Tips Dan Cara Membuat Desain Baju Seragam Kerja

Tips & Cara Mudah Untuk Membuat Desain Baju Seragam Kerja Kantor & Perusahaan

Pada artikel sebelumnya dibahas secara singkat tentang contoh desain seragam, dan sebagai lanjutan atau pembahasan lebih tentang desain baju seragam, maka pada artikel ini akan dibahas tentang tips atau cara membuat desain baju seragam kerja kantor dan perusahaan menurut versi Golden River Konveksi.

Langkah 1. Perhatikan warna, logo dan jenis font yang digunakan oleh perusahaan anda.

Mengapa perlu melakukan hal ini ? untuk mempermudah anda dalam menentukan komponen dalam membuat desain dari baju seragam perusahaan anda. Sehingga anda dapat dengan mudah mendapatkan ide tentang warna kain yang akan digunakan, penempatan logo pada baju dan penggunaan font yang disesuaikan apabila dibutuhkan adanya tulisan pada baju seragam kerja anda.

Langkah 2. Mulai memasukan komponen warna kedalam desain anda.

Sesuai dengan point sebelumnya, anda disarankan untuk menggunakan warna perusahaan sebagai warna seragam anda. Contoh, perusahaan provider kartu seluler Telkomsel yang memiliki logo dengan identik warna merah, putih dan hitam. Sehingga mereka menggunakan warna merah dan putih pada baju seragam Telkomsel.

baju seragam telkomsel
Sumber foto faseberita.id

Ada opsi lain untuk menentukan warna pada seragam perusahaan anda, yaitu dengan cara memilih warna disesuaikan dengan nilai apa yang ingin anda tunjukan berdasarkan dari makna dan arti tiap warna. Sebagai contoh :

Arti warna.

Warna Merah = Berani, kekuatan, energi, nafsu dan semangat

Warna Hijau = Kesuburan, segar, damai dan seimbang

Warna Orange = Kehangatan, nyaman dan ceria

Warna Kuning = Ceria, bahagia, energik dan optimis

Warna Biru = Stabil, keceriaan dan percaya diri

Warna Ungu = Keakraban dan aman

Warna Hitam = Hampa, duka dan misterius

Warna Putih = Bersih, Suci, ringan dan kebebasan

Warna Coklat = Keakraban dan rasa aman

Warna Abu – abu = Keseriusan, stabil, mandiri dan kemakmuran

Warna Emas = Prestasi, kesuksesan, mewah dan kemenangan

Warna Tosca = Ketenangan dan kesabaran

Warna Magenta = Keseimbangan fisik, mental, spiritual dan emosional

Itu adalah beberapa warna dan artinya, dan dapat anda gunakan sebagai warna dari seragam kerja anda sesuai dengan nilai apa yang ingin anda tunjukan kepada orang lain.

Langkah 3. Variasi kombinasi warna (optional).

Penggunaan variasi kombinasi warna pada bahan baju dapat lebih jelas menunjukan identitas dan sebagai pembeda dengan perusahaan lain yang memiliki warna yang sama. Sebagai contoh pada baju seragam Bank Mandiri dan baju seragam Bank BRI, keduanya memiliki basic warna yang sama yaitu penggunaan warna biru, sesuai dengan logo mereka yang identik dengan warna biru. Namun kedua Bank tersebut tidak hanya menggunakan warna biru sebagai warna baju seragamnya.

Sumber foto lowongankerjacareer.com
contoh desain baju seragam bank bri
Sumber foto dibacaonline.com

Untuk Baju seragam Bank Mandiri memiliki komponen warna biru dan kuning. Sedangkan pada Baju Seragam Bank BRI menggunakan komponen warna biru dan putih. Hal ini bukan tidak sengaja dilakukan oleh mereka, namun penggunaan variasi warna pada seragam mereka memang sengaja dilakukan, yaitu dengan tujuan untuk menunjukan identitas dan sebagai pembeda dengan perusahaan lain yang memiliki basic warna yang sama.

Langkah 4. Variasi garis lurus, melengkung atau list/ garis (optional).

Tidak sedikit perusahaan yang menggunakan variasi garis lurus, melengkung ataupun list pada baju seragam mereka, dengan tujuan sebagai pembeda dan pemanis bagi seragam perusahaan tersebut. Biasanya variasi ini di singkronkan dengan warna sekunder dari perusahaan tersebut, contoh Bank Mandiri yang memiliki warna utama Biru dan warna sekunder Kuning.

Langkah 5. Masukan logo perusahaan dan nama perusahaan.

Gunakan komponen logo pada baju seragam kerja anda dengan pengaplikasian melalui Bordir komputer, Sablon manual dan Digital printing. Dengan menempatkan logo perusahaan yang pas akan menghasilkan baju seragam kerja yang baik. Untuk meletakan logo perusahaan disarankan pada posisi berikut :

  1. Dada kanan atau kiri dengan ukuran lebar antara 5 cm sampai 9 cm.
  2. Lengan kiri atau kanan dengan ukuran lebar antara 5 cm sampai 8 cm.
  3. Punggung bagian atas (dibawah pundak) dengan ukuran 6 cm sampai 12 cm.

Note: penggunaan logo pada baju seragam sebaiknya jangan terlalu besar ukuranya karena akan membuat baju seragam perusahaan terlihat kurang profesional dan memiliki kesan yang agak norak.

Itulah tips dan cara untuk membuat desain baju seragam kerja anda, dengan memadukan beberapa komponen akan menjadikan seragam kerja anda terlihat menarik dan bagus ketika digunakan. Saran dari kami adalah jangan terlalu ribet dan terlalu banyak komponen yang dimasukan kedalam baju seragam kerja anda, karena akan memberikan kesan norak dan kurang profesional, kecuali untuk beberapa jenis perusahaan yang memang perlu memasukan banyak komponen kedalam seragam kerja mereka, seperti perusahaan pertambangan, alat berat dan perusahaan lainnya yang bersifat lapangan. Karena ada beberapa komponen yang memang dibutuhkan didalam desain baju tersebut, sebagai contoh penggunaan scotlite atau saku pena pada lengan.

“Intinya adalah desain baju seragam disesuaikan dengan fungsi dan jenis perusahaanya”

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan kemudahan kepada anda untuk membuat dan menentukan desain dari baju seragam kerja di perusahaan anda.  Jika anda butuh berkonsultasi untuk membuat desain baju seragam kerja anda, dengan senang hati kami akan membantu anda, pelayanan terbaik akan kami berikan untuk anda.

CV. GOLDEN MULTI KREASI MULIA

Jl. Sekepanjang 1 No. 68 Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung 40124

Email : goldenriverkonveksi@yahoo.com

Telepon : (022) 20511259 – 085221300747

MAU?
customer service konveksi

Produk Unggulan