkan.

Apalagi jika noda tinta yang telah kering ini ada di baju bewarna cerah, seperti warna putih yang akan terlihat lebih kentara jika terus dibiarkan. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan berbagai cara untuk menghapus noda tinta tersebut.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan tinta di baju

Cara Menghapus Noda Tinta Di Baju Tanpa Takut Iritasi

  • Perasan Lemon

Agar tidak terkena iritasi ketika menggunakan baju yang telah di bersihkan dari berbagai jenis noda tinta, kamu perlu menggunakan bahan-bahan alami salah satunya yaitu perasan lemon.

Dengan kandungan asam yang cukup tinggi pada perasan lemon inilah yang dapat membantumu dalam menghilangkan noda tinta pada pakaian tanpa takut terkena iritasi kulit.

Caranya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan air perasan lemon yang dioleskan pada bagian baju yang terkena noda tinta. Tinggal tunggu selama 15 menit hingga perasan lemon dapat meresap dengan baik.

Selanjutnya kamu bisa menguceknya dengan pelan hingga noda tinta dapat terangkat. Dalam melakukan hal ini, kamu perlu memperhatikan cara pengucekan. Pastikan jika kamu tidak menguceknya dengan keras hingga dapat merusak kain.

  • Susu Putih

Tahukah kamu jika senyawa laktosa pada susu dapat menghilangkan noda tinta membandel pada pakaian? Ya, senyawa laktosa ini akan bekerja dengan memecah minyak yang ada dalam tinta, sehingga dapat dengan mudah untuk dibersihkan.

Kamu hanya perlu merendam pakaian yang terkena noda tinta dengan susu. Jenis susu yang sebaiknya kamu gunakan yaitu susu putih, seperti susu full cream atau susu murni, karena tidak akan meninggalkan bekas warna tertutama untuk pakaian yang bewarna putih.

Proses perendaman ini bisa dilakukan selama semalaman untuk hasil yang lebih maksimal. Dengan menggunakan bahan yang aman ini, kamu tidak perlu khawatir akan terkena iritasi atau muncul merah-merah pada kulit.

  • Baking Soda

Baking soda atau yang lebih dikenal dengan soda kue juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membersihkan noda tinta pada baju. Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu mencampurkan beberapa sendok soda kue dengan sedikit air.

Setelah itu, kamu bisa mengoleskan larutan baking soda ini ke permukaan baju yang terkena noda tinta. Cukup diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga akhirnya kamu bisa menggosoknya dengan pelan sampai nodanya hilang.

Jika noda tinta yang menempel belum bisa hilang sepenuhnya, kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga bajumu benar-benar bersih.

  • Tepung Maizena

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis tepung yang satu ini. Ya, tepung yang sering digunakan untuk memasak ini memang memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk menghilangkan noda tinta di pakaian.

Pengaplikasiannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tepung secukupnya dengan air hingga berbentuk pasta. Setelah itu kamu bisa mengoleskannya ke area yang terkena noda tinta.

Cukup tunggu selama 15-30 menit saja, kamu sudah bisa mendapatkan tampilan pakaian yang bersih tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

  • Garam

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus noda tinta di baju dengan aman yaitu dengan menggunakan garam dapur. Prosesnya cukup mudah, pertama-tama yaitu dengan membasahi area yang terkena noda. Setelah itu kamu bisa menaburkan garam secukupnya.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggosok area yang telah ditaburi garam, hingga noda dapat terangkat sepenuhnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang dapat kamu terapkan di rumah dengan mudah. Dengan bahan yang alami, kamu tidak perlu khawatir akan terkena iritasi atau merah-merah pada kulit karena salah dalam memilih bahan untuk menghilangkan noda tinta di bajumu.

Semoga artikel yang konveksi bandung bagikan dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kamu, Sukses selalu untuk kita semua, Terimakasih.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *