Cara alternatif menghilangkan sablon di kaos dengan cepat dan mudah tanpa perlu banyak biaya

Seiring berjalannya waktu, ketahanan sablonan di kaos terkadang mulai sedikit demi sedikit mengalami kerusakan, baik itu retak, hilang atau bahkan memudar. Apalagi jika kamu mencuci atau menyetrikanya dengan cara yang salah, sehingga sablonan lebih cepat hilang.

Agar tampilan bajumu bisa terlihat lebih menarik walaupun sablonan mulai rusak, kamu bisa memilih opsi untuk menghilangkan bekas sablonan tersebut. Nah, untuk cara menghilangkan sablon di kaos dengan cepat dan mudah tanpa biaya tambahan, kamu bisa melihatnya seperti berikut.

cara menghilangkan sablon di kaos
  • Cara Menghilangkan Bekas Sablon Di Kaos Menggunakan Setrika

Jenis sablonan pada kaos tergolong lebih mudah untuk dihilangkan atau dihapus dibandingkan dengan sablonan di pakaian lainnya. Hal ini karena tekstur kaos yang cukup tipis dan elastis, sehingga lem sablon bisa lebih mudah untuk terlepas.

Salah satu cara untuk menghilangkan sablonan di kaos yaitu dengan menggunakan setrika. Suhu panas pada setrika ini cenderung dapat membuat sablonan lebih mudah untuk terangkat.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kain kering untuk nantinya di letakkan di atas sablonan sebelum disetrika. Fungsi kain ini yaitu untuk menghindari sablonan menempel ke permukaan setrika.

Selain cara ini, kamu juga bisa menambahkan cairan alkohol untuk membuat sablonan bisa lebih mudah diangkat dan agar sablonan tidak terlalu lengket ketika disetrika.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis kaos. Namun untuk jenis kaos berbahan polyester, kamu harus lebih berhati-hati karena bahan kaos yang satu ini cukup sensitif dengan suhu panas pada setrika.

  • Tips Menghapus Sablonan Di Kaos Dengan Bensin

Selain memanfaatkan uap panas setrika, kamu juga bisa menggunakan bensin untuk menghapus sablonan pada kaos. Bensin ini telah digunakan sejak zaman dulu untuk menghilangkan noda-noda yang membandel di pakaian, salah satunya yaitu sablonan di kaos.

Caranya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan cairan bensin ini di belakang area sablonan. Untuk menghindari bagian kaos yang lain terkena cairan bensin, kamu bisa melapisinya menggunakan kain kering.

Setelah itu diamkan beberapa saat hingga lem sablon di kaos mulai terlepas atau lebih elastis. Jika sudah seperti itu, kamu bisa menggosoknya secara perlahan atau menggunakan pisau untuk mengupas sablon sedikit demi sedikit.

  • Cara Ampuh Mengangkat Bekas Sablon Pada Kaos Dengan Carian M3

Cairan M3 merupakan salah satu cairan kimia yang memiliki fungsi untuk mengencerkan tinta sablon, sehingga dapat dengan mudah untuk dihapus atau diangkat. Jadi untuk kamu yang ingin menghilangkan bekas sablon di kaos dengan mudah, kamu bisa menggunakan cairan M3 ini.

Seperti cairan aseton untuk menghilangkan cat kuu, cairan M3 ini juga dapat memudarkan warna dari sablon, sehingga sering digunakan oleh berbagai konveksi untuk menghapus sablon di kaos.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 2 kain kering cairan M3 dan pisau atau cutter untuk menghilangkan sablon di kaosmu. Pertama-tama, gunakan kain kering di bagian belakang sablon agar cairan tidak merembes kemana-mana, setelah itu tuangkan cairan M3 di kain yang satunya lalu gosokkan di area sablon.

Diamkan beberapa saat hingga cairan meresap, dan kamu bisa dengan mudahh untuk melepas sablonan perlahan-lahan dengan mencongkelnya menggunakan pisau. Saat mengangkat sablonan menggunakan pisau ini, sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak terkena kain kaos.

  • Cara Menghapus Sablon Di Kaos Menggunakan Pemutih Pakaian

Apakah kamu ingin menghilangkan sablon di kaos putih? Jika iya, kamu bisa memilih menggunakan pemutih pakaian. Selain sebagai salah satu cairan penghilang noda, pemutih pakaian ini juga dapat menghilangkan sablon di kaos dengan cukup mudah.

Kamu hanya perlu merendam kaos putih di dalam larutan pemutih. Selanjutnya diamkan selama beberapa jam hingga menyerap dengan sempurna. Setelah itu, kamu bisa mulai mengucek bagian sablon kaos. Kucek dengan perlahan hingga sablon lepas dengan sendirinya.

Cara ini sering digunakan untuk kamu yang ingin menghilangkan bekas sablon di kaos bewarna putih. Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus direndam dalam waktu berjam-jam, namun cara ini banyak dipilih karena lebih mudah.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan sablon di jaket

  • Tips Menghilangkan Sablon Pada Kaos Dengan Memanfaatkan Mesin Pengering

Seperti halnya menggunakan setrika, mesin pengering ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sablon di kaos dengan memanfaatkan suhu panas.

Masukkan kaos pada mesin pengering, lalu setel ke level suhu yang cukup tinggi dan diamkanlah beberapa saat. Setelah itu, baru keluarkan dan mulailah untuk membersihkan sablon dengan disgosok hingga sablon terangkat.

Cara ini cukup efektif untuk jenis sablon yang tidak tahan panas dan tipis, sehingga lebih mudah terangkat dan terlepas dengan sendirinya.

  • Cara Mengangkat Sablonan Pada Kaos Dengan Tiner

Cairan tiner ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan bensin dan M3, dimana tiner ini dapat menghilangkan tinta yang ada di pakaian. Caranya sukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cairan tiner di area sablon kaos yang ingin dihilangkan.

Tunggulah beberapa saat hingga tiner menyerap. Setelah itu kamu bisa menggosoknya dengan perlahan hingga sablonan pada kaos sedikit demi sedikit dapat terangkat.

Kekurangan dari cairan tiner ini yaitu aromanya yang kurang sedap, sehingga kamu harus mengerahkan tenaga ekstra untuk membersihkannya.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan sablon di kaos yang bisa kamu lakukan dengan mudah dirumah, tanpa perlu susah payah membawanya ke tukang sablon untuk menghapusnya.

Terimakasih sudah membaca artikel di website resmi kami konveksi Bandung. Sukses selalu untuk kita semua, Amiin.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *