(Ter- Update 2022) Jenis Sweater Pria dan Berbagai Jenis Bahan Sweater

Sweater adalah salah satu jenis pakaian yang bertujuan untuk menghangatkan tubuh pada saat udara dingin. Semua jenis sweater pria dibuat dari bahan-bahan yang bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat, baik itu bahan yang terbuat dari serat sintetis ataupun bahan serat alami.

Berdasarkan desainnya, ada beberapa model sweater pria yang bisa menjadi inspirasi anda untuk berpakaian. Sweater bisa menjadi pendukung penampilan anda menjadi semakin modis dan keren, apalagi bila anda bisa mengkombinasikannya.

Jenis sweater pria
Sumber gambar : i.pinimg.com

Macam- macam jenis sweater pria yang bikin penampilan makin keren

Model sweater pria terdiri dari dua jenis yaitu yang tidak memiliki kancing depan dan kerah (pullover), lalu ada juga model sweater yang menggunakan kancing depan. Berikut bahasan lengkapnya supaya anda gak bingung dengan berbagai macam sweater pria

  • Jenis sweater pria crew neck/0 neck

Sweater crew neck ini berbentuk O pada bagian lehernya. Jenis ini yang paling umum digunakan oleh pria. Apabila anda mau mengenakan ke kantor coba dengan mamakai kemeja di bagian dalam sweater, lalu bagian kerah kemeja dikeluarkan untuk kesan yang formal.

Jenis sweater pria crew neck
Sumber gambar : size.co.uk
  • Jenis sweater pria V-neck

Sweater V-neck memiliki bentuk V pada bagian leher. Jenis ini cocok dikombinasikan dengan bawahan celana jeans ataupun celana kulot. Untuk acara formal coba kenakan blazer sebagai luaran dan sweater v-neck sebagai dalaman.

Sumber gambar : exportleftovers.com

Baca juga artikel kami tentang : Merek kaos polos yang bagus

  • Jenis sweater pria turtleneck

Model turtleneck memiliki kerah yang tinggi sampai ke leher bagian atas. Dengan model bagian leher seperti ini, anda akan merasa hangat di bagian leher karena tertutupi. Untuk variasi, bagian leher bisa juga anda gulung menjadi pendek.

Jenis sweater pria turtleneck
Sumber gambar : glamood.com
  • Jenis sweater pria cardigan

Cardigan juga masuk kategori sweater. Cardigan memiliki kancing di bagian depan dengan bagian leher yang rendah, jadi paling tepat menggunakan cardigan adalah dengan memakai kaos di bagian dalam.

Jenis sweater pria cardigan
Sumber gambar : zara.com
  • Jenis sweater pria hoodie

Hoodie memiliki model seperti jaket tapi dilengkapi dengan topi yang dijahit langsung ke bagian kerah. Anak muda memakai hoodie sebagai salah satu trend saat ini, sering dikombinasikan dengan jeans gombrong dan dikenal dengan istilah street wear.

Pakai hoodie di dalam terus ditumpuk dengan jaket jeans diluar? Bisa. Mau makin keren? coba padukan dengan celana kargo. Anda akan semakin terlihat maskulin dengan kombinasi pakaian seperti ini.

Jenis sweater pria hoodie
Sumber gambar : pinterest.com

Baca juga artikel kami tentang : Cara membuat kaos distro

Berbagai jenis bahan untuk sweater pria

Bahan untuk membuat sweater memiliki karakteristik yang mampu menahan udara dingin. Serat kain yang alami terbuat dari bulu hewan, ada juga serat sintetis yang dibuat untuk meniru serat alami. Berikut jenis-jenis bahan sweater pria.

  • Bahan sweater pria dari kain fleece

Kain fleece ini terbuat dari serat sintetis untuk menyamai karakter bahan wol. Penampilan fleece ini di satu sisi kain tampak berbulu dan sisi sebelahnya seperti serat kapas, tapi bisa juga kedua sisinya berbulu. Beberapa jenis fleece terbuat dari serat polyester atau serat plastik.

  • Bahan sweater pria dari kain terry/baby terry

Kain terry memiliki tampilan di satu sisi seperti jaring berupa loop-loop kecil dan di sisi sebelahnya seperti bahan kaos biasa. Bahan ini sering digunakan untuk hoodie dan sweater. Kain terry cukup nyaman digunakan karena tidak terlalu panas.

  • Bahan sweater pria dari bahan wol

Serat wol ini berasal dari hewan domba. Jenis domba yang digunakan berbeda-beda sehingga serat wol yang dihasilkan bervariasi kelembutannya. Wol dapat menyerap uap air dengan baik dan tidak mudah kusut, serat dapat meregang hingga 50% ketika basah dan 30% saat kering.

  • Bahan sweater pria dari bahan Kashmir

Kashmir terkenal mewah karena harganya yang mahal sekitar Rp.300.000/0,5 meter.  Serat Kashmir terbuat dari bulu kambing cashmere yang langka dan dicukur hanya setahun sekali. Bahan ini sangat lembut, tidak gatal di kulit dan efektif untuk menghalau udara dingin.

Bahan ini juga menyerap air dengan cepat dan memerlukan perawatan khusus dengan dry clean untuk membersihkannya. Apabila disimpan di lemari gunakan kamper untuk menyerap kelembaban agar terjaga kualitasnya.

Fungsi sweater yang awalnya sebagai penghangat tubuh telah berkembang menjadi salah satu item fashion untuk mendukung penampilan. Anda bebas berkreasi dengan berbagai jenis sweater pria untuk penampilan yang membuat anda semakin percaya diri.

Kami harap informasi bermanfaat dari Konveksi Bandung ini bisa menjadi referensi bagi anda. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, jangan lupa untuk membaca artikel lain yang bisa berguna bagi anda. Terus jaga kesehatan anda dan keluarga.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *