5 Cara ampuh mencuci baju hingga bersih hanya dengan menggunakan tangan

Apakah kamu pernah merasakan mesin cuci yang tiba-tiba rusak atau tidak bisa digunakan? Jika iya, mungkin kamu akan sangat panik karena banyaknya cucian kotor yang menumpuk dirumah. Dibandingkan membawa cucian kotor ke laundry, kamu juga bisa loh mencuci baju secara manual menggunakan tangan.

Selain dikenal lebih bersih, mencuci baju secara manual dengan tangan ini juga dapat menjadi salah satu sarana untuk olahraga. Untuk mengetahui cara mencuci baju dengan tangan secara tepat dan bersih, kamu bisa melihat informasinya seperti berikut ini.

cara mencuci baju dengan tangan
Sumber gambar : cleanipedia.com

Kesalahan Ketika Mencuci Baju Dengan Tangan Yang Perlu Kamu Ketahui

Sebelum membahas mengenai cara mencuci baju menggunakan tangan, kamu perlu mengetahui beberapa kesalahan yang secara tidak sadar telah kamu lakukan, salah satunya yaitu mengucek atau menggosok baju terlalu keras.

Jika kamu terus menggosok baju dengan intensitas yang terlalu keras, lama kelamaan serat bajumu akan rusak bahkan bolong. Jadi jika kamu ingin menggosok pakaian sebaiknya kamu melakukannya dengan pelan dan perlahan.

Selain itu, kesalahan lainnya yang terkadang tidak disadari yaitu ketika kamu memeras pakaian. Banyak orang beranggapan bahwa semakin cepat baju kering, maka semakin bagus. Ungkapan tersebut memang benar, namun yang kurang tepat yaitu cara mengeringkannya.

Apabila kamu sering meremas pakaian dengan kuat agar air nya cepat hilang, maka kamu harus menghilangkan kebiasaan tersebut. Kain yang diperas dengan kuat akan mudah untuk melar. Jadi untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meremasnya dengan handuk secara bersamaan.

Cara Mencuci Baju Secara Manual Menggunakan Tangan

  • Coba Cek Label Pakaian Terlebih Dahulu

Sebelum kamu mencuci baju, kamu harus mengecek label pakaian terlebih dahulu. Dalam label tersebut, kamu bisa mengetahi mengenai cara pencucian, cara menyetrika, temperatur yang cocok ketika mencuci baju seta cara pengeringan yang dianjurkan agar baju tetap awet dan bersih.

Kamu harus ingat, jika setiap pakaian yang kamu gunakan terkadang memiliki jenis kain dan warna yang berbeda-beda sehingga harus dicuci dengan cara yang tepat agar bajumu tidak mudah rusak atau luntur.

  • Mulailah Memilah Pakaian Ketika Ingin Dicuci

Salah satu cara mencuci baju dengan tangan yang tepat yaitu memilah pakaian terlebih dahulu ketika ingin di cuci. Hal ini bisa membantu kamu untuk menghindari pakaian luntur.

Contohnya saja, kamu bisa mencuci baju bewarna gelap seperti hitam atau biru dongker dalam satu kali pencucian. Hal ini karena jika warna pakaian luntur, kamu tidak akan khawatir baju lainnya terkena bekas lunturnya.

Memilah warna pakaian ketika ingin dicuci ini dilakukan agar baju kamu terutama yang bewarna putih bisa aman dan tidak berubah warna.

  • Rendamlah Pakaian Dengan Air Dingin

Agar pakaianmu dapat tetap awet walaupun dicuci secara manual menggunakan tangan, kamu bisa memanfaatkan air dingin ketika merendam pakaian.

Suhu air yang tergolong normal cenderung dingin ini sangat aman untuk berbagai jenis kain, sehingga bajumu tidak samar rusak. Berbeda halnya jika kamu menggunakan air hangat atau panas untuk merendam pakaian.

Air hangat atau panas ini bisa membuat material kain pada pakaian mengerut atau menyusut sehingga membuat bajumu tidak nyaman digunakan. Selain itu, air hangat atau panas juga sangat berisiko digunakan untnuk mencuci baju berbahan wol atau sutra yang tidak tahan akan suhu panas.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci baju bekas

  • Memilih Detergen Yang Tepat

Pemilihan detergen yang tepat dan cocok sangat penting agar tanganmu tetap halus dan bajumu pun bisa terlihat bersih. Untuk memilih detergen yang aman, sebaiknya kamu menggunakan detergen yang mengandung bahan kimia ramah lingkungan.

Hal ini karena untuk mencuci atau merendam baju dengan detergen, kamu memerlukan jumlah yang cukup banyak agar bajumu dapat tetap wangi dan bersih.

Penggunaan detergen ini bisa kamu gunakan untuk mencuci baju sehari-hari seperti kaos, celana jeans atau hoodie. Sedangkan baju yang memiliki spesifikasi kain yang khusus seperti kain sutra, kamu bisa menggunakan shampo sebagai pengganti detergen.

  • Gosok Atau Kuceklah Baju Dengan Pelan

Berbeda dengan mesin cuci yang memiliki spesifikasi putaran mesin yang sama setiap menitnya, mencuci secara manual ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian ketika menggosok atau mengucek baju, agar kain bisa terlihat lebih bersih dan awet.

Untuk kain yang cenderung tipis seperti kaos atau kemeja kamu harus menggosok secara pelan tanpa menggunakan sikat. Hal ini karena kedua baju ini memiliki jenis kain yang cukup mudah untuk robek ketika digosok atau dikucek dengan intensitas tinggi.

Mungkin kamu akan berpikir, bagaimana jika ada noda membandel di baju, apakah harus dikucek dengan pelan juga? Nah, untuk masalah ini sebaiknya kamu merendamnya terlebih dahulu agar nodanya dapat lepas atau hilang, sehingga kamu tidak perlu menggosoknya dengan keras.

  • Menjemur Pakaian Dengan Cara Di Angin-Angin

Dulu mungkin kamu sering berpikir jika enjemur pakaian di bawah terik matahari akan membuat pakaian lebih cepat kering. Tapi taukah kamu jika hal tersebut akan membuat warna kain pada pakaian akan lebih mudah untuk luntur?

Beberapa warna pakaian seperti hitam dan biru dongker akan lebih mudah untuk menyerap panas sinar matahari sehingga warna kain akan cepat memudar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menjemurnya dengan di angin-anginkan saja.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menaruh baju atau celana yang ingin kamu keringkan di dekat jendela terbuka yang tidak terpapar sinar matahari secara lansung. Dalam waktu sehari, bajumu bisa kering tanpa harus bersinggungan dengan sinar matahari langsung.

Bagaimana? Sekarang sudah tahukan tentang cara mencuci baju dengan tangan tanpa takut rusak atau bolong. Mulai saat ini, kamu bisa membiasakan diri mencuci baju secara manual dengan mencuci baju yang tipis, seperti kaos dalaman dan sebagainya.

Semoga tips dan trik cara mencuci baju dengan menggunakan tangan yang kami konveksi bandung bagikan dapat bermanfaat untuk kalian ya, Terimakasih.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *