8 Jenis Bahan Kemeja Koko Untuk Tampilan Yang Lebih Berkarisma

Kemeja koko atau baju koko merupakan salah satu jenis baju kemeja pria yang sering digunakan untuk acara ibadah atau acara-acara formal lainnya.

Pada awalnya baju koko ini berasal dari baju tradisional tionghoa yaitu Tui-Kim, namun seiring berjalannya waktu baju yang satu ini lebih sering digunakan sebagai baju untuk acara formal.

Baju koko sendiri cenderung memiliki desain yang simpel dan minimalis. Selain itu, jenis baju yang satu ini juga tergolong rapih dan tidak mudah kusut, sehingga cocok untuk melengkapi fashion style kamu.

Namun dalam memilih jenis baju yang satu ini, kamu harus mempertimbangkan bahan yang digunakan. Terdapat beberapa jenis bahan baju koko dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis bahan kemeja model koko yang harus kamu ketahui.

Kemeja Koko

Bahan Cotton Combed

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis bahan yang satu ini. Ya, Cotton combed biasanya digunakan untuk membuat kaos, baik itu kaos polos, kaos distro dan jenis kaos lainnya. Namun taukah kamu jika bahan cotton combed ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kemeja koko?

Biasanya baju koko yang memanfaatkan bahan cotton combed ini adalah baju koko model pakistan. Dengan bahan yang cenderung adem dan halus, kamu bisa merasa lebih nyaman. Selain itu, bahan cotton combed ini juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu mudah untuk menyerap keringat.

Namun, kekurangan bahan yang satu ini yaitu mudah berjamur jika tidak di bersihkan dan disimpan dengan benar. Jadi saat kamu ingin memilih bahan ini untuk kemeja model koko, kamu harus lebih berhati-hati saat proses mencuci dan penyimpanannya.

Bahan  Toyobo

Seperti namanya, jenis bahan baju koko yang satu ini adalah bahan sejenis katun yang berasal dari jepang. Dengan serat kain yang cenderung lebih rapat dan tidak menerawang, membuat jenis bahan toyoba ini sangat diminati.

Selain itu, bahan toyoba ini juga memiliki permukaan yang halus, adem dan licin namun tidak mengkilap. Bahan ini juga terkenal ringan dan bertekstur jatuh, sehingga dapat membuat kamu bisa tampil maksimal.

Bahan toyobo ini juga memiliki variasi warna yang cukup banyak dan awet. Namun, karena banyaknya keunggulan dari bahan ini, biasanya baju koko dari bahan toyobo ini cenderung memiliki harga yang lebih mahal.

Bahan Balotelli

Sebagai salah satu bahan kemeja koko, bahan balotelli ini memiliki keistimewaan dalam desain bahan yang eksklusif. Kamu bisa langsung mengenali bahan ini hanya dengan melihat permukaan yang berpola seperti kotak-kotak atau bergaris.

Bahan yang satu ini biasanya memiliki tekstur yang tebal dan berserat. Selain itu, bahan ini juga memiliki variasi warna dan motif yang cukup beragam, jadi kamu bisa memilih jenis motif atau warna dengan leluasa.

Kekurangan dari bahan yang satu ini yaitu jenis bahan ini cenderung panas saat digunakan, sehingga lebih cocok digunakan saat cuaca sedang dingin. Selain itu, bahan ini terkadang terasa kaku saat digunakan. Namun hal tersebut masih wajar karena kainnya cukup tebal.

Bahan Supernova

Masih dari jenis katun, bahan supernova ini memiliki permukaan yang halus, lembut dan adem. Selain itu, bahan ini juga cenderung memiliki bobot yang ringan, jadi sangat nyaman saat digunakan. Jika kamu ingin memiliki kemeja koko dari bahan ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun apabila kamu ingin memilih jenis bahan yang satu ini, sebaiknya kamu menggunakan dalaman kaos polos, karena bahan ini cukup tipis dan menerawang. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan memilih warna kemeja yang gelap, seperti hitam atau navy agar tidak terlalu menerawang.

Kemeja Koko Krem

Bahan Linen

Jika kamu ingin tampil lebih casual dan simpel, kamu bisa memilih kemeja koko dari bahan linen ini. Bahan linen merupakan jenis bahan yang terbuat dari tumbuhan linen, sehingga memiliki serat kain yang cukup tebal dan kuat.

Selain itu, bahan linen ini juga cenderung memiliki permukaan yang adem dan halus, jadi bisa membuat kamu lebih nyaman saat menggunakannya. Bahan ini juga tergolong tidak mudah kusut, sehingga selalu terlihat rapih saat digunakan.

Tapi kekurangan bahan linen ini yaitu bahan kainnya memiliki serat yang cukup besar, sehingga mudah untuk terurai jika dirawat atau dicuci dengan cara yang kurang tepat.

Bahan Rayon

Rayon atau yang sering disebut dengan kain sutra buatan merupakan salah satu jenis bahan baju koko yang terbuat dari polimer organik. Bahan yang satu ini biasanya memiliki permukaan yang berkilau, licin, halus dan adem.

Selain itu, bahan rayon ini juga cenderung memiliki daya serap yang tinggi sehingga dapat menyerap keringatmu dengan lebih baik. Bahan ini juga memiliki banyak varian warna dan motif sehingga kamu bisa memilih baju koko dari bahan ini dengan lebih bebas.

Tapi dari banyaknya kelebihan tersebut, bahan rayon ini tergolong bahan yang mudah kurust dan serat kainnya tidak terlalu kuat. Jadi saat proses mencuci, sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati agar baju koko yang kamu miliki bisa tetap awet dan tahan lama.

Baca juga artikel kami tentang : Rekomendasi kemeja merek Eiger

Bahan Cotton Poplin

Bahan cotton poplin ini merupakan bahan yang terbuat dari cotton atau kapas yang menggunakan teknik Plain Weave sehingga memiliki tingkat kelenturan yang cukup tinggi. Dengan menggunakan bahan cotton poplin ini sebagai bahan kemeja koko, kamu bisa lebih leluasa saat beraktivitas.

Bahan kemeja yang satu ini cenderung memiliki permukaan yang halus dan padat. Selain itu, bahan cotton poplin ini juga tipis, sehingga akan membuat kamu nyaman walaupun di keadaan cuaca yang panas sekalipun.

Jika kamu memilih baju koko dari bahan yang satu ini, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam proses perawatannya. Karena bahan ini cenderung tipis, jadi rentan untuk robek.

Bahan Cotton Dobby

Bahan yang satu ini merupakan salah satu bahan cotton yang dibuat dengan cara teknik tenun. Jadi tidak heran jika bahan cotton bobby ini memiliki permukaan yang bermotif, seperti kotak, garis atau abstrak.

Bahan kemeja koko yang satu ini juga memiliki karakteristik permukaan yang halus, tidak menerawang dan adem. Selain itu, bahan ini juga tergolong mudah untuk menyerap keringat, jadi sangat cocok untuk digunakan dalam setiap kegiatan beribadah atau kegiatan formal lainnya.

Jika kamu ingin memilih baju koko dari bahan cotton dobby ini, sebaiknya kamu memilih desain yang polos atau simpel. Hal ini karena ciri khas motif pada permukaan kain dapat terlihat lebih menarik.

Itulah beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan dalam proses pembuatan kemeja koko. Dengan mengetahui jenis-jenis baju koko, kamu bisa memilih baju koko yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Selain bahan, dalam memilih baju koko ini sebaiknya kamu juga mempertimbangkan hal-hal lainnya, seperti warna, model dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman dan percaya diri dengan penampilanmu.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *