Inilah 5 cara unik menghilangkan berbagai jenis sablon di jaket yang tidak banyak orang tahu

Penggunaan sablon di setiap jenis pakaian salah satunya di jaket adalah hal yang lumrah. Dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan bordiran, sering kali sablon ini dipilih oleh perusahaan konveksi.

Namun disisi lain, selain harga yang murah terkadang sablonan pada jaket ini sering mengelupas atau rusak ketika mencuci atau menyetrika. Jadi untuk membuat tampilan jaket yang lebih baik, banyak orang yang ingin menghilangkan bekas sablonan di bagian depan atau belakang jaket.

Inilah beberapa cara menghilangkan sablon di jaket yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

cara menghilangkan sablon di jaket
Sumber gambar : bellacanvas.com
  • Cara Menghapus Sablon Jenis Polyflex Di Jaket

Seperti namanya, jenis sablon polyflex ini memang digunakan khusus untuk jaket dengan bahan polyester. Dengan karakteristik sablon yang lentur dan tipis yang elegan, jadi tidak heran jika banyak jaket olahraga yang menggunakan jenis sablon yang satu ini.

Jika kamu ingin menghilangkan sablon polyflex dari jaket olahragamu ini, kamu hanya perlu meluangkan waktu selama beberapa menit saja. Dengan menggunakan setrika dengan suhu yang panas, kamu bisa membuat sablonan pada jaketmu terangkat dengan mudah.

Kamu hanya perlu menaruh selembar kain tipis di atas sablonan lalu letakkan setrika yang masih panas diatasnya selama beberapa detik hingga sablonan berubah tekstur menjadi berkerut. Selanjutnya oleskan alkohol pada area sablon yang ingin dihilangkan.

Setelah itu, tunggu beberapa saat dan mulai gosoklah dengan perlahan menggunakan kain kering hingga perlahan-lahan sablonan terlepas dengan sendirinya.

  • Cara Mengangkat  Sablon Jenis Ruber Dari Jaket

Dibandingkan dengan jenis sablonan lainnya, sablon rubber ini tergolong memiliki tampilan yang eye catching karena efek tulisan yang terlihat lebih nyata. Selain itu, jenis sablon rubber yang digunakan oleh industri konveksi jaket ini cukup awet dan tidak mudah rusak saat dicuci atau disetrika.

Stapi jika sablonan jaket kamu ini tidak sengaja terkelupas atau rusak, kamu juga bisa menghilangkannya secara permanen dengan menggunakan cairan M3 atau M4. Kedua jenis cairan ini dapat membuat encer tinta sablon plastik, sehingga lebih mudah untuk dihapus.

Caranyapun cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan sedikit demi sedikit cairan M3/M4 ini di area sablonan yang ingin dihapus. Setelah itu, gosoklah dengan perlahan menggunakan sikat gigi hingga sisa sablon dan lemnya menghilang dengan sempurna.

Untuk mendapatkan cairan M3/M4 ini, kamu hanya perlu merogoh kocek kurang lebih Rp.10.000 saja di berbagai toko yang menyediakan alat-alat sablon.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menghilangkan slime di baju

  • Cara Menghilangkan Sablon Plastisol Di Jaket

Apakah kamu memiliki jaket dengan desain yang menggunakan jenis sablon plastisol? Kamu cukup beruntung, karena jenis sablon ini telah terkenal dengan kualitas yang sangat baik karena tidak mudah terkelupas dan sangat awet saat digunakan.

Namun tahukah kamu jika jenis sablon ini tidak tahan dengan suhu yang tinggi? Ya, selain tergolong lebih mahal, jenis sablon ini akan mudah hilang jika disetrika. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati lagi.

Tetapi jika sablonan jaketmu sudah terlanjur memudar, kamu bisa segera menghapus dan menggantinya dengan mudah dirumah. Cukup dengan menggunakan larutan pengencer tinta sablon yang sering dijual di pasaran, seperti M3 atau M4.

Saat menggunakan M3 atau M4 ini, kamu hanya perlu menuangkan secukupnya dan menggosok area sablon yang mulai memudar dengan pelan hingga lem dan tinta sablon mulai luntur dan terangkat.

Setelah itu, kamu bisa langsung membersihkannya dengan cara dicuci seperti biasa. Jika sudah selesai, baru kamu dapat mengganti desain dan juga jenis sablon baru sesuai dengan keinginanmu.

  • Tips Menghapus Sablon Dengan Tambahan Glitter Dari Permukaan Jaket

Untuk jaket dengan desain sablon glitter ini lebih sering digunakan oleh para remaja dan ana-anak. Namun tidak menutup kemungkinan jika banyak orang dewasa yang juga lebih menyukai penambahan glitter di sablon agar terlihat lebih menarik dan bling-bling.

Tapi tentu saja penggunaan glitter pada jaket ini lama-kelamaan akan memudar, karena glitter lebih mudah untuk terkelupas atau tertempel di permukaan benda, sehingga jaketmu akan terlihat kurang menarik lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menghapus sablon dengan tambahan glitter ini dengan mudah. Cukup dengan menyiapkan kain kering yang telah dituangkan cairan M3 atau M4. Setelah itu, letakkan kain ini di bawah area sablon yang ingin dihapus.

Diamkan hingga beberapa saat sambil digosok dengan perlahan. Terus lakukan cara ini hingga lem dasar sablon dapat terangkat. Jika sudah begitu, kamu hanya perlu menggunakan bantuan sikat untuk mengangkan sablon ber-glitter ini.

  • Tips Mengangkat Sablon Pigmen Di Jaket

Seperti namanya, jenis sablon pigmen ini memiliki ciri khas tinta yang khusus digunakan untuk pakaian bewarna cerah. Cara kerja sablon ini sendiri yaitu dengan membuat tinta dapat menyera langsung kedalam sela-sela kain pakaian.

Jadi dengan kata lain, jenis sablon di jaket yang satu ini cukup sulit untuk dihilangkan. Kamu perlu mengerahkan usaha yang cukup banyak untuk menghapus sablon pigmen di jaketmu.

Step-step yang perlu kamu lakukan untuk menghapus sablon pigmen di jaketmu yaitu dengan menyiapkan 2 kain bersih, dimana salah satunya  menggunakan cairan M3 atau M4. Sedangkan kain satunya lagi digunakan untuk ditempelkan ke bagian belakang sablon dengan sebelumnya telah dibasahi terlebih dahulu dengan air.

Tunggulah beberapa saat hingga tinta pada jaket bisa sedikit demi sedikit mulai memudar. Selanjutnya kamu hanya perlu menggosoknya secara perlahan hingga bekas lem dan tinta yang masih ada bisa terangkat dengan sempurna.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan menggunakan cara menghilangkan sablon di jaket dengan cepat dan mudah ini, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga untuk menghapus sablonan yang kurang menarik di jaketmu.

Terima kasih sudah membaca artikel kami di website konveksi Bandung. sukses selalu untuk kita semua.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *