Cara memulai usaha bisnis konveksi part- 2 : panduan sukses untuk memulai bisnis konveksi berdasarkan pengalaman pribadi

Bagian kedua, Tips Sukses Untuk Memulai Bisnis Konveksi Dari Nol.

konveksi baju

Pada artikel sebelumnya sudah di bahas 3 point secara lengkap mengenai topik pembahasan kita yaitu cara memulai usaha bisnis konveksi panduan sukses untuk memulai bisnis konveksi. Dan pada artikel ini akan dibahas dan diceritakan habis tentang apa yang belum saya ceritakan di artikel sebelumnya.

Bagi kalian yang belum membaca artikel bagian pertama, silahkan baca dulu. Biar nyambung dan paham.

Klik disini untuk baca artikel bagian pertama

Oke kita lanjut pembahasan point selanjutnya, pada artikel sebelumnya kalian sudah sampai titik dimana kalian sudah bisa nerima orderan dan ngerjain orderan. Sebenarnya sampai di titik tersebut pun kalian sudah dapat merasakan pengalaman “serasa” punya konveksi sendiri.

Nah pada kasus ini banyak orang yang merasa nyaman dengan kondisi sampai seperti itu, karena sudah dirasa dapat penghasilan dan gak capek ngerjain orderanya. Tapi bagi kalian yang memang bertujuan ingin memiliki konveksi sendiri silahkan untuk melanjutkan membaca.

Point selanjutnya adalah

     4. Tambah ilmu konveksi, survey harga mesin, cari pekerja atau ambil satu bagian oleh sendiri.

Tambah ilmu konveksi? Sudah jelas itu harus, karena kalian kan pengen punya konveksi sendiri. Perdalam dan gali terus seluk beluk tentang konveksi. Jika sudah melalui proses pada point ke- 3 harusnya kalian sudah lebih leluasa untuk mencari ilmu tingkat lanjut dan belajar lebih dalam tentang konveksi (sambil kalian ngurus orderan sambil kalian belajar lebih dalam).

Ok sekarang anggap bahwa kalian sudah menguasai hampir seluruh pengetahuan dan ilmu tentang konveksi, langkah selanjutnya ya mulai survey dan cari- cari mesin (mulai dari jumlah yang sedikit, yang penting kalian bisa ngerjain sendiri).

Setelah itu. Mulai deh kalian cari pekerja yang punya kualitas bagus, ajak ngobrol aja dulu. Jangan langsung di ajak kerja (takut nanti ga jadi pake tuh orang heheh).

Nah… kalo kalian pengen punya keuntungan yang lebih besar ya mau gak mau harus kerja ekstra. Caranya gimana? ambil satu bagian dari sekian banyak proses produksi.

Contoh : proses produksi kaos terdiri dari belanja bahan kain dan sablon, proses potong, proses sablon, proses jahit, proses finishing sampai packaging. Kalau kalian ambil satu bagian proses produksi. anggap kalian ambil proses jahit, berarti bayaran untuk tukang jahit tidak ada, yang artinya keuntungan kalian lebih besar karena ada 1 proses yang kalian kerjakan.

Kalau saran dari saya jika kalian ingin ambil satu bagian, ambil proses potong dan belanja bahan. Kenapa? semua akan terjawab kalo kalian praktek. Jadi tidak akan saya jawab agar kalian terpacu untuk praktek dan ngerasain sendiri. hehehe

Ingat! Kalo kalian mau ambil satu bagian dari proses produksi berarti pada tahap keempat ini kalian harus lebih ekstra lagi dalam belajar. Inti dari point ini adalah belajar, survey, belajar, survey gitu aja terus sampai benar- benar matang.

Oke lanjut point selanjutnya.

     5. Punya modal atau nabung

Semua amunisi yang kalian butuhkan untuk beraksi sudah ada. Cara nerima orderan dan ngelayanin konsumen sudah bisa, pengalaman produksi orderan udah sering, konsumen sudah banyak, ilmu konveksi sudah dikuasai matang, info pekerja sudah ada, informasi harga mesin untuk kebutuhan produksi sudah ada.

Nunggu apa lagi? Duit lah jelas, punya modal yaudah tinggal belanja mesin aja.

Uang belum cukup? Nabung dong… kan udah ada pendapatan dari orderan. Tinggal sabar aja dan konsisten pasti ke beli kok mesin sendiri.

Tapi…. ada tips nih biar ga sekaligus serba beli mesin, tips ini sangat berguna buat kalian yang punya modal pas- pas an.

Begini cara saya.

Jangan langsung punya semua alat produksi, saya sarankan untuk bertahap dan di cicil satu per satu alat.

Contoh : kalian mulai beli alat potong aja dulu, nah sementara jahit dan sablonya di maklun kan. Atau sebaliknya beli alat jahit dulu, potong dan sablonya maklun. Bebaslah suka- suka kalian mau yang mana, liat situasi, kondisi dan keuangan kalian aja sih.

Ada kelebihan nih kalau kalian mau ambil satu bagian dari tahap produksi. Kalian beli alat dimana kalian menguasai proses pengerjaanya. Anggap kalian ambil proses jahit, yaudah beli mesin jahit dulu biar pas proses jahit kalian kerjakan sendiri dengan alat milik sendiri. Ini berlaku untuk semua tahap produksi.

Kalian sadar gak sih? Kalau sampai tahap ini kalian sudah punya konveksi milik sendiri? Hahaha gak kerasa kan akhirnya punya sendiri? (walaupun sebenarnya prosesnya cukup lama).

Nah untuk pengembanganya atau untuk ngebesarin konveksiknya ya mau gak mau banyakin orderan sampai kalian ngerasa bahwa ini saat yang tepat untuk beli mesin lagi dan nambah pekerja lagi.

Sekarang kalian paham kan kenapa alur ceritanya seperti itu? Gak paham? Oke saya perjelas dengan kesimpulan biar kalian bisa lebih belajar dan paham.

  1. Belajar dasar
  2. Cari vendor untuk sementara kalian lempar orderan sampai punya mesin sendiri. Sifatnya sementara tapi pasti waktunya lama. Jadi wajib dan kudu sabar ya…
  3. Cari orderan langsung. Agar kalian punya konsumen dulu, ingat hal tersulit adalah nyari orderan (sudah saya bahas sebelumnya). Bayangkan kalo kalian punya mesin lengkap, modal kuat, pengetahuan udah matang tapi gak punya konsumen, gimana coba? Jalan gak tuh bisnis konveksinya? Nah sekarang paham kan kenapa saya cerita alurnya seperti itu? Dan saya ngerasain sendiri hasilnya.
  4. Belajar tingkat lanjut
  5. Yang lain ngebahas modal di awal- awal, saya ngebahas modal di akhir hahaha. Tapi paham kan maksud saya seperti apa? Ok sip

Semua hal tentang cara memulai bisnis konveksi sudah saya bagikan kepada kalian, dan semuanya berdasarkan fakta alias pengalaman sendiri. Bukan berdasarkan teori dan tutorial semata.

Jalan hidup setiap orang pasti berbeda, ada yang dimudahkan dan ada juga yang diberi kesulitan. Selama kita konsisten pada jalan yang benar, suatu saat pasti ada hasil manis yang kita dapat.

Itu cerita dan jalan hidup penulis, ada yang sama dan ada yang beda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips dari saya.

Sukses untuk kita semua. Amiin…

CV. GOLDEN MULTI KREASI MULIA

Jl. Sekepanjang 1 No. 68 Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung 40124

Email : goldenriverkonveksi@yahoo.com

Telepon : (022) 20511259 – 085221300747

MAU?
customer service konveksi

Produk Unggulan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *