Mengenali macam-macam warna dan model seragam TNI AD, AU dan AL

Tentara Nasional Indonesia atau yang sering di singkat dengan TNI merupakan lembaga negara yang memiliki tugas untuk menjaga kedaulatan negara.

Jadi dengan kata lain, para anggota TNI ini harus dapat mengerjakan segala sesuatu, baik itu mengangkat senjata, menerbangkan pesawat atau untuk menyelam.

Namun tahukah kamu, di Indonesia, TNI di bagi menjadi 3 sektor, yaitu TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Udara (AU) dan TNI Angkatan Laut (AL). Pembagian ketiga sektor ini dimaksudkan untuk membuat TNI dapat lebih fokus dalam mengembangkan keunggulan di bidang-bidang tersebut.

Dengan adanya tiga sektor ini, maka seragam yang digunakan oleh para anggota TNI pun ada berbagai jenis disesuaikan dengan lingkungan dan tugas yang akan dilaksanakan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam warna dan model seragam TNI ini, kamu bisa mengikuti info-info berikut.

Warna Dan Model Seragam TNI-min

Seragam TNI Angkatan Darat

Pada awalnya TNI Angkatan Darat ini memiliki tugas khusus, yaitu menjaga kedaulatan Negara Indonesia khusus untuk di jalur darat. Oleh karena itu, seragam yang digunakan oleh TNI AD ini memiliki ciri khas warna hijau, coklat dan hitam, sesuai dengan hutan indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah seragam dari TNI Angkatan Darat.

  • Seragam Dinas Upacara

Seperti sebutannya, seragam TNI yang satu ini memang digunakan khusus dalam upacara-upacara kemiliteran. Dengan model seragam yang terdiri dari kemeja bewarna hijau muda dan jas bewarna hijau tua, membuat seragam ini terlihat lebih rapih dan gagah.

Selain itu, seragam yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai lencana dan pangkat dibagian pundak. Nah, untuk kamu yang masih bingung dengan seragam ini, kamu bisa melihat gambar berikut.

Baju TNI 1-min
  • Seragam PDL

Untuk seragam PDL atau Pakaian Dinas Lapangan ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi. Seragam PDL Angkatan Darat ini memiliki corak loreng hijau, coklat dan krem pada model kemeja dan celananya. Selain itu, seragam ini juga dilengkapi dengan topi baret hijau tua dan sepatu lapangan bewarna hitam.

Biasanya seragam PDL ini digunakan oleh para TNI untuk melakukan kegiatan lapangan, seperti latihan, operasi militer, ataupun untuk bertugas. Jadi tidak heran jika seragam dengan model ini akan sangat sering kamu lihat.

Agar kamu tidak bingung lagi dengan model seragam Tentara yang satu ini, kamu bisa melihat contoh gambarnya seperti berikut.

Baca juga artikel kami tentang : Macam macam seragam polisi

Baju Seragam TNI 2-min

Seragam TNI Angkatan Udara

Untuk seragam khusus TNI Angkatan Udara ini, ada 4 model pakaian yang sering digunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Seragam Dinas Upacara

Seperti seragam dinas upacara TNI AD, setelan seragam TNI AU ini juga menggunakan kemeja dan jas serta celana bahan yang terlihat gagah. Namun perbedaannya yaitu warna yang digunakan.

Untuk setelan upacara TNI AU ini, warna yang digunakan yaitu biru tua dengan ornamen kancing dan pangkat yang bewarna kunging emas. Biasanya setelan ini di padukan dengan topi khsuus TNI dan sepatu pentofel.

Seragam dinas upacara ini sering digunakan oleh para anggota TNI AU ketika dilaksanakan upacara kebesaran, seperti upacara negara atau dirgahayu TNI. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh gambar berikut ini.

Baju Seragam TNI 3-min
  • Seragam Dinas Harian

Untuk seragam dinas harian ini, para anggota TNI Angkatan udara menggunakan setelan kemeja bewarna biru muda dan celana kain bewarna biru dongker. Selain itu, untuk melengkapi penampilan agar terlihat lebih rapih, para tentara ini juga menggunakan atribut dibagian depan dan pundak.

Penggunaan topi baret bewarna oranye atau peci bewarna biru dan sepatu pentofel juga tidak pernah ketinggalan ketika menggunakan seragam dinas harian ini. Biasanya sergam dinas harian ini digunakan oleh para tentara yang sedang mengenyam pendidikan penerbangan, ataupun ketika sedang melaksanakan kegiatan-kegiatan di dalam ruangan.

Untuk lebih jelasnya mengenai seragam tentara yang satu ini, kamu bisa melihat setelannya seperti contoh gambar berikut.

Baju Seragam TNI 5-min
  • Seragam Dinas Harian Lapangan

Berbeda dengan jenis seragam lainnya, seragam dinas harian lapangan TNI AU ini digunakan khusus oleh para anggota ketika sedang melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti ketika menerbangkan pesawat, mengikuti acara kedirgahayu-an TNI, ataupun ketika sedang ada acara-acara khusus lainnya.

Dengan model seragam model kemeja dan celana PDL yang memiliki tekstur tebal dan tidak mudah robek, membuat setelan ini juga digunakan sebagai salah satu alat keselamatan diri.

Biasanya setelan yang bewarna loreng biru ini digunakan bersamaan dengan topi baret dan sepatu lapangan. Untuk lebih jelasnya mengenai seragam yang satu ini, kamu bisa melihat contohnya seperti berikut.

Baju Seragam TNI 8-min
  • Seragam Dinas Lapangan

Untuk seragam dinas lapangan ini, TNI AU memiliki desain yang sama dengan seragam dinas lapangan TNI AD, yaitu bewarna loreng hijau, coklat dan putih. Namun perbedaannya yaitu pada lambang dan topi baret yang digunakan.

Seragam dinas lapangan TNI AU biasanya menggunakan topi baret bewarna oranye terang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh seragamnya berikut ini.

Baca juga artikel kami tentang : Model seragam sekolah korea selatan

Baju Seragam TNI 9-min

Seragam TNI Angkatan Laut

Tentara Angkatan Laut merupakan salah satu bagian dari tentara nasional Indonesia yang bertugas untuk menjaga kedaulatan negara pada sektor kemaritiman atau kelautan. Jadi tidak heran jika tentara angkatan laut ini memiliki seragam khusus yang berbeda dengan angkatan tentara lainnya, yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Seragam Dinas Upacara

Untuk seragam dinas upacara ini, TNI AL memiliki desain yang terbilang cukup unik, yaitu dengan nuansa putih bersih dengan ornamen lencana bewarna kuning emas. Setelan seragam yang satu ini biasanya terdiri dari kemeja tanpa kerah berlengan panjang dan celana katun.

Selain itu, untuk melengkapi penampilan para tentara agar terlihat lebih rapih dan gagah, sepatu pentofel dan topi khas TNI juga digunakan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat gambarnya seperti berikut ini.

Baju Seragam TNI 7-min
  • Seragam Dinas Harian Pomal

Sedangkan untuk seragam dinas harian pomal ini, para tentara angkatan laut republik indonesia menggunakan setelan berupa kemeja bewarna biru telur asin dengan celana kain bewarna biru gelap.

Selain itu, setealn dinas harian pomal ini juga dilengkapi dengan ikat pinggang bewarna putih dan topi baret bewarna biru khas angkatan laut. Biasanya setelan pomal ini digunakan ketika sedang bertugas, seperti apel pagi, pengawasan, dan sebagainya.

Agar lebih jelas, kamu bisa melihat contoh model dan warna setelan dinas harian pomal seperti berikut ini.

Baju Seragam TNI 6-min
  • Seragam Dinas Harian Lapangan

Seperti tentara di sektor lainnya, seragam dinas harian lapangan untuk TNI Angkatan Laut ini juga terdiri dari setelan PDL berupa kemeja, celana PDL dan sepatu lapangan. Namun yang membedakan setelan TNI AL dibandingkan dengan sektor lainnya, yaitu warna yang digunakan.

Disesuaikan dengan lingkungan lautan indonesia, dimana memiliki ciri khas warna biru yang tidak terlalu kentara. Oleh karena itu, tidak heran jika warna seragam TNI AL ini di dominasi oleh warna abu-abu, biru dan putih. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh gambar berikut ini.

Baju Seragam TNI 10-min

Nah, itulah beberapa model dan warna seragam TNI berdasarkan sektor dan juga fungsi seragam yang digunakan. Dengan mengetahui jenis dan warna-warna seragam ini, kamu tidak perlu bingung membedakannya lagi ya.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *