Bajumu Lengket Terkena Permen Karet? Ini Dia Cara Efektif Menghilangkan Permen Karet Di Bajumu

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan permen yang satu ini. Dengan tekstur yang lengket, tidak heran terkadang permen ini sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama anak-anak. Namun disamping itu, tekstur lengket pada permen ini bisa jadi boomerang untuk mu.

Salah satunya ketika bajumu tanpa sengaja terkena permen karet. Selain sulit untuk dihilangkan, jenis permen yang satu ini juga bisa memberikan bekas yang sangat kentara di permukaan pakaianmu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba mengikuti cara menghilangkan permen karet di baju dengan cepat dan mudah tanpa harus menggunakan jasa laundry seperti berikut ini.

cara menghilangkan permen karet di baju
Sumber gambar : cleanipedia.com
  • Cara Mengangkat Noda Permen Karet Di Baju Menggunakan Sabun Cuci

Untuk melakukan pertolongan pertama pada baju yang terkena noda permen karet yang tidak terlalu banyak, kamu bisa menggunakan sabun cuci liquid yang biasa kamu gunakan. Namun jika kamu tidak mempunyai sabun cuci yang berbentuk liquid, kamu dapat menggantinya dengan sabun cuci tangan atau sabun cuci piring.

Cara mengangkat noda permen karet dengan sabun cuci ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan sabun cuci yang berbentuk liquid atau cair di area yang telah terkena noda. Lalu gosoklah dengan pelan hingga sabun dapat tersebar dengan merata.

Diamkan selama 30-40 menit hingga tekstur permen karet bisa lebih lentur dan licin, sehingga kamu hanya perlu menggosoknya dengan sikat gigi dengan pelan hingga noda bekas permen karet dapat terangkat sempurna.

Jika cara ini belum ampuh mengangkat semua noda permen karet terutama yang telah lama mengering di permukaan bajumu, kamu bisa mengulanginya kembali sampai semua noda dapat terangkat dengan baik.

  • Cara Mengangkat Noda Permen Karet Di Baju Menggunakan Hair Spray

Tahukah kamu jika hair spray juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda permen karet di baju dengan cepat dan mudah? Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyemprot cairan hair spray ke area baju yang terkena noda permen karet.

Setelah itu, tunggulah selama 10-20 menit hingga permen karet yang sebelumnya menempel berubah tekstur menjadi lebih keras sehingga mudah untuk diangkat. Selain mengangkat permen karet yang menempel. Hair spray ini juga dapat menghilangkan bekas nodanya.

Penggunaan hair spray sebagai salah satu cara mengangkat noda permen karet di baju ini sangat cocok untuk kamu yang harus tampil sempurna dalam waktu yang singkat. Jadi tunggu apalagi, kamu bisa langsung mencobanya di manapun dan kapanpun tanpa perlu merogoh kocek yang dalam.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci topi

  • Cara Mudah Menghapus Noda Permen Karet Di Baju Dengan Cuka Panas

Sudah sejak lama cuka dipercaya untuk menghilangkan berbagai jenis noda di baju, terutama untuk noda permen karet yang lengket dan sangat sulit untuk dibersihkan. Kamu cukup  menggunakan larutan cuka yang dipanaskan secukupnya.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan larutan cuka yang telah di panaskan ke atas bagian baju yang tidak sengaja terkena permen karet. Selanjutnya diamkan selama beberapa menit hingga permen karet mudah untuk di angkat.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini hal yang perlu kamu perhatikan yaitu larutan cuka ini hanya cukup dipanaskan saja, jadi tidak perlu sampai mendidih.

  • Trik Menghilangkan Noda Permen Karet Di Pakaian Menggunakan Es Batu

Seperti yang kamu tahu, es batu ini memiliki suhu yang cukup dingin, sehingga dapat membuat noda permen karet yang menempel di permukaan baju dapat dengan mudah membeku. Setelah itu baru kamu melepaskan noda bekas permen karet dengan perlahan.

Untuk proses lengkapnya, kamu hanya perlu menyediakan beberapa buah es batu. Selanjutnya tempelkan es batu yang telah dimasukkan ke sebuah plastik ke permukaan noda. Penggunaan plastik untuk wadah es batu ini di maksudkan agar pakaianmu tidak basah ketika es nya mencair.

Tunggulah sebentar hingga permen karet yang menempel berubah tekstur menjadi lebih keras. Setelah itu mulailah perlahan-lahan mengangkat nodanya.

Jika cara ini dirasa kurang, kamu bisa melakukannya beberapa kali hingga bajumu benar-benar bersih dari noda-noda permen karet yang menempel.

  • Cara Menghapus Noda Permen Karet Di Baju Menggunakan Suhu Panas Setrika

Selain suhu dingin, permen karet yang menempel di pakaian juga dapat kamu hilangkan dengan menggunakan suhu panas pada setrika. Dengan menggunakan suhu panas ini, permen karet akan lebih cepat untuk lumer sehingga mudah untuk diangkat.

Kamu hanya perlu menyiapkan setrika dan selembar karton dan kain bekas. Selanjutnya posisikan area baju yang terkena noda permen karet di bawah selembar kain bekas dan karton. Setelah itu mulaila setrika bajumu.

Jika sudah selesai menyetrika area yang terkena bekas noda, angkatlah karton dan kain bekas dengan perlahan supaya semua noda permen karet dapat terangkat dengan sempurna dari permukaan baju.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis model baju dan jenis kainnya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika bajumu akan luntur atau rusak. Kamu hanya perlu mengatur suhu dan intensitas panas pada setrika, sehingga tidak membuat bajumu gosong.

  • Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Permen Karet Di Pakaian Dengan Spiritus

Selain dapat menghilangkan noda bekas cat, cairan spiritus juga dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu bahan yang dapat menghilangkan noda bekas permen karet yang menempel di pakaianmu.

Larutan yang memiliki aroma menyengat ini mengandung alkohol yang dapat menguraikan permen karet hingga tidak terlalu lengket. Jadi kamu dapat dengan mudah mengangkat noda bekas permen karet di bajumu.

Untuk panduan lengkapnya, kamu dapat mengoleskan cairan spiritus di bagian baju yang terkena noda. Selanjutnya tunggu hingga beberapa menit dan mulailah gosok perlahan hingga noda bekas permen karet dapat terangkat dengan sempurna.

Mudah bukan? Cara-cara menghilangkan permen karet di baju yang telah di bahas sebelumnya ini dapat kamu lakukan di rumah dengan mudah dan cepat. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mengatasi masalah noda permen karet yang tidak sengaja tertempel di bajumu.

Mudah-mudahan informasi tersebut dapat mudah dipahami dan dipraktekan sendiri di rumah masing-masing. Terimakasih sudah membaca artikel dan berkunjung ke website resmi Konveksi Bandung.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *