Tutorial Praktis Cara Mencuci Jaket Parasut Agar Awet & Tahan Lama

Parasut adalah bahan yang ringan dan karakteristik utamanya adalah waterproof alias anti air serta kedap udara sehingga dapat menghangatkan tubuh, itulah sebabnya bahan ini sering dijadikan jaket. Perawatan bahan ini tidak sulit, mulailah dari mempraktekkan cara mencuci jaket parasut dengan benar.

Walaupun ada cairan pencuci khusus untuk bahan ini, anda bisa menggunakan detergen yang ada di rumah, akan lebih baik apabila menggunakan deterjen cair. Yang lebih penting adalah cara mencucinya agar kotoran yang menempel bisa hilang dengan sempurna dan jaket kesayangan anda bisa lebih awet.

Cara mencuci jaket parasut
Sumber gambar : images.squarespace-cdn.com

Tutorial cara mudah merawat mencuci jaket parasut dengan benar

  • Cara mencuci jaket parasut dengan tangan

Cara paling tepat adalah mencuci jaket dengan tangan. Mengapa memakai tangan? Untuk meminimalisir kerusakan pada jaket. Cara ini juga membuat anda bisa memberi fokus lebih pada bagian tertentu yang paling kotor pada jaket.

Caranya, rendam jaket dalam air dingin yang sudah dicampur deterjen selama 15 menit. Kucek bagian yang paling sering berkeringat seperti bagian ketiak dan leher. Jangan lupa bagian tangan juga harus diperhatikan karena sering kotor di bagian ujung. Lalu bilas dengan air bersih.

  • Cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci

Anda malas mencuci jaket dengan tangan? Gunakan mesin cuci. Caranya rendam jaket dalam air dingin yang sudah dicampur deterjen selama 15 menit. Kucek dahulu bagian yang paling sering kotor seperti ketiak, leher dan lengan baju.

Setelah dikucek masukkan jaket anda ke dalam mesin cuci, jangan lupa kancingkan resleting jaket. Atur kecepatan mesin di level paling rendah/handwash, putaran yang kencang bisa membuat jaket anda rusak karena karakter bahan yang ringan.

Baca juga artikel kami tentang : Rekomendasi mesin jahit konveksi

  • Cara mengeringkan jaket parasut

Bila anda mencuci dengan tangan, jangan peras jaket parasut anda. Langsung gantung jaket di jemuran. Bila anda menggunakan mesin pengering, atur mesin dalam mode slow dan atur waktu 5 menit saja agar tidak merusak jaket. Setelah itu langsung saja gantung di jemuran.

Saat menjemur usahakan tidak terkena matahari langsung. Sinar matahari langsung bisa membuat warna jaket lebih cepat pudar. Pastikan jaket anda benar-benar kering seluruhnya sebelum dipakai agar jaket tidak berbau apek.

  • Setelah dicuci dan dikeringkan, perlukah jaket parasut disetrika?

Bahan parasut tidak mudah kusut jadi anda tidak perlu menyetrikanya. Setrika dapat membuat bahan parasut rusak atau mengkerut karena panas berlebih. Jika menurut anda jaket terlihat sagat kusut, gunakan kain sebagai pelapis diatasnya agar setrika tidak langsung mengenai jaket.

Baca juga artikel kami tentang : Macam – macam mesin jahit

Praktis sekali bukan cara mencuci jaket parasut dengan benar?. Anda hanya perlu mempraktekkan tips di atas agar jaket anda bisa lebih awet digunakan. Bukan hanya bersih, bahan dan warna jaket anda juga akan lebih tahan lama.

Kami dari Konveksi Bandung selalu memberikan informasi dan tips-tips menarik. Baca juga artikel kami yang lain untuk menambah wawasan anda. Selamat mencoba tips kami di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published.