Cara efektif mencuci baju putih agar terhindar dari noda kekuningan

Selain terlihat lebih rapih dan bersih, baju bewarna putih juga tergolong sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis gaya fashion, jadi tidak heran jika banyak yang memilih menggunakan baju putih ini untuk di berbagai acara baik itu yang formal maupun non formal.

Namun, permasalahan yang sering dialami ketika menggunakan baju putih yaitu noda kekuningan yang sering kali muncul di beberapa bagian seperti di bagian leher dan ketiak. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti cara mencuci baju putih agar terhindar dari noda kekuningan seperti berikut ini.

cara mencucia baju putih
Sumber gambar : tide.com
  • Memisahkan Baju Putih Dengan Baju Lainnya

Sebelum mencuci baju, sebaiknya kamu memilah pakaian berdasarkan warna dan juga jenis baju yang ingin dicuci. Cara ini dilakukan untuk membantumu menghindari kemungkinan baju terkena noda luntur.

Jika kamu memiliki pakaian bewarna putih, kamu sebaiknya mencucinya bersamaan dengan kuantitas baju yang tidak terlalu banyak. Hal ini agar proses mencuci dapat efektif dan bajumu dapat bersih maksimal.

Mungkin untuk baju putih polos kamu akan dengan mudah memilahnya, namun bagaimana dengan baju putih bersablon atau bergambar? Nah, jika masalahnya seperti ini, kamu harus dapat mengetahui jenis sablon yang digunakan, pakah mudah luntur atau tidak.

Jika desain gambar atau sablonan pada baju mudah luntur, sebaiknya kamu mencucinya terpisah dengan baju putih lainnya, agar jika baju putih sablon tersebut luntur, bajumu yang lain bisa tetap aman.

  • Menggunakan Detergen Yang Tepat

Penggunaan detergen juga dapat berpengaruh besar terhadap munculnya noda kekuningan di permukaan pakain yang bewarna putih. Hal ini karena jika kandungan detergen tidak cocok dengan jenis kain baju, bisa saja warnanya lama-kelamaan akan berubah.

Untuk memilih detergen yang tepat, kamu bisa memulainya dengan menggunakan detergen yang mengandung optical brigteners atau yang lebih sering disebut dengan cairan pemutih.

Detergen yang memiliki kandungan cairan pemutih ini bisa membantumu untuk tetap menjaga warna putih bersih pada bajumu.

  • Menggunakan Air Hangat Ketika Merendam Baju Putih

Cara mencuci baju berwarna putih lainnya yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah yaitu dengan menggunakan air hangat ketika merendam baju. Air hangat ini berfungsi untuk membantu membunuh kuman yang bersemayam di sela-sela pakaian.

Pada dasarnya, noda kekuningan pada baju putih ini sering kali terjadi karena adanya kuman dan bakteri yang menumpuk di beberapa bagian lipatan baju, seperti di bagian ketiak dan leher yang sering terkena keringat.

Oleh karena itu, air hangat ini akan sangat membantumu mencegah kuman dan bakteri yang berkembang di beberapa bagian rawan noda kekuningan di baju putihmu. Cukup rendam bajumu selama 30 menit dengan air hangat.

  • Cara Menggunakan Pemutih Untuk Baju Bewarna Putih

Jika baju putihmu terlihat mulai kekuningan, kamu bisa mencoba mengembalikan warnanya dengan menggunakan pemutih. Cukup dengan merendam baju di cairan pemutih selama 30-60 menit, kamu bisa mengembalikan warna bajumu seperti sebelumnya.

Namun, jika bajumu memiliki jenis kain yang tidak cocok menggunakan cairan pemutih yang sering di jual di pasaran, kamu juga bisa membuat larutan pemutih sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan segelas soda kue dan setengah boraks ketika mencuci pakaian.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci baju dengan tangan

  • Mengucek Bagian Lipatan Baju Agar Lebih Bersih

Seperti ayng kamu tahu, bagian lipatan ketiak dan kerah baju merupakan area yang sering sekali terkena keringat, sehingga mudah untuk berubah warna kekuningan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengucek atau menggosok bagian lipatan baju ini baik ketika menggunakan mesin cuci atau mencuci dengan cara manual.

Namun ingat, jika kamu mengucek bagian lipatan baju ini, kamu tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat. Cukup dengan menguceknya secara perlahan dengan sekali di tekan agar nodanya dapat terangkat.

  • Menjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Untuk menghindari pertumbuhan jamur di baju, kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari ini akan sangat membantumu untuk membunuh jamur, kuman dan bakteri yang masih bersarang di baju.

Selain membunuh kuman, jamur dan bakteri yang ada di pakaian, menjemur baju di bawah sinar matahari langsung juga dapat membuat pakaian terlihat lebih putih dan bersih.

  • Menyetrika Baju Dengan Suhu Sedang

Satu lagi cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari noda kekuningan di baju putih yaitu dengan mengatur suhu panas ketika menyetrika pakaian. Suhu yang terlalu panas ketika menyetrika bisa menyebabkan noda gosong kekuningan di permukaan baju.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menyetel suhu setrika di level sedang. Selain itu, agar suhu tidak terlalu panas, kamu juga bisa mencoba memercikkan sedikit air atau pelicin pakaian ketika menyetrika.

Jadi itulah beberapa cara mencuci baju putih yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah di rumah, tanpa perlu membawa baju ke binatu atau laundry untuk di cuci. Selain itu, dengan mengikuti cara-cara tersebut, kamu juga bisa menjaga warna putih pada baju agar tetap terlihat bersih an cerah.

Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa langsung di praktekan. Terimakasih telah berkunjung di website Konveksi Bandung.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *