Gak bakalan nyesel, Ini dia 6 cara ampuh menghilangkan noda spidol di baju berdasarkan jenisnya

Salah satu jenis noda yang sering kali membuat kamu frustasi ketika melihatnya menempel di pakaian adalah noda spidol.

Ya, noda yang satu ini memang terkenal sulit untuk dihilangkan, terutama yang jenis permanen. Salah-salah, kamu dapat membuat bajumu rusak dan luntur ketika menghapus noda spidol ini.

Sebenarnya untuk mengatasi noda spidol pada baju, kamu hanya perlu beberapa bahan yang cukup mudah untuk di dapatkan di rumah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencoba cara menghilangkan noda spidol di baju berdasarkan jenisnya seperti berikut ini.

cara menghilangkan noda spidol di baju
Sumber gambar : alaina digiacomo-rd.com
  1. Cara Menghapus Noda Spidol Permanen Pada Baju

  • Spirtus

Apakah kamu sering menggunakan spidol permanen ketika bekerja atau belajar? Jika iya, maka kamu harus lebih berhati-hati. Seperti namanya, spidol permanen ini memang di desain agar tidak mudah untuk di hapus sehingga memerlukan usaha yang lebih untuk menghilangkannya.

Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda spidol permanen pada baju yaitu dengan menggunakan spirtus. Jenis bahan bakar yang satu ini memang dapat menghilangkan berbagai jenis noda membandel.

Kamu hanya cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan beberapa tisu di bawah permukaan kain yang terkena noda spidol lalu oleskan larutan spirtus pada area yang terkena noda.

Setelah itu, kamu bisa menekan-nekan dan menggosok area yang terkena noda hingga noda spidol ini berpindah ke permukaan tisu yang berada di bawah kain.

Cara ini memang tergolong cepat dan ampuh, namun kamu mungkin akan terganggu dengan aroma larutan spirtus yang menempel di pakaian. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa membilasnya dengan air dingin lalu mencucinya dengan detergen seperti biasanya.

  • Hair Spray

Mungkin kamu bertanya-tanya, benarkah Hair Spray bisa digunakan untuk menghilangkan noda spidol permanen di pakaian? Jawabannya adalah Ya. Hair Spray memiliki kandungan alkohol yang dapat memecah kandungan minyak pada noda spidol permanen

Untuk pengaplikasiannya, kamu hanya cukup menyemprotkan hair spray pada bagian yang terkena noda spidol. Setelah itu kamu bisa menggosok pelan noda dengan spons atau kain hingga noda hilang.

Dengan manfaatnya yang tak terduga ini, hair spray ini akan sangat membantumu ketika harus berpenampilan bersih dan rapih tanpa ada noda tinta spidol di pakaian dengan waktu singkat.

  • Aseton

Bahan lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda bekas spidol di baju yaitu larutan aseton. Jika biasanya larutan ini digunakan untuk menghilangkan cat kuku, namun saat ini, kamu juga bisa mulai memanfaatkan aseton untuk menghapus noda spidol di pakaianmu.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan kain kering dibagian bawah baju yang terkena noda spidol. Selanjutnya kamu dapat menuangkan sedikit demi sedikit larutan aseton pada area yang terkena noda.

Ketika menuangkan aseton ini, kamu bisa sekaligus menggosoknya dengan pelan hingga noda spidol menyerap pada kain kering yang di letakkan di bawah baju.

Jika noda spidol yang kamu miliki cukup sulit untuk dihilangkan, kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga bajumu bersih.

Setelah melakukan cara ini, kamu dianjurkan untuk mencuci bajumu terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini diperuntukan agar bajumu lebih bersih dan wangi.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan noda minyak di baju

  1. Cara Membersihkan Bekas Spidol Tidak Permanen Di Baju

  • Lemon

Berbeda dengan cara sebelumnya yang tergolong membutuhkan bahan kimia, untuk membersihkan bekas spidol tidak permanen di baju ini, kamu bisa memilih menggunakan bahan-bahan alami yang cukup mudah untuk di temukan dirumah, salah satunya adalah lemon.

Buah bewarna kuning ini sudah terkenal ampuh untuk menghilangkan berbagai jenis tinta salah satunya noda spidol di pakaian dengan aman. Biasanya penggunaan lemon ini digunakan untuk menghapus noda spidol tidak permanen pada baju anak-anak.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam baju yang terkena noda pada larutan lemon selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, kamu bisa menggosok noda spidol dengan kapas kering hingga nodanya hilang.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk baju yang baru saja terkena noda spidol, baik itu yang bewarna hitam atau bewarna-warni.

Namun jika kamu tidak sempat merendam langsung baju yang terkena noda spidol ini, kamu juga bisa menggunakan trik lainnya dengan mengoleskan perasan lemon yang dicampur dengan sedikit garam pada area yang bernoda saja. Hal ini dimaksudkan agar perasan lemon dapat lebih meresap ke pori-pori kain.

  • Susu

Apakah kulitmu sensitif? Jika iya, kamu bisa menggunakan susu untuk menghapus noda spidol pada bajumu. Kamu bisa menggunakan jenis susu full cream atau susu murni untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk pengaplikasiannya sendiri, kamu hanya perlu merendam pakaian yang terkena noda spidol kedalam wadah yang berisi susu cair selama semalaman, hingga noda pada spidol mulai memudar.

Agar noda dapat hilang sepenuhnya, kamu juga bisa menggosok pelan bagian yang terkena noda spidol. Setelah itu, untuk menghilangkan bau susu yang menempel pada baju, kamu cukup membilasnya sekali dan mencucinya dengan detergen seperti biasanya.

  • Garam

Salah satu bahan yang mudah di temukan di dapur ini juga dapat kamu gunakan untuk menghapus noda spidol di bajumu loh. Hanya dengan beberapa sendok garam, kamu bisa mendapatkan baju yang bersih dan lebih cerah.

Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu menuangkan beberapa sendok garam ketika mencuci baju. Namun yang perlu di ingat ketika menggunakan cara ini, kamu perlu memperhatikan baju yang akan di cuci, dimana kamu perlu memisahkan baju yang mudah luntur, sehingga tidak akan mempengaruhi warna pakaian lainnya.

Cukup Mudah Bukan? Tanpa harus ke laundry kamu sudah bisa membuat tampilan bebas noda pada pakaianmu. Dengan mengikuti cara menghilangkan noda spidol di baju ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan yang ada dirumah dengan cara yang simpel dan murah.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog konveksi bandung kami ini. Sukses selalu untuk kita semua.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *