Belum Banyak Yang Tahu, Inilah Cara Mencuci Topi Yang Baik Dan Benar (Tips Terbaru Tahun 2021)

Apakah kamu suka menggunakan topi untuk melengkapi stylemu? Jika iya, maka kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan berbagai jenis topi seperti topi baseball, topi fedora, snapback, panama dan sebagainya.

Sering kali topi menjadi tempat paling nyaman untuk para kuman, jamur dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat karena suhu yang cukup lembab. Oleh karena itu, tidak heran jika terkadang kamu akan merasakan gatal ketika menggunakan topi.

Untuk mengatasinya, kamu cukup mengikuti beberapa cara mencuci topi berdasarkan jenis kain yang digunakan seperti berikut ini.

cara mencuci topi
Sumber gambar : fittedhats.com
  • Cara Membersihkan Topi Berbahan Katun

Mungkin topi berbahan kain ini sudah tidak asing lagi bagimu. Dengan ciri khas kain katun yang mudah untuk menyerap keringat, kamu perlu mencuci topi lebih sering agar tetap bersih dan terhindar dari bau keringat yang tidak sedap.

Untuk mencuci topi berbahan katun ini caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendamnya dengan detergen sekitar 30 menit untuk menghilangkan noda yang menempel di sela-sela bagian dalam topi. Selanjutnya kamu hanya perlu mengucek atau menyikatnya dengan pelan untuk mengangkat noda-noda yang masih tersisa.

Untuk membersihkan topi, kamu cukup membilasnya dengan air bersih dengan cara di tepuk-tepuk hingga air menetes. Setelah itu, baru kamu keringkan topi dengan cara diangin-anginkan hingga kering.

Untuk mengeringkan topi, jangan sekali-kali kamu memelintir topi, terutama untuk topi jenis baseball, karena bisa membuat topi menekuk dan seratnya keluar.

  • Tips Membersihkan Keringat Yang Menempel Di Topi Berbahan Polyester

Pernahkah kamu menggunakan topi dengan model jaring? Ya, biasanya topi model jaring atau yang sering digunakan ketika berolahraga inilah yang menggunakan bahan polyester. Dibandingkan bahan lainnya, topi berbahan polyester ini memang tidak mudah untuk menyerap keringat, namun tidak menutup kemungkinan jika ada noda yang menempel.

Untuk membersihkan topi berbahan polyester ini, caranya hampir sama dengan topi  berbahan katun. Yaitu dengan merendamnya di air yang telah dicampur dengan detergen, lalu dibilas dengan air bersih.

Untuk proses menguceknya, sebaiknya kamu menguceknya dengan perlahan menggunakan tangan. Jangan sampai kamu menggosoknya menggunakan sikat dan alat bantu lainnya. Hal ini karena bisa saja serat-serat kain pada topi akan rusak.

Untuk membuat topi lebih harum, kamu juga bisa menambahkan pewangi pakaian yang sering kamu gunakan ketika mencuci baju. Dengan begitu, topimu akan lebih harum dan bersih.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan noda tinta di baju

  • Tips Mencuci Topi Berbahan Wol

Berbeda dengan jenis bahan lainnya, topi berbahan wol atau sering disebut dengan topi rajut ini memang memiliki karakteristik khusus yang memerlukan perlakuan ekstra dibandingkan ketika mencuci topi jenis lainnya.

Cara terbaik untuk mencuci topi berbahan wol di dalam mesin cuci yaitu dengan mengunakan kantung cucian. Agar lebih aman, kamu juga bisa mencampur topi berbahan wol ini dengan beberapa baju lainnya ketika mencuci agar tekanan putaran ketika dicuci tidak terlalu menimbulkan kerusakan pada topi.

Setelah itu kamu bisa mencucinya seperti biasa dengan menuangkan detergen secukupnya ketika mesin cuci berputar. Jika sudah selesai, kamu bisa mengeringkan topi dari bahan wol ini dengna cara di angin-anginkan saja.

  • Cara Efektif Mencuci Topi Berbahan Jerami

Topi berbahan jerami atau sering sekali disebut dengan topi One Piece ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan salah satu karakter di kartun One Piece yang sangat terkenal. Dengan nuansa vintage dan natural yang kental, tidak heran topi jerami ini sangat disukai oleh banyak orang.

Untuk membersihkan topi berbahan jerami ini, kamu tidak perlu mencucinya menggunakan mesin cuci. Hal tersebut karena mesin cuci ini dapat membuat bahan jerami pada topi rusak dan penyok.

Cukup dengan melepas berbagai atribut seperti pita dan pin yang menempel di permukaan topi sebelum di bersihkan dengan kain lap basah. Setelah itu, kamu bisa menyemprotkan larutan hidrogen peroksida.

Tidak perlu bingung, untuk menemukan larutan ini, kamu bisa menggunakan hair spray. Fungsi larutan hidrogen peroksida ini yaitu untuk membersihkan noda yang ada di sela-sela jerami yang tidak dapat dibersihkan dengan lap basah.

Jadi, walaupun tidak seperti jenis topi lainnya, topi berbahan jerami ini juga dapat kamu pelihara agar tetap bersih dengan cara mencuci yang benar dan tepat.

Itulah beberapa cara mencuci topi yang dapat kamu gunakan untuk memelihara koleksi topi yang kamu miliki. Dengan mengikuti beberapa cara tersebut, kamu tidak perlu khawatir jika topimu akan terlihat kusam atau kotor lagi. Bahkan kuman dan jamur yang bersemayampun bisa hilang dengan seketika.

Itulah tips yang kami konveksi bandung bagikan seputar cara bagaimana mencuci topi agar selalu bersih, semoga dapat dipraktekan dengan baik dan menambah wawasan kamu. Terimakasih.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *