Inilah jenis-jenis seragam sekolah SD, SMP dan SMA yang perlu orang tua ketahui

Sebagai seorang pelajar, maka sudah tidak asing lagi jika menggunakan seragam. Baik itu jenis seragam biasa, atau untuk penggunaan seragam dihari-hari tertentu seperti di hari pahlawan atau hari besar lainnya.

Namun, dari semua banyaknya seragam ini, terdapat beberapa perbedaan yang mendasar disetiap jenjangnya, baik itu di SD, SMP ataupun SMA. Oleh karena itu, orang tua harus tahu betul mengenai jenis seragam mana yang diperlukan untuk buah hatinya ketika sedang sekolah.

Penggunaan seragam sekolah di indonesia merupakan hal yang wajib, terutama untuk para murid yang mengenyam pendidikan di bangku sekolah negeri.

Walaupun pada dasarnya peraturan penggunaan seragam ini dikembalikan lagi kepada kebijakan setiap sekolah, namun ada beberapa jenis seragam yang perlu kamu ketahui, seperti berikut ini.

Jenis-Jenis Seragam Sekolah-min
  • Seragam Umum

Seperti namanya, jenis seragam yang satu ini memang umum digunakan untuk setiap jenjang pendidikan, seperti setelan kemeja putih dan rok atau celana bewarna merah serta topi dan dasi untuk anak di jenjang sekolah dasar.

Selain itu, ada juga jenis seragam sekolah yang umum digunakan oleh murid Sekolah menengah pertama atau SMP yaitu berupa kemeja putih dengan atribut identitas lengkap yang dibordir dan bawahan berupa rok atau celana bewarna biru.

Sedangkan untuk jenjang sekolah menegah atas, biasanya seragam yang digunakan berupa kemeja putih dan rok berempel atau celana panjang bewarna abu-abu.

Pemilihan warna ini di dasarkan pada tingkat psikologis anak, dimana warna putih dan merah untuk sikap yang ceria dan pemberani, warna putih biru untuk kepercayaan diri, dan putih abu untuk ketenangan.

Penggunaan seragam umum untuk ke sekolah ini harus dibarengi dengan atribut yang lengkap, berupa kaos kaki putih serta sepatu hitam, agar tampilan terlihat lebih selaras dan rapih.

  • Seragam Upacara

Walaupun tidak semua sekolah mewajibkan penggunaan seragam upacara ini, namun ada juga beberapa sekolah yang mewajibkan para petugas upacaranya menggunakan seragam upacara khusus.

Jenis seragam upacara ini memiliki warna dan model yang sama dengan setelan upacara khusus untuk pengibar pendera atau paskibra. Dengan penggunaan kemeja putih dan celana putih yang dipadukan dengan topi bewarna hitam, membuat tampilan upacara dapat telihat semakin rapih dan selaras.

Selain di hari senin ketika upacara pagi, seragam ini terkadang juga digunakan sebagai seragam ketika memperingati hari-hari besar nasional, seperti hri kemerdekaan atau hari sumpah pemuda.

  • Seragam Batik

Beberapa tahun ini, pemerintah mulai gencar untuk mulai mensosialisasikan kewajiban penggunaan seragam batik di area sekolah. Hal ini dimaksudkan agar para siswa dapat tahu mengenai budaya asli indonesia, dan berharap dapat selalu bangga serta melestarikan budaya tersebut kedepannya.

Biasanya seragam batik ini hanya digunakan sehari dalam seminggu, tergantung pada kebijakan sekolahnya masing-masing. Baju batik ini kebanyakan di padukan dengan bawahan bewarna hitam, sehingga dapat terlihat lebih anggun dan rapih.

Namun ada juga beberapa sekolah yang membuat baju batik dengan ciri khas atau logo sekolah, sehingga dapat digunakan langsung dengan bawahan seragam pada umumnya.

  • Seragam Pramuka

Pada dasarnya, pendidikan pramuka atau kepramukaan ini merupakan sebuah ekstrakulikuler. Namun ada beberapa sekolah negeri yang mewajibkan para muridnya mengikuti kegiatan pramuka, salah satunya menjadi anggota pasi dengan berkontribusi hanya menggunakan seragam pramuka ini.

Penerapan penggunaan seragam sekolah bermodel pramuka ini dilakukan agar para siswa dapat pelan-pelan mengerti dan mengamalkan poin-poin penting dalam gerakan pramuka, seperti kedisiplinan, kemandirian hingga kepedulian antas sesama.

Penggunaan seragam pramuka ini bisasnya dilakukan hanya sehari dalam seminggu, seperti halnya seragam batik. Untuk para pria, setelan seragam pramuka ini berupa kemeja coklat muda yang dipadukan dengan celana PDL atau celana lurus panjang bewarna coklat tua yang dilengkapi dengan ikat pinggang dan dasi khusus pramuka.

Sedangkan untuk para murid wanita, seragam pramuka yang digunakan berupa kemeja coklat berlengan panjang dengan rok panjang dan sepatu hitam. Biasanya kemeja yang digunakan di biarkan menjuntai, sehingga tidak dimasukkan kedalam rok seperti seragam pada umumnya.

Baca juga artikel kami tentang : Bisnis kemeja hawai

  • Seragam Olahraga

Berbeda dengan jenis seragam lainnya yang dapat digunakan selama sehari full, jenis seragam sekolah yang satu ini hanya dapat digunakan ketika sedang melakukan pembelajaran olahraga.

Penggunaan seragam olahraga selama bersekolah ini dilakukan agar seragam yang sebelumnya digunakan tidak kotor atau basah karena keringa, sehingga tidak nyaman digunakan.

Bahan seragam olahraga yang digunakan oleh sekolah-sekolah negeri di Indonesia biasnaya terbuat dari bahan cotton, karena dirasa nyaman dan dapat menyerap keringat lebih maksimal ketika berolahraga di lapangan ketika siang hari.

Model seragam olahraga antar sekolah juga tergolong beragam, ada yang menggunakan kaos lengan panjang yang dipadukan celana training, ada juga yang menggunakan model kaos polo serta celana training dengan warna serupa untuk memberikan nuansa yang lebih rapih ketika berolahraga.

  • Seragam Daerah / Muslim

Jenis seragam sekolah lainnya yang harus orang tua ketahui yaitu seragam daerah atau seragam muslim. Biasanya ada beberapa sekolah yang memilih salah satu jenis seragam ini sebagai salah satu seragam wajib.

Salah satu contoh seragam daerah yang sering digunakan ketika pembelajaran yaitu seragam khas daerah jawa barat berupa kebaya dan kemeja koko hitam khas orang sunda.

Biasanya seragam ini lebih sering digunakan oleh anak-anak di Sekolah Dasar. Namun ada juga beberapa sekolah yang mewajibkan penggunaan seragam daerah di hari-hari tertentu.

Sedangkan untuk seragam muslim ini, modelnya hampir mirip dengan setelan murid pengajian pada umumnya, yaitu berupa baju tunik lengan panjang dan rok berempel serta kerudung panjang untuk para murid wanita, serta sekelan koko dan celana panjang untuk para murid pria.

Penggunaan seragam muslim ini biasanya hanya di lakukan ketika acara-acara tertentu saja, seperti acara hari besar islam. Namun ada juga beberapa sekolah yang mewajibkan penggunaan seragam muslim ketika hari jumat.

Baca juga artikel kami tentang : Kaos racing hell

  • Seragam Kejuruan

Seragam kejuruan ini tergolong jenis seragam opsional yang hanya berlaku di bidang pendidikan tertentu. Biasanya seragam ini hanya digunakan ketika telah memasuki jenjang sekolah atas seperi sekolah kejuruan.

Jenis sergam kejuruan ini juga beragam, ada yang berbentuk seragam bengkel, seragam perawat, seragam laboratorium, dan sebagainya. Nah, untuk perlengkapan seragam kejuruan ini, kamu tidak perlu khawatir mencarinya kemana-mana, karena pihak sekolah telah menyediakannya.

Penggunaan seragam kejuruan ini berfungsi selain sebagai penanda kejuruan, tapi juga sebagai alat perlindungan diri ketika kamu sendang belajar lebih dalam mengenai kejuruan yang telah kamu pilih.

Penggunaan seragam sekolah merupakan hal yang perlu dilakukan, untuk membuat para murid dapat lebih disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu, seragam ini juga menjadi salah satu penanda identitas seorang murid, sehingga dapat dengan mudah di kenali baik itu dari nama, asasl sekolah hingga tingkatannya melalui atribut seragam yang digunakan.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *