Belum banyak yang tahu, inilah cara mencuci jaket bulu angsa yang baik dan benar

Mungkin jenis jaket yang satu ini tidak banyak yang tahu, terutama orang Indonesia yang cuacanya beriklim tropis. Tapi tahukah kamu jika jaket bulu angsa ini sangat diminati di daerah yang memiliki suhu dingin yang ekstrim?

Penggunaan bulu angsa untuk jaket ini dapat membuat tubuh kamu lebih hangat, terutama ketika kamu mengunjungi daerah yang dingin seperti pegunungan. Nah, agar jaket yang satu ini tetap awet, kamu bisa mengikuti info mengenai cara mencuci jaket bulu angsa yang baik dan benar seperti berikut ini.

cara mencuci jaket bulu angsa
Sumber gambar : cleverhiker.com
  • Perhatikan Label Yang Terpasang Di Jaket

Cara membersihkan jaket bulu angsa yang paling tepat yaitu dengan melihat petunjuk pada label yang terpasang di jaket. Biasanya di dalam label ini, kamu akan diberi tahu mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menjaga kualitas jaket agar tetap awet dan nyaman digunakan.

Jika kamu sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mencuci jaket bulu angsa melalui label tersebut, kamu bisa mulai untuk menyiapkan bahan dan juga alat untuk mencucinya.

Jadi agar jaketmu tetap awet dan bersih, luangkanlah waktumu untuk membaca label yang ditempatkan di belakang kerah jaket sebelum mencucinya.

  • Menggunakan Detergen Yang Soft

Karena menggunakan bulu angsa sabagai pengganti busa di dalam jaket, maka kamu perlu menggunakan detergen yang memiliki kandungan kimia yang aman dan soft, sehingga dapat tetap menjaga kualitas jaket bulu angsa ini.

Cara memilih detergen yang soft sendiri cukup mudah, yaitu dengan melihat kandungan yang tertera pada detergen. Untuk jenis jaket yang bewarna gelap atau bewarna-warni, sebaiknya kamu memilih detergen yang tidak mengandung pemutih. Hal ini untuk menghindari kelunturan ketika mencuci.

Sedangakn untuk jaket bulu angsa yang bewarna putih, kamu bisa memilih detergen yang telah dilengkapi dengan pemutih agar jaketmu terlihat lebih terang dan bersih dari noda.

  • Menutup Semua Resleting Sebelum Di Cuci

Kunci penting dalam mencuci jaket terutama yang terbuat dari bulu angsa ini yaitu dengan menutup semua resleting dan kantung jaket. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya bagain yang robek atau detergen yang mengendap disela-sela kain jaket.

Selain itu, jenis jaket yang satu ini juga tergolong unik, karena biasanya untuk mencuci jaket bulu angsa ini, kamu hanya perlu memperhatikan bagian luarnya saja. Sedangakn bagian dalamnya kamu hanya perlu mengangin-anginkannya saja agar tetap kering.

Hal ini karena jaket ini digunakan di cuaca yang dingin, sehingga biasanya bagian luar sering kotor terkena noda dan sebagainya. Sedangkan bagain dalamnya jarang kotor bahkan oleh keringat sekalipun.

  • Gunakan Level Top Untuk Mencuci Menggunakan Mesin

Agar jaket bulu angsamu lebih bersih, kamu bisa menggunakan level paling tinggi ketika mencuci menggunakan mesin cuci. Biasanya level paling tinggi ini memang digunakan untuk mencuci pakaian yang tebal, sehingga dapat lebih bersih.

Untuk tetap menjaga kualitas jekat bulu angsa yang kamu miliki ini, sebaiknya kamu memeras atau memelintir jaket ketika ingin di peras. Hal ini karena jika memeras atau memelintir jaket untuk menghilangkan kandungan air, bulu angsa yang ada di dalam jaket bisa rusak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menekan-nekan permukaan jaket dengan perlahan hingga kandungan air yang ada dalam jaket bisa berkurang.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci baju putih

  • Gunakan Pewangi Pakaian Yang Aman

Mencuci tanpa menggunakan pewangi pasti kurang pas. Oleh karena itu, untuk membuat jaketmu lebih wangi, kamu bisa menggunakan pewangi pakaian yang sering kamu gunakan.

Namun ingat, pastikan jika pewangi pakaian ini memiliki kandungan yang aman dan soft, sehingga tidak akan berdampak pada kualitas jaket bulu angsa yang kamu miliki.

  • Keringkan Dengan Cara Di Angin-Anginkan

Setelah dicuci dengan baik, kamu juga perlu memperhatikan cara pengeringan jaket agar jaketmu tetap awet dan tidak rusak. Cara mengeringkan jaket bulu angsa ini cukup mudah, yaitu dengan diangin-anginkan saja.

Nal ini karena sinar matahari yang berlebih pada jaket bisa membuat warna jaket mudah untuk memudar. Namun jika jaket kamu bewarna putih atau cerah, kamu bisa mengeringkannya selama 30 menit – 1 jam di bawah terik matahari lalu selanjutnya cukup di angin-anginkan saja, agar jaketmu tetap awet dan tahan lama.

  • Cara Menyetrika Jaket Bulu Angsa

Untuk menyetrika jaket bulu angsa, sebaiknya kamu menggunakan setrika uap. Hal ini karena jika kamu menggunakan setrika listrik biasa, kamu bisa merusak permukaan jaket.

Namun jika kamu tidak memiliki setrika uap, kamu bisa langsung menggunakan jaket tanpa perlu disetrika terlebih dahulu. Jenis kain jaket yang tergolong tidka mudah untuk kusut ini tetap eye cathing untuk digunakan walau tidak disetrika.

Nah itulah beberapa cara mencuci jaket bulu angsa yang bisa kamu praktekkan dirumah dengan mudah, tanpa perlu bingung-bingung lagi. Walaupun bulu angsa ini cukup jarang digunakan untuk pakaian, namun kamu tetap bisa mencuci dan merawatnya sendiri dengan baik.

Terimakasih sudah berkunjung di website Konveksi Bandung kami. semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *