7 Motif Kemeja Batik Pria Paling Cocok Untuk Kesan Formal

Mungkin selama ini kamu berpikiran jika pakaian formal hanya identik dengan jas hitam saja.

Namun jangan salah, kemeja batik juga bisa menjadi salah satu pilihan pakaian formal yang unik. Dengan berbagai variasi motif dan corak, kamu bisa menggunakan jenis kemeja yang satu ini untuk tampilan yang lebih menarik.

Biasanya corak atau motif batik ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti cirebon atau pekalongan.

Biasanya motif-motif batik jenis ini sering disebut dengan jenis motif klasik yang memiliki kesan elegan dan lebih berwibawa. Namun ada juga jenis motif batik modern yang lebih bebas dan santai.

Walaupun memiliki beragam jenis motif batik, ini dia 7 jenis motif batik yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu motif kemeja untuk acara resmi andalanmu.

Kemeja Batik
  • Motif Batik Mega Mendung

Batik yang satu ini merupakan motif batik khas cirebon, yang sudah sangat terkenal terutama di Indonesia. Seperti namanya, motif batik ini memang memiliki motif utama awan besar yang bewarna cerah.

Biasanya motif batik mega mendung ini digunakan untuk motif kemeja sekolah atau kemeja kerja. Dengan motif yang cenderung simpel, kamu bisa mengkombinasikannya dengan celana jeans agar terlihat lebih santai atau celana kain untuk tampilan yang lebih berkarisma.

Motif batik mega mendung ini memiliki beberapa warna yang bisa kamu pilih, dari mulai biru, merah, hijau hingga ungu. Kamu bisa memilih jenis warna yang cocok dengan gaya mu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat motif batiknya seperti berikut.

  • Motif Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Seperti namanya, motif batik yang satu ini memang merupakan salah satu kebanggaan daerah pekalongan. Dengan motif yang di dominasi oleh gambar tumbuhan dan hewan, batik tujuh rupa pekalongan ini sukses membuat banyak orang menyukainya.

Motif batik tujuh rupa ini juga memiliki kombinasi warna yang cenderung menarik dan colour full, yaitu dengan latar belakang warna yang gelap, dan gambar tumbuhan serta hewan yang berwarna-warni.

Kamu bisa menggunakan kemeja batik dengan motif tujuh rupa pekalongan ini untuk berbagai kegiatan formal maupun semi formal lainnya. Kamu cukup memadukannya dengan celana kain dan sepatu pentofel agar terlihat lebih casual dan berwibawa. Agar kamu tidak bingung, ini dia contoh motif batik tujuh rupa pekalongan.

  • Motif Batik Parang Rusak

Motif parang rusak merupakan salah satu motif batik dari yogyakarta yang sangat terkenal di Indonesia. Dengan bentuk yang simetris dan teratur, motif batik yang satu ini telah menjadi salah satu motif untuk kemeja batik yang paling populer.

Dengan model yang klasik, motif parang batik ini biasanya memberikan nuansa jawa yang kental untuk pemakainya. Untuk tampilan yang lebih maksimal, kamu bisa memadukannya dengan celana katun hitam agar terlihat lebih dewasa dan formal.

Kemeja dengan motif parang rusak ini, bisa kamu gunakan untuk menghadiri acara-acara formal seperti pernikahan, acara resmi dan sebagainya. Motif ini juga cocok untuk segala usia, jadi kamu bisa lebih bebas menggunakannya. Untuk lebih jelasnya mengenai motif batik ini, kamu bisa melihatnya seperti berikut.

Baca juga artikel kami tentang : Model kaos wanita masa kini

  • Motif Batik Bali

Sebagai salah satu pulau dnegan banyak keberagaman, tidak heran jika Bali juga memiliki ciri khas unik untuk motif batiknya. Di dominasi oleh gambar hewan seperti kura-kura, burung bangau hingga rusa, motif batik bali ini sangat digemari oleh segala kalangan.

Dengan motif yang ramai namun tetap terlihat elegan, batik bali ini dapat kamu gunakan sebagai salah satu koleksi motif kemeja batik terbaikmu. Dengan menggunakan kemeja motif batik bali ini, kamu tidak perlu bingung untuk menampilkan gaya yang mewah, karena hanya dengan menggunakan kemejanya saja, kamu akan terlihat menarik.

Hal ini karena motif batik bali ini menggunakan latar belakang warna yang gelap dan dipadukan dengan warna kuning keemasan, ungu serta biru. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh kemeja dengan motif batik bali seperti berikut.

Batik Motif Bali
  • Motif Batik Kawung

Batik dari jogjakarta ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dengan desain yang simpel, motif kawung ini memang memiliki keunikannya tersendiri. Batik yang satu ini memang memiliki fisolofi yang cukup mendalam, yaitu pengendalian diri yang sempurna dengan hari yang bersih.

Menjadi salah satu batik dengan nuansa yang klasik khas jawa, biasanya motif batik kawung ini digunakan sebagai salah satu motif kemeja batik yang sering digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu yang muda atau yang sudah tua.

Dengan di dominasi warna coklat, kamu bisa membuat tampilanmu menjadi lebih berkarisma. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh kemeja motif batik kawung seperti berikut ini.

Baju Batik Kawung
  • Motif Batik Lasem

Jika kamu menyukai motif batik yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, kamu bisa mencoba memilih motif batik lasem. Jenis batik yang berasal dari kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini memang memiliki nuansa tionghoa yang sangat kental. Jadi kamu bisa melihat percampuran kebudayaan lokal dan tionghoa di dalam motif batik ini.

Motif batik yang satu ini memang di dominasi oleh warna-warna yang mencolok, seperti merah, biru, kuning, ungu dan sebagainya. Selain itu, desain batik lasem ini cenderung sangat ramai, sehingga membuat tampilan menjadi lebih menarik dan unik.

Kamu bisa menggunakan kemeja batik motif lasem ini di berbagai acara, baik itu saat bekerja, acara pernikahan, hingga untuk pakaian resmi di lingkungan pendidikan. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat contoh kemeja dengan motif batik lasem berikut ini.

  • Motif Batik Modern

Berbeda dengan jenis batik lainnya yang memiliki makna tersembunyi, motif batik modern ini cenderung dibuat dengan aturan yang lebih bebas tanpa menghiraukan nilai-nilai budaya atau lingkungannya.

Selain itu, batik modern ini juga memiliki kombinasi warna yang lebih bebas, sehingga kamu bisa memilih jenis warna yang kamu sesuai dengan motif yang beragam. Jadi kamu bisa lebih bebas dalam mengkombinasikannya dengan jenis pakaian lainnya.

Biasanya jenis batik modern ini menggunakan metode printing, dimana pencetakannya lebih mudah dan lebih murah. Kamu bisaa memilih jenis kemeja dengan motif batik modern yang kamu sukai. Untuk lebih jelasnya mengenai motif kemeja batik yang satu ini, kamu bisa melihat contohnya seperti berikut.

Batik Motif Modern

Itulah beberapa jenis motif kemeja batik pria yang populer di Indonesia. Dengan berbagai jenis motif batik dari berbagai daerah di Indonesia, kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu.

Selain motif, dalam memilih kemeja yang sesuai, kamu juga harus mempertimbangkan bahan dan juga ukuran kemeja yang kamu inginkan. Kamu harus memastikan jika bahan yang kamu gunakan aman dan tidak membuat kulit kamu iritasi. Jadi kamu bisa lebih maksimal dalam memberikan tampilan terbaikmu.

Apa yang Anda Butuhkan ?

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *