Cara Mudah Membuat Kaos Tie Dye Keren Untuk Gaya OOTD Dengan Cepat Dan Murah

Apakah kamu sosok yang menyukai style yang fresh dan unik? Jika iya, maka motif tie dye ini sangat cocok dengan seleramu.

Motif tie dye merupakan salah satu motif yang sudah sejak lama di temukan di Amerika. Dengan desain yang cenderung bervariasi, pakaian dengan motif tie dye ini sangat digemari oleh banyak kalangan.

Salah satu pakaian yang sering menggunakan motif tie dye atau ikat celup ini adalah pakaian jenis kaos. Walaupun memiliki desain yang cenderung sederhana dengan mengandalkan kombinasi warna, kaos tie dye ini tetap menjadi incaran di setiap toko pakain.

Namun jika kamu ingin memiliki motif baju tie dye yang lebih unik dan kreatif, kamu bisa membuatnya dengan cepat dan mudah. Kamu cukup mengikuti beberapa cara membuat kaos bermotif tie dye seperti berikut ini.

Kaos Tie Dye Pendek

Tutorial cara membuat kaos tie dye sendiri di rumah mudah dipraktekan.

Bahan Yang Harus Disipakan

Sebelum memasuki proses pembuatan motif tie dye, sebaiknya kamu menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti berikut ini.

  • Kaos polos

Hal pertama yang perlu kamu siapkan yaitu media yang akan kamu beri motif. Kaos polos dengan bahan cotton bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang kamu miliki. Bukan tanpa alasan, kaos dengan bahan ini cenderung lebih mudah untuk menyerap tinta dye, sehingga hasil yang diberikan akan lebih bagus.

Selain itu, dalam memilih kaos polos, sebaiknya kamu memilih kaos polos bewarna putih agar warna tinta yang akan diberikan dapat menyerap dengan baik. Selain itu, hasil yang diberikan pun akan terlihat lebih maksimal dan keren.

  • Larutan pengawet

Larutan pengawet ini merupakan hal yang penting untuk kamu siapkan. Digunakan sebelum proses pewarnaan, larutan pengawet ini berguna untuk membuat kaos dan motif tie dye yang telah dibuat sebelumnya dapat tahan lama.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa membuat larutan pengawet ini dengan mencampurkan soda abu dan air hangat. Dengan cara sederhana ini, dijamin koas tie dye mu akan lebih awet dan tahan lama ketika digunakan.

  • Cairan pewarna

Hal selanjutnya yang perlu kamu siapkan yaitu cairan pewarna. Berbeda dengan jenis pewarna pakaian lainnya, kaos tie dye ini menggunakan tinta dye yang berbahan dasar air, sehingga lebih aman dan tidak membuat iritasi pada kulit.

Untuk cairan pewarna ini, kamu bisa memilih tinta dye dengan warna yang kontras, seperti merah, kuning atau hijau untuk menciptakan kontras warna yang menarik. Namun jika kamu ingin tampilan yang lebih kalem, kamu bisa mencoba menggunakan tinta bewarna biru atau warna pastel lainnya.

  • Karet gelang atau tali

Karet gelang atau tali ini berfungsi untuk membantu kamu dalam membuat motif dengan menggunakan teknik tie dye atau ikat celup ini. Kamu bisa menyiapkan karet gelang dengan jumlah yang cukup banyak untuk memastikan jika proses membuat motif dapat berjalan dengan lancar.

Karet gelang atau tali ini bisa kamu gunakan dengan sebebas mungkin, seperti mengikat kaos sekaligus, atau membuat bulatan-bulatan kecil pada kaos, hal ini tergantung pada motif yang ingin kamu buat untuk kaosmu.

  • Hair Dryer

Hal selanjutnya yang perlu kamu siapkan yaitu hair dryer. Seperti proses pewarnaan lainnya yang membutuhkan bantuan alat untuk membuat tinta cepat meresap, hair dryer ini akan menghemat waktu kamu untuk mengeringkan tinta.

  • Pelindung tangan

Seperti namanya, pelindung tangan ini dimaksudkan untuk melindungi tangan kamu ketika melakukan proses pewarnaan. Walaupun tinta dye ini tergolong tinta yang aman, namun alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakan sarung tangan. Kamu bisa menggunakan sarung tangan plastik untuk menghemat pengeluaranmu.

  • Wadah untuk proses pewarnaan

Peralatan terakhir yang perlu kamu siapkan untuk membuat kaos tie dye yaitu menyiapkan wadah bersih untuk proses pewarnaan. Kamu bisa menggunakan plastik zipper lock atau wadah yang memiliki banyak lubang, agar cairan tinta dapat langsung turun atau tidak mengendap pada kaos.

Baca juga artikel kami tentang : Tips memilih kaos sepeda

Cara Membuat Kaos Tie Dye

Agar kamu bisa membuat kaos dengan motif tie dye dengan baik, maka kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Menyiapkan Semua Bahan

Setelah menyiapkan berbagai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, maka proses selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu cara membuat motif tie dye pada kaos polos yang kamu siapkan.

Namun sebelum melakukan proses pewarnaan, sebaiknya kamu merendam kaos polosmu pada larutan pengawet yang terbuat dari soda abu dan air hangat, agar cairan pewarna yang akan di gunakan bisa meresap dengan sempurna.

Kamu cukup merendam kaos ini dalam jangka waktu 10-20 menit. Setelah itu, kamu bisa meniriskan baju atau mengangin-angin kannya sebentar. Dengan begitu, maka proses pewarnaan akan lebih maksimal.

  • Membuat Motif Kaos

Dalam proses membuat motif ini, kamu perlu mengeluarkan semua ide atau kreatifitas yang kamu miliki. Hal ini karena proses pembuatan motif dengan teknik ikat ini akan berpengaruh besar pada desain kaos yang akan kamu buat.

Jika kamu ingin memiliki motif tie dye spiral, kamu bisa menggulung kaos dan menarik bagian tengahnya hingga berbentuk spiral, lalu gunakan 4-5 karet untuk mengikat kaos hingga berbentuk bulatan spiral dengan 8-10 bagian. Selanjutnya kamu bisa mewarnai setiap bagian kaos dengan warna yang berbeda.

Namun jika kamu ingin membuat kaos dengan motif yang unik dengan perpaduan warna yang menarik, kamu bisa mencoba teknik ombre. Dengan menggunakan teknik ini, kamu cukup menuangkan tinta dengan warna yang berbeda dengan posisi yang berlawanan dan menunggunya untuk meresap.

  • Mewarnai Kaos

Setelah proses mengikat atau membuat motif, maka adalah proses pewarnaan. Proses yang satu ini merupakan proses yang membutuhkan waktu paling lama, yaitu sekitar 12 hingga 24 jam. Hal ini agar tinta yang telah diaplikasikan pada kaos dapat meresap dengan sempurna.

Setelah didiamkan semalaman, kamu bisa melepas ikatan yang digunakan untuk membuat motif, dan kaos tie dye pun telah jadi. Namun, agar kamu bisa menggunakan kaos buatanmu ini, sebaiknya kamu membilas kaos dengan air bersih agar menghilangkan kotoran-kotoran bekas pewarnaan.

  • Cara Pengeringan

Proses selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu proses pengeringan. Setelah kaos di bilas, kamu bisa mengeringkan kaos dengan cara di angin-anginkan. Namun yang perlu kamu ingat, kamu tidak boleh mengeringkan kaos tie dye mu ini di bawah sinar matahari langsung.

Tapi, jika kamu tidak mempunyai waktu luang dan ingin proses yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan hair dryer untuk membuat kaosmu lebih cepat kering. Kamu cukup menggunakan hair dryer level paling rendah, untuk tetap menjaga kualitas kaos yang telah kamu warnai.

  • Tahap Akhir

Dan tahap terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menyempurnakan hasil karyamu yaitu dengan menyetrika kaos tie dye setelah kering. Walaupun pada dasarnya kaos yang satu ini memiliki motif yang abstrak, namun kamu tetap harus menyetrikanya agar terlihat lebih rapih dan menarik.

Dan itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam membuat kaos dengan motif tie dye kreasimu. Walaupun kaos tie dye ini telah banyak tersedia di pasaran, namun bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya sendiri.

Dengan membuat sendiri motif kaos yang kamu inginkan, maka kamu akan semakin percaya diri ketika memakainya.

Apa yang Anda Butuhkan ?

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *