Tahukah kalian kenapa model seragam pramuka bewarna cokelat?

Mungkin kamu sering melihat seragam khas bewarna coklat muda dan tua dengan setelan rapih yang sering digunakan oleh para siswa sekolah. Jenis seragam yang satu ini sering diebut juga dengan seragam pramuka.

Pramuka sendiri merupakan sebuah singkatan dari Praja Muda Karana atau yang berarti rakyat muda yang suka berkarya. Tapi jangan salah, pergerakan pramuka ini sebenarnya memiliki perkumpulan internasional yang sering disebut dengan Boy Scout.

Namun, yang jadi pertanyaan, mengapa model seragam di Indonesia ini memilih menggunakan warna coklat muda dan coklat tua, sedangkan di luar negeri cenderung memiliki warna yang lebih beragam, seperti tosca, loreng, hingga warna hijau tua.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mengikuti beberapa info berikut ini.

Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat-min

Warna Coklat Identik Dengan Seragam Para Pejuang

Pernahkah kamu melihat seragam yang digunakan oleh para pejuang kemerdekaan? Jika iya, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan seragam kemeja dan celana kain panjang bewarna krem atau coklat muda dengan potongan yang cukup longgar ini.

Pada saat melakukan perlawanan terhadap penjajah, banyak pejuang yang lebih memilih menggunakan seragam dengan warna coklat muda ini sebagai salah satu seragam perjuangan.

Jadi tidak heran jika saat ini seragam pramuka juga menggunakan warna coklat sebagai salah satu warna resmi yang selalu digunakan oleh anggotanya. Hal ini juga diperkuat dengan disahkannya peraturan penggunaan seragam secara resmi.

Pada peraturan tersebut, dijelaskan juga mengenai jenis seragam dan juga perlengkapan yang harus digunakan di acara-acara tertentu, namun tetap dengan seragam bewarna coklat muda sebagai atasan dan coklat tua sebagai pakaian bawah.

Warna Coklat Tua Dan Muda Melambangkan Tanah Dan Air

Ya, sudah bukan hal yang aneh lagi, jika tanah identik dengan warna coklat. Nah, namun pernahkah kamu melihat penampakan air yang tercampur dengan tanah? Maka warnanya mungkin akan terlihat seperti coklat susu atau coklat muda.

Dari penampakan inilah asal mula warna seragam pramuka sering dikaitkan. Di Indonesia yang terkenal tanah yang subur dan melimpahnya sumber daya mineralnya, seperti air dan tanah sehingga akan dapat terwakili dengan warna coklat ini.

Untuk seragam atasan yang bewarna coklat muda, diibaratkan sebagai air tanah yang mengaliri seluruh penjuru negeri, sedangkan warna coklat tua diibaratkan sebagai tanah yang selalu menjadi sumber penghidupan masyarakat indonesia.

Walaupun alasan ini belum di verifikasi oleh Gerakan Pramuka Nasional, namun hal tersebut telah di percaya masyarakat, terutama oleh para anggota pramuka, karena esensi yang digunakan sangat cocok dengan setiap kegiatan dan tujuan kepramukaan, yaitu dengan selalu menyatu dengan alam.

Baca juga artikel kami tentang : Jenis warna dan model seragam tni

Merupakan Warna Lambang Gerakan Pramuka

Tahukah kamu mengenai lambang gerakan pramuka? Lambang yang di cetuskan oleh Soenardjo Armodipurwo yang merupakan seorang toko pramuka di Indonesia ini memang memiliki makna yang snagat mendalam.

Lambang gerakan pramuka yaitu berupa tunas kelapa. Pemilihan tunas kelapa sebagai lambang pramuka yaitu tunas kelapa dapat diartikan sebagai tunas penerus yang dapat tumbuh hingga menjulang sangat tinggi dan membanggakan bangsa dan negara.

Sedangkan makna lainnya, yaitu karena tunas kelapa ini tergolong jenis tumbuhan yang dapat tahan disegala kondisi, sehingga dapat melambangkan jiwa yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Biasanya tunas kelapa ini memili warna coklat muda, namun ditanam di tanah yang bewarna coklat tua. Nah, dari sinilah penggunaan warna seragam yang berupa coklat muda dan coklat tua berasal.

Lebih Menyatu Dengan Alam

Pada dasarnya, keikutsertaan gerakan pramuka, baik itu di sekolah ataupun di luar sekolah, bertujuan untuk membuat para anggotanya bisa mandiri dan disiplin, Jadi tidak heran jika banyak sekali kegiatan kepramukaan yang tergolong mirip dengan paskibraka, pecinta alam, hingga kegiatan relawan lainnya.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh para anggota, terutama yang ingin menaikkan tingkat keanggotaan, mereka sering kali melakukan camp atau bertenda di tengah alam, dengan berbagai kegiatan yang tentu saja menarik dan tetap bermanfaat.

Jenis kegaitan ini merupakan jenis kegiatan wajib untuk para anggotanya, agar dapat membentuk jasamani dan rohani yang kuat di tengah keadaan yang melelahkan. Jadi saat kamu melihat siswa atau anggota pramuka sedang beraktivitas di alam liar, maka kamu sudah tidak perlu heran lagi.

Saat berkegiatan di alam ini, penggunaan warna coklat muda dan coklat tua sebagai warna dasar seragam, akan sangat membantu untuk menyatu dengan alam. Selain itu penggunaan warna ini juga cenderung lebih praktis dan tidak mudah terlihat kotor.

Warna Coklat Tidak Mudah Menyerap Keringat

Apakah kamu tahu, jika semakin gelap warna bajumu, maka baju tersebut akan semakin panas, karena sangat mudah untuk menyerap sinar matahari. Hal ini berlaku kebalikan jika kamu menggunakan warna-warna cerah untuk baju atasan, karena warna cerah ini tidak menyerap sinar matahari sebanya pakaian warna hitam.

Untuk kegiatan kepramukaan, biasanya para anggotanya lebih memilih melakukan kegiatan di luar ruangan karena dirasa lebih bebas dan menyenangkan, salah satunya dengan mengirikan tenda atau melakukan penanaman pohon ketika bercamping.

Nah, penggunaan warna seragam pramuka yang dikombinasikan dari dua jenis warna ini dimana wanra yang lebih terang untuk atasan dan warna yang lebih gelap untuk pakaian bawah, disinyalir dikarenakan oleh intensitas kegiatan di luar ruangan yang cenderung panas.

Jadi saat kamu menggunakan seragam khas anggota pramuka ini, kamu bisa lebih merasa adem dan nyaman, walaupun di tengah kegiatan yang panas dan berkeringat sekalipun.

Rekomendasi Dari Bapak Pramuka Internasional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika pramuka memiliki organisasi dunia yang sangat terorganisir. Namun, tahukah kamu jika sebelumnya bapak pramuka internasional atau yang bernama Robert Badan Powell ini memang merekomendasikan warna coklat sebagai seragam kepramukaan.

Hal ini di dasari oleh penggunaan seragam pramuka yan sering kali harus melintasi gunung, hujan-hujannan, hingga melintasi lumpur untuk melakukan kegiatan. Nah, darisinilah, kebanyakan anggota pramuka internasional lebih memilih menggunakan kombinasi warna coklat sebagai seragam resmi.

Namun kamu tenang saja, tidak semua jenis pakaian seragam internasional untuk ekgaitan pramuka ini memiliki model dan juga perpaduan warna yang sama. Terkadang di Amerika, penggunaan seragam pramuka ini mirip dengan seragam sherif yang terkesan lebih gagah dengan rompi dan pin yang melekat.

Baca juga artikel kami tentang : Macam macam seragam polisi

Nah, itulah beberapa alasan mengenai penggunaan warna coklat muda dan coklat tua di seragam pramuka yang sering digunakan oleh siswa sekolahan tersebut. Walaupun memiliki banyak alasan dan simbolisasi, penggunaan warna ini cendrung bisa menjadi ciri khas yang bisa digunakan sebagai daya tarik.

Dengan ciri khas warna yang cenderung tidak aneh atau sekedar lebih simpel, kamu bisa menggunakannya untuk bersekolah, berkegiatan, dan sebagainya.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *