17 Jenis baju wanita terfavorit dan paling populer tahun 2022

Busana wanita memang tidak ada habisnya untuk dibahas karena selalu saja ada trend terbaru yang muncul. Ada banyak sekali model yang beredar di pasaran, jadi saat akan membeli biasanya anda cukup menyebutkan jenisnya dan akan langsung disodorkan model baju sesuai dengan permintaan.

Supaya tidak bingung dengan istilah dari jenis baju wanita yang jumlahnya banyak itu, kami akan bagikan info berbagai jenis busana wanita untuk membantu anda membedakan model yang satu dengan yang lain. Pasti salah satunya adalah busana favorit anda. Selamat membaca.

Jenis baju wanita
Sumber gambar : stylesatlife.com

Faktor penting dalam memilih jenis busana wanita

Busana wanita memiliki banyak faktor pendukung yang menambah nilai plus bagi tampilan baju itu sendiri, busana yang didesain dengan baik akan menambah kepercayaan diri pemakainya. Apa saja faktor pendukung tersebut?

  1. Warna baju, yang paling netral untuk dipakai adalah baju warna hitam atau warna natural seperti coklat. Warna hitam akan memberikan kesan elegan dan misterius, warna coklat cenderung netral, sedangkan warna cerah memberikan suasana ceria.
  2. Aksesoris pelengkap, aksesoris pelengkap seperti ikat pinggang atau bros bisa mempengaruhi penampilan baju dan pemakainya. Banyak baju yang dipajang dengan aksesori pelengkap agar lebih menarik dan menambah nilai busana tersebut.
  3. Bahan pakaian, bahan yang paling nyaman dikenakan adalah katun, tapi untuk gaun pesta lebih cantik saat memakai bahan sutra. Bahan pakaian akan memberikan efek yang berbeda terhadap penampilan anda jadi pastikan anda memilih bahan terbaik sesuai kebutuhan.
  4. Model pakaian, meliputi desain seluruh bagian pakaian, mulai dari desain tangan, desain kerah, bagian badan dan penambahan aksen akan menentukan model pakaian. Ingin tahu lebih lengkapnya berbagai model pakaian wanita terpopuler? Berikut ulasannya.

17 Jenis baju wanita yang paling digemari

Pada dasarnya busana wanita terdiri dari dress, atasan dan bawahan, tapi yang paling banyak dimodifikasi oleh perancang busana adalah baju wanita seperti atasan dan gaun. Berikut adalah berbagai jenis baju yang menjadi favorit wanita:

  • Model baju wanita asimetris

Blus ini adalah baju yang didesain dengan potongan model serong dan hasil akhirnya adalah baju yang tidak simetris. Bagian yang dibuat tidak simetris bisa di bagian leher, tangan, bagian bawah baju atau di bagian dada sesuai dengan hasil yang ingin didapat.

  1. Asimetris di bagian leher akan membuat bagian atas tubuh anda terlihat jenjang.
  2. Asimetris di bagian lengan bisa untuk mengalihkan perhatian dari lengan yang besar
  3. Asimetris di bagian dada memberikan kesan unik, banyak perancang membuat model ini untuk gaun atau dress.
  4. Asimetris di bagian bahu cocok untuk anda yang memiliki bahu ramping atau sedang.
Model baju wanita asimetris
Sumber gambar : differenta.com
  • Model baju wanita off shoulder/sabrina

Blus ini identik dengan bagian leher yang terbuka sampai ke bagian pundak, biasa disebut juga off shoulder. Tujuan busana ini memang untuk memperlihatkan bagian pundak. Bagian leher biasanya diberi karet agar bisa diatur sesuai keinginan anda.

Model baju wanita off shoulder sabrina
Sumber gambar : nykaafashion.com
  • Model baju wanita cheongsam

Blus ini adalah model atasan wanita yang dahulu dipakai oleh wanita di Cina. Ciri khasnya bagian kerah yang tegak dan dikombinasikan dengan kancing shanghai. Blus ini modelnya tertutup sampai leher dan lengannya bisa dibuat sangat pendek atau hanya sampai siku saja.

Model baju wanita cheongsam
Sumber gambar : bridestory.com
  • Model baju kebaya

Wanita Indonesia identik dengan kebaya, pakaian yang menggunakan bahan brokat ini selalu dipakai di acara formal bahkan juga digunakan untuk baju pengantin. Kebaya yang awalnya banyak dipakai oleh ibu-ibu telah dikreasikan menjadi lebih modern untuk wanita muda.

Sumber gambar : idntimes.com
  • Model baju brokat

Brokat ini adalah bahan yang umumnya dibuat menjadi kebaya. Perkembangan mode telah membuat brokat ini dikreasikan menjadi blus/atasan dan dipakai di acara formal. Karena bahannya yang transparan, brokat ini biasanya dilapisi furing di bagian dalam.

Sumber gambar : hipwee.com

Baca juga artikel kami tentang : 20 Rekomendasi font untuk poster

  • Model baju wanita tunik

Tunik adalah baju yang ukurannya panjang, bisa sampai lutut, setengah betis atau sampai mata kaki. Tampilannya yang longgar akan lebih cantik bila dikombinasikan dengan ikat pinggang agar memperlihatkan siluet tubuh. Coba kombinasikan tunik dengan legging untuk tampilan modern.

Sumber gambar : wolipop.detik.com
  • Model baju wanita tank top

Tank top ini memiliki ciri khas tali yang kecil pada bagian pundak. Biasa dipakai sebagai dalaman untuk blazer atau blus berbahan tipis. Apabila anda percaya diri, bisa juga dipakai tanpa luaran, kombinasikan dengan bawahan apapun akan membuat anda tampil trendi.

Model baju wanita tank top
Sumber gambar : repeatcashmere.com
  • Model baju wanita crop top

Crop top modelnya sama seperti tank top, bedanya crop top panjangnya hanya sampai sedikit di atas pinggang. Crop top ini cocok dipakai orang yang memiliki perut rata, karena memang didesain untuk memperlihatkan bagian perut.

Sumber gambar : alcott.eu
  • Model baju wanita tube top/kemben

Tube top adalah tank-top tanpa tali, istilah orang Jawa untuk model pakaian ini adalah kemben. Tube top ini bisa menjadi dalaman dan dikombinasikan dengan blazer, kemeja, dan blouse. Untuk bawahan bisa dikombinasikan apa saja. Atasan model ini akan memberikan kesan modis.

Model baju wanita tube top
Sumber gambar : forever21.in
  • Model baju wanita peplum

Ciri khas baju peplum adalah detail yang menyempit di pinggang untuk memperlihatkan lekuk tubuh. Bentuk leher biasanya menyerupai huruf V, kemudian pinggang menyempit lalu dibagian bawah melebar membetuk huruf A. Orang gemuk juga bisa memakai model baju ini.

Model baju wanita peplum
Sumber gambar : missguided.eu
  • Model baju wanita tie front top

Baju ini memilki tali sebagai aksen, posisi tali bisa di bagian depan atau bagian samping. Bisa digunakan sebagai luaran ataupun tanpa luaran, tergantung kenyamanan. Tie front top dengan warna cerah sangat cocok untuk acara santai.

Model baju wanita tie front top
Sumber gambar : id.pinterest.com

Baca juga artikel kami tentang : 20 Jenis font keren dan kekinian

  • Model baju cross over top/Wrap top

Desain atasan wanita ini menyerupai kimono, dibuat menyilang dan sering diaplikasikan dengan tali di bagian pinggang untuk diikat, tujuannya untuk memperlihatkan lekukan pinggang. Atasan ini bisa juga dikenakan orang gemuk, karena bagian pinggangnya bisa disesuaikan.

Model baju wanita cross over top
Sumber gambar : tempsdanse.com
  • Model baju wanita belted top

Baju belted top adalah baju yang dilengkapi dengan aksen ikat pinggang. Ikat pinggang ini sudah dijahitkan langsung di baju, sangat cantik untuk tampilan formal. Baju ini menunjukkan siluet tubuh anda, cocok sekali digunakan dengan bawahan yang pas di badan.

Model baju wanita belted top
Sumber gambar : theexecutive.co.id
  • Model baju wanita peasant top

Peasant berarti pedesaan, itulah asal inspirasi model baju yang satu ini, dari pedesaan di Eropa sana. Ciri khasnya adalah aplikasi bordiran di bagian dada, bagian leher diberi aksesoris tali yang disimpul pita dan memberikan kesan vintage.

Sumber gambar : thefashiontag.com
  • Model baju wanita halter top

Halter top menekankan model bagian atas yang berupa tali dan diikat ke leher, berbeda dengan tank top yang talinya ada di bagian pundak. Halter top ini biasanya tanpa lengan dan cocok untuk atasan atau dibuat variasi dress.

Sumber gambar : www2.hm.com
  • Model baju wanita kaftan

Baju kaftan berbentuk lebar dari atas sampai bawah, model lengan dibuat menyambung dengan badan, sehingga tidak terlihat seperti lengan baju pada umumnya. Atasan model kaftan biasanya panjang sampai pinggang. Kaftan ini identik dengan busana muslim.

Model baju wanita kaftan
Sumber gambar : m.hijabenka.com
  • Model baju wanita ruffle top

Baju ruffle top adalah baju yang mengaplikasikan kain berkerut atau kain bertumpuk sebagai pemanis dibagian dada, leher atau tangan. Ruffle top yang diaplikasikan di bagian dada bisa menyamarkan bentuk dada yang kecil. Atasan ini memberikan kesan feminim dan girly.

Model baju wanita ruffle top
Sumber gambar : endource.com

Banyak juga ya jenis-jenis baju wanita yang populer di pasaran, karena trend fashion yang terus berkembang. Setelah membaca artikel ini anda pasti sudah lebih paham dan bisa dengan mudah mengenali berbagai model busana.

Semoga artikel dari Konveksi Bandung ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami yang lain untuk menambah informasi yang berguna bagi anda.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *