Perbedaan Bahan Drill Dan Tropical

Bahan Drill Dan Tropical Dalam Produksi Di Konveksi Seragam

Konveksi Golden River telah berpengalaman selama lebih dari satu dekade melayani pembuatan baju seragam dari bahan drill dan tropikal. Kedua jenis bahan ini sangat populer penggunaannya dalam produksi kemeja, celana, jaket dan rompi. Seperti apakah karakteristik keduanya, berikut penjelasannya.

kain bahan drill

DRILL

Bahan drill dibuat dari campuran bahan cotton dan polyester. Cara mengenalinya paling mudah yaitu dengan melihat permukaan serat kainnya. Serat kain pada bahan drill ini berupa garis-garis kecil diagonal, dengan tenunan yang rapat. Permukaan kain bagian depan dan bagian belakang pada umumnya berbeda (namun ada juga beberapa merk bahan drill yang permukaan depan dan belakangnya sama).

Bahan drill sering sekali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja PDL (Pakaian Dinas Lapangan), kemeja PDH (Pakaian Dinas Harian), kemeja karyawan, kemeja teknisi / mekanink, kemeja security, kemeja SPG, dan kemeja seragam kampus. Tidak hanya untuk kemeja, bahan drill juga bisa digunakan untuk membuat celana PDL dan PDH, Jaket dan Rompi.

Kualitas bahan drill bemacam-macam. Mulai dari yang ekonomis sampai yang eksklusif, berbanding lurus dengan harganya. Semakin banyak kandungan katun nya, akan semakin dingin dipakai, menyerap keringat dan juga lembut/empuk di kulit.

  1. AMERICAN DRILL

Mungkin Anda sering mendengar jenis bahan ini disebut-sebut oleh vendor konveksi seragam. Bukan berarti bahan ini diimport langsung dari Amerika. Kalau ada konveksi baju seragam yang bilang seperti itu mungkin sedang mengeluarkan jurus untuk menaikan harga jual produknya ….wkwk… Karena jenis kain ini sudah banyak diproduksi di dalam negeri dengan kualitas yang tidak kalah dari bahan-bahan import.

Bahan American drill adalah bahan drill serat kecil, karena serat diagonalnya memang relatif kecil jika dibandingkan dengan Japan drill. Itu saja ciri utamanya. Kalau kualitas, ketebalan dan harganya sangat bervariatif, tetapi pada umumnya tidak lebih mahal dibandingkan dengan bahan Japan drill. Contoh American Dril yang sudah dikenal luas dan kualitasnya bagus yaitu: AM1919, Verlando American Drill, Maryland Drill, Unione Drill, Ventura, dll. Sedangkan yang harganya lebih ekonomis seperti: Florida, Venhouston, Verlando Gabardine, dll.

  1. JAPAN DRILL

Bahan Japan Drill adalah bahan drill serat besar, serat diagonalnya lebih besar jika dibandingkan dengan bahan American Drill. Pada umumnya bahan Japan drill lebih tebal, kandungan cottonnya lebih banyak, warnanya juga awet, karena itu biasanya harganya lebih mahal. Namun sekarang ini banyak juga bermunculan merk-merk bahan Japan drill yang kainnya agak tipis, teksturnya agak kasar dan warnanya kurang awet. Mungkin produsen kainnya ingin membuat bahan yang harganya murah tapi tetap membubuhkan label “Japan Drill” pada kainnya. Beberapa contoh merk bahan Japan drill yang kualitasnya bagus dan telah dikenal luas yaitu: Nagata Drill, Taipan Drill, Verlando Japan Drill, Japan Obor, Japan Hi-Soft, Toranaga Drill, dll.

TROPIKAL

Bahan tropical juga dibuat dari campuran bahan cotton dan polyester. Perbedaannya dengan jenis  bahan drill yaitu serat kainnya rata, dengan tenunan yang rapat.  Permukaan kain bagian depan dan bagian belakang biasanya berbeda (namun ada juga beberapa merk bahan tropical yang permukaan depan dan belakangnya sama). Kualitas bahan tropical bemacam-macam. Mulai dari yang ekonomis sampai yang eksklusif, berbanding lurus dengan harganya. Semakin banyak kandungan katun nya, akan semakin dingin dipakai, menyerap keringat dan juga lembut/empuk di kulit.

Beberapa contoh merk bahan Tropikal yang kualitasnya bagus dan telah dikenal luas yaitu: Taipan Tropikal, Pasada Tropikal, dan Espresso Tropikal. Sedangkan beberapa merk bahan Tropikal yang  lebih ekonomis, namun kualitasnya cukup bagus yaitu: Espero Tropikal, Maryland Tropikal, dan American Standford Tropikal.

Jenis bahan yang mana yang sebaiknya Anda pilih ?

Bahan drill biasanya dipilih orang untuk pemakaian lapangan atau di lantai produksi, sedangkan tropical biasanya untuk seragam di dalam ruangan (indoor), tetapi tentunya dikembalikan kepada selera dan budget yang Anda siapkan juga. Anda bisa konsultasikan dengan Konveksi Golden River, jasa konveksi seragam kepercayaan Anda, agar baju seragam yang Anda produksi sesuai dengan harapan.