7 Cara cepat dan mudah menghilangkan noda minyak di baju

Salah satu jenis noda minyak yang sering kali menjadi masalah terutama bagi para ibu rumah tangga adalah noda minyak goreng yang terciprat ke pakaian. Jenis noda ini akan menghasilkan noda kehitaman yang cukup mengganggu penampilanmu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa langsung mencoba cara menghilangkan noda minyak di Baju dengan cepat dan mudah tanpa perlu memerlukan banyak biaya berikut ini.

cara menghilangkan noda minyak di baju
Sumber gambar : yatestaphouse.com
  • Tips Menghilangkan Noda Minyak Di Pakaian Menggunakan Sabun Cuci Piring

Terkadang noda minyak yang menempel di pakaian akan membuat tampilanmu terlihat lebih kusam dan kotor. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba menggunakan sabun cuci piring yang ada di rumah.

Untuk jenisnya, akan lebih baik jika kamu menggunakan sabun cuci piring yang berbentuk cair, agar lebih mudah untuk meresap ke sela-sela kain bajumu.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan sabun cuci piring ke bagian baju yang terkena noda minyak, lalu diamkan selama 30 menit lalu kucek dengan pelan. Setelah itu, kamu bisa membilasnya hingga bersih.

Jika noda minyaknya masih membandel, kamu bisa mengulangi cara ini hingga beberapa kali sampai noda tersebut dapat hilang dengan sempurna.  

  • Cara Menghapus Noda Minyak Di Baju Dengan Baking Soda

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus noda bekas minyak di pakaianmu yaitu dengan memanfaatkan kandungan sodium bikarbonat yang bisa kamu temukan di baking soda.

Untuk cara penggunaannya, kamu hanya perlu merendam pakaian yang terkena cipratan minyak kedalam air yang telah di beri baking soda selama 15-30 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air bersih, dan mencucinya seperti biasa.

Namun jika cara ini dirasa kurang ampuh untuk menghapus titik noda minyak yang membandel, kamu bisa menggunakan pasta baking soda. Caranya yaitu dengan mencampurkan setengah gelas baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya pada bagian yang terkena minyak.

Biasanya cara ini sering digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk menghapus noda minyak pada pakaian yang berwarna, sehingga warna kain tidak luntur. Karena menggunakan bahan yang aman, kamu juga bisa menggunakan cara ini kapan pun ketika bajumu terkena noda minyak.

  • Cara Menghilangkan Minyak Di Baju Dengan Bedak Tabur

Tahukah kamu jika bedak tabur juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian? Jenis bedak tabur yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah bedak bayi.

Kamu hanya perlu menuangkan bedak bayi pada area yang terkena cipratan minyak secukupnya. Bedak tabur ini berfungsi untuk menyerap noda minyak pada pakaian, karena mimiliki bentuk partikel yang cukup kecil, sehingga dapat masuk ke celah-celah pakaian yang terkena noda minyak.

Jika kamu menggunakan cara ini, kamu hanya perlu menunggu selama 15-30 menit saja, sampai bedak dapat menyerap cairan minyak yang ada di pakaianmu. Cara ini biasanya digunakan untuk jenis noda yang tidak terlalu parah, sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Namun jika noda minyak yang ada di pakaianmu sulit untuk di hilangkan hanya dengan bedak tabur ini, kamu bisa menyiasatinya dengan mencuci pakaian dengan air dingin setelah di taburi bedak tabur. Tips ini bisa membantumu untuk menghapus noda minyak di pakaian dengan mudah.

  • Cara Membersihkan Noda Minyak Pada Pakaian Dengan Tepung Jagung

Selain bedak tabur, untuk menyerap minyak pada pakaian kamu juga bisa mencoba menggunakan tepung jagung atau yang lebih dikenal dengan tepung maizena. Jenis tepung yang satu ini memang sudah terbukti memiliki daya serap yang tinggi terutama ketika menyerap minyak.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan noda bekas minyak yang masih baru kamu bisa langsung menggunakan tepung jagung ini. Kamu hanya perlu menaburkan tepung jagung secukupnya di area baju yang terkena noda minyak.

Seetelah itu kamu bisa menunggu selama 30 menit, baru selanjutnya kamu dapat membersihkan taburan tepung dengan mencucinya menggunakan air dingin seperti biasa.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci jaket bulu angsa

  • Cara Mudah Menghapus Minyak Di Baju Menggunakan Kapur Tulis

Masih ingatkah kamu dengan kapur tulis? Peralatan yang dulu sering digunakan untuk menulis di papan tulis ini juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan minyak di pakaianmu loh.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan kapur tulis pada area pakaian yang terkena noda minyak. Hanya perlu menunggu selama 10-15 menit, kamu sudah bisa mendapatkan pakaian yang bersih dari noda dan bau minyak.

Jenis bahan yang satu ini juga cukup aman untuk pakaian yang berwarna, sehingga tidak akan luntur. Malah sebaliknya, kapur tulis ini juga dapat membantu kamu untuk menghilangkan noda-noda kekuningan, terutama untuk pakaian bewarna putih.

Untuk penggunaan kapur tulis ini, sebaiknya kamu memilih kapur tulis yang berwarna putih sehingga dapat digunakan di segala jenis warna pakaian tanpa perlu khawatir menginggalkan bekas.

  • Tips Membuat Pakaian Bersih Dari Minyak Dengan Cuka

Bahan yang satu ini cukup terbukti ampuh untuk menghilangkan berbagai jenis noda pakaian termasuk minyak. Dengan kandungan asam asetat pada cuka, kamu bisa membersihkan noda minyak sekaligus mencerahkan pakaianmu.

Caranya kamu hanya perlu mengoleskan larutan cuka pada bagian yang terkena noda minyak dan mendiamkannya selama 15 menit. Selanjutnya kamu bisa membasuhnya dengan air dingin.

Namun, jika kamu ingin mencerahkan semua permukaan pakaian, kamu juga bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan menuangkan setengah gelas cuka pada se-ember air, lalu merendam pakaianmu selama 30 menit.

Jika kamu menggunakan cara ini, maka kamu akan paket komplit, dimana pakaianmu akan terlihat lebih cerah, bersih dan lembut tanpa perlu menambahkan bahan kimia lainnya.

  • Cara Menghindari Noda Minyak Membandel Di Pakaian Menggunakan Alkohol

Jika kamu memiliki stok alkohol luka yang jarang digunakan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghapus noda minyak pada pakaian. Cara ini terbilang cukup mudah dan cepat. Kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes alkohol pada area yang telah terkena noda minyak.

Setelah itu, kamu bisa mendiamkan selama 10-15 menit hingga kemudian kamu bisa mencucinya seperti biasa.

Cara ini cukup ampuh untuk kamu yang ingin menghilangkan noda minyak membandel di pakaian dalam waktu yang singkat dan mudah tanpa perlu ribet menggunakan jasa laundry.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk menghilangkan noda minyak pada baju. Kamu bisa menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan dirumah. Cara menghilangkan noda minyak di baju ini juga bisa kamu gunakan berulang kali, sesuai dengan kebutuhanmu, tanpa perlu takut baju akan luntur atau rusak.

Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk para pembaca blog konveksi bandung, Terimakasih.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *