Tips Terbaru! Cara Mudah Mencuci Jaket Waterproof

Jaket waterproof adalah jaket dengan bahan ringan dan tentu saja anti air. Paling pas digunakan di outdoor apalagi ketika musim hujan datang dan anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Untuk menjaga kebersihannya, perhatikan cara mencuci jaket waterproof dengan benar.

Karena sering digunakan di luar ruangan, kotoran yang menempel pasti banyak dan harus dibersihkan dengan baik agar tidak merusak tampilan jaket favorit anda. Tapi jangan khawatir ada cara mudah untuk mencucinya.

Cara mencuci jaket waterproof
Sumber gambar : images.squarespace-cdn.com

Cara praktis mencuci jaket waterproof

  1. Cara mencuci jaket parasut waterproof dengan tangan

  • Rendam jaket waterproof dalam campuran air dan deterjen selama 15 menit. Gunakan deterjen khusus bahan waterproof atau bisa juga menggunakan deterjen cair yang biasa dipakai untuk mencuci baju.
  • Setelah 15 menit, kucek jaket dengan memperhatikan bagian ketiak, leher dan bagian yang ada noda membandel. Anda bisa juga menggunakan sikat halus untuk membersihkan noda.
  • Setelah semua noda terangkat, bilas dengan air berulang-ulang sampai busa hilang untuk menghindari jaket dari bau apek setelah kering. Pastikan tidak ada lagi busa yang menempel pada jaket.
  • Jaket tidak perlu diperas, langsung saja jemur di tempat yang memiliki sirkulasi udara dan tidak terkena sinar matahari langsung. Bahan waterproof sangat ringan jadi mudah sekali kering.

Baca juga artikel kami tentang : Macam – macam mesin jahit

  1. Cara mencuci jaket parasut waterproof dengan mesin cuci

  • Mulailah dengan merendam jaket dalam campuran air dan deterjen sekitar 15 menit. Deterjen cair bisa digunakan untuk merendam atau bisa juga dengan deterjen khusus bahan waterproof.
  • Setelah 15 menit, kucek jaket pada bagian yang bernoda terutama sekitar ketiak dan leher. Bahan parasut ini sangat mudah dibesihkan, ketika direndam biasanya noda akan langsung terangkat.
  • Masukkan dalam mesin cuci, akan lebih baik jika tidak digabung dengan pakaian lain. Kancingkan resleting agar tidak merusak jaket. Atur kecepatan paling rendah atau handwash agar untuk menjaga serat bahan tetap bagus. Bilas hingga bersih.
  • Untuk mengeringkan gunakan mode slow dan pasang waktu selama 5 menit saja karena jaket waterproof mudah sekali kering. Bisa juga setelah selesai dibilas langsung anda jemur di tempat berangin, ingat jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung.

Perhatikan hal berikut saat mencuci jaket waterproof!

  • Cek bagian dalam jaket, pastikan anda memeriksa bagian kantong pada jaket. Bisa saja ada sisa makanan, tissue, pulpen, bahkan alat elektronik yang tersimpan di kantong. Mengeluarkan benda-benda tersebut akan mempermudah anda ketika mencuci.
  • Kendurkan tali elastis, bagian pada jaket yang memakai tali biasanya di bagian hoodie, tangan dan pinggang. Apabila tali elastis tidak dikendurkan akan ada bagian yang mengkerut sehingga tidak bisa dibersihkan secara sempurna
  • Sebaiknya gunakan air dingin, air dingin atau air dengan suhu ruang sangat baik untuk proses pencucian. Air dingin membantu agar serat bahan waterproof tetap terjaga. Jadi anda tidak perlu repot-repot merendam jaket dalam air panas.

Baca juga artikel kami tentang : Cara mencuci jaket parasut

Sekarang anda bisa mulai praktek cara mencuci jaket waterproof kesayangan anda dengan tips yang sudah kami berikan. Jaket anda pasti akan kembali bersih dan nyaman untuk digunakan. Apalagi tips yang kami berikan membuat jaket anda juga lebih awet.

Sekian artikel dari Konveksi Bandung. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi website kami dan membaca artikel ini, semoga anda memperoleh manfaat dari tips yang kami bagikan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan anda.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published.