Macam-macam seragam polisi yang harus kamu ketahui

Istilah polisi di kehidupan masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Ya, mendengar kata polisi ini, mungkin kamu akan langsung terbayang mengenai orang yang menggunakan setelan dengan warna keabu-abuan dengan bawahan bewarna hitam yang sedang mengatur lalu lintas.

Kepolisian atau yang sering disebut dengan POLRI ini merupakan sebuah lembaga yang berada langsung dibawah wewenang presiden, dimana para anggota polisi ini bertugas untuk menjaga dan mengamankan ketertiban serta hukum di tengah kehidupan masyarakat.

Namun tahukah kamu jika polisi ini memiliki beragam kegiatan yang sering kali dibedakan berdasarkan jenis seragam yang digunakan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat membedakan dengan jelas mengenai tugas dan tanggung jawabnya.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan jenis pekerjaan dan juga seragam polisi yang ada di Indonesia, kamu bisa langsung mengikuti beberapa info seperti berikut ini.

Macam-Macam Seragam Polisi-min
  • Polisi Lalu Lintas

Apakah kamu pernah terjaring razia ketika berkendara? Jika iya, maka satuan unit kerja kepolisian ini sudah tidak asing lagi. Ya, polisi lalu lintas atau yang sering disingkat dengan Polantas ini bertugas untuk mengatur dan menjaga ketertiban lalu lintas di jalan raya.

Biasanya Polantas ini memiliki ciri khas khusus berupa topi dan ikat pinggang bewarna putih dan pelindung lengan bergaris bewarna putih dan hitam. Sedangkan untuk seragam, seperti seragam polisi pada umumnya yang memiliki dua tone warna, yaitu abu kecoklatan terang dan coklat kehitaman untuk pakaian bawah.

Terkadang beberapa polisi juga menggunakan seragam tambahan untuk keselamatan di jalan raya, seperti rompi bewarna hijau yang terbuat dari bahan polyester dengan tambahan scothlight yang dapat terlihat dari kejauhan, baik itu pada siang ataupun malam hari.

Agar lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh seragam khusus untuk polisi lalu lintas seperti berikut ini.

Baju Seragam Polisi 2-min
  • Polisi Sabhara

Poisi Sabhara atau singkatan dari polisi samapta Bhayangkara ini merupakan unit kerja polisi yang melakukan tugas plaing umum, yaitu mengayomi dan menjaga ketertiban masyarakat. Namun perbedaan tugas yang paling mencolok unit kerja polisi yang satu ini yaitu dimana polisi sabraha lebih sering bertugas dalam pengendalian massa.

Karena tugas polisi yang satu ini tergolong memiliki risiko yang cukup tinggi, tidak heran seragam yang digunakan juga cukup lengkap, diantaranya adalah seragam kepolisian bewarna abu kecoklatan terang untuk kemeja dan celana atau rok dengan warna yang sama namun lebih gelap.

Selain itu, perlengkapan yang sering digunakan yaitu berupa penutup kepala atau baret bewarna coklat gelap untuk setelah dinas harian, serta rompi anti peluru serta tameng dan helm anti peluru untuk setelan pengamanan ketika di lapangan.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dengan jenis seragam polisi pengamanan ini, kamu bisa melihat contohnya seperti berikut.

Baca juga artikel kami tentang : Model seragam sekolah korea selatan

Baju Seragam Polisi 5-min
  • Brimob

Jika sebelumnya polisi sabhara memiliki tugas khusus untuk menjaga keamanan, Polisi Brimob ini cenderung memiliki tugas untuk membatasi ruang gerak, melumpukan serta menangkap pelaku kejahatan dari intensitas sedang ke berat.

Dengan tugas utama yang cenderung langsung berhadapan dengan tindak kejahatan yang sangat berisiko ini, tidak heran jika seragam yang sering digunakan oleh satuan unit kerja kepolisian ini sangat lengkap, mulai dari rompi anti peluru, pistol atau senapan, helm keselamatan, hingga perlengkapan perlindungan diri lainnya.

Namun yang membedakan seragam Brimob dengan polisi pada umumnya yaitu jenis warna yang digunakan. Biasanya anggota brimob ini menggunakan setelan seragam bewarna hitam untuk menyamarkan diri ketika menangkap pelaku kejahatan.

Sedangkan ketika sedang melakukan latihan gabungan atau operasi khusus, para anggota Brimob ini lebih sering menggunakan seragam dengan warna khas loreng yang sekilas mirip dengan kepunyaan TNI.

Untuk membedakan jenis seragam Brimob ini, kamu bisa melihat contohnya seperti berikut ini.

Baju Seragam TNI 4-min
  • Provos/Provam

Satuan unit kerja polisi yang satu ini bertugas khusus untuk menangani masalah profesi dan keamanan. Dibentuk sejak tahun 2002, Provos/ Provam ini memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat mengenai tindak penyimpangan personel Polri. Jadi bisa dikatakan jika unit kerja ini bertugas untuk internal kepolisian.

Dengan tugas yang cenderung bersifat keadministrasian, Provos dan Provam ini memiliki tugas yang tidak terlalu berisiko tinggi seperti unit kerja lainnya, sehingga seragam yang digunakan pun merupakan seragam dinas harian yang berupa kemeja bewarna coklat-abu muda sebagai atasan dan coklat tua sebagai bawahan.

Namun yang menjadi ciri khas dari seragam polisi yang satu ini yaitu adanya syal atau penanda di bagian lengan kiri bewarna biru serta topi baret yang bewarna serupa. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh nya seperti berikut.

Baju Seragam Polisi 4-min
  • Polisi Air Dan Udara

Polisi air dan udara yang sering disingkat dengan POLAIRUD merupakan salah satu unit kerja kepolisian yang bertugas khusus membantu menjaga keamanan melalui jalur air atau perairan dan udara. Dengan kata lain, Polairud ini dilatih khusus untuk menyelam dan menerbangkan pesawat udara.

Biasanya Polairud ini menggunakan setelan khas bewarna biru dengan tambahan topi baret dan sepatu lapangan. Warna setelan polisi air dan udara ini di maksudkan agar dapat terlihat menyatu dengan lingkungan kerja yang ditempati, yaitu di perairan atau laut serta udara.

Nah, jika kamu ingin melihat polisi dengan seragam khas bewarna biru ini, kamu bisa melihatnya di lautan seperti di kapal milik Polri, serta di bandar udara khusus milik polri. Biasanya seragam polairud ini juga dilengkapi dengan berbagai atribut, seperti identitas serta pangkat yang dimiliki pemakainya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat contoh seragam para anggota polairud seperti berikut ini.

Baju Seragam Polisi 3-min
  • Polisi Pariwisata

Mungkin satuan unit kerja polisi yang satu ini cenderung kurang familiar di telinga indonesia, hal ini karena tidak semua tempat memiliki polisi khusus pariwisata ini. Biasanya polisi pariwisata ini hanya di tempatkan di lokasi-lokasi wisata untuk memberikan pelayanan dan keamanan khusus untuk wisatawan.

Hampir mirip dengan seragam polisi lainnya yang menggunakan dua tone warna abu kecoklatan, sehingga seragam ini sangat mudah untuk terlihat. Namun yang menjadi ciri khas khusus yaitu penggunaan dasi bewarna merah dan kedua tutup saku di bagian depan yang memiliki warna serupa dengan dasinya.

Bisa dikatakan jika seragam polisi wanita ini cenderung lebih rapih dan terlihat seperti seragam kantoran biasanya, namun dengan warna dan ciri khas yang mirip dengan seragam kepolisian pada umumnya.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai seragam khusus polisi pariwisata ini, kamu bisa melihatnya di gambar berikut.

Baca juga artikel kami tentang : Jenis jenis seragam sekolah

Baju Seragam Polisi 1-min

Itulah beberapa jenis seragam polisi berdasarkan satuan unit kerjanya. Dengan mengetahui jenis-jenis seragam kepolisian ini, kamu bisa dapat dengan mudah membedakan satuan unit kerja polisi di sekitarmu. Jadi lain kali kamu tidak perlu bingung lagi membedakan anggota polisi yang ingin kamu temui.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *