Optimalisasi Ruang Kerja

CARA MENGOPTIMALKAN RUANG KERJA

RUANG TIDAK LAGI DIPANDANG SEKEDAR BIAYA YANG HARUS DIKELOLA. SEBALIKNYA, RUANG KERJA ADALAH ASET YANG DAPAT DITINGKATKAN UNTUK MEMBANTU PERUSAHAAN AGAR BERTUMBUH DENGAN PESAT. (GREEDE, 2006)​

menata ruang kerja

Pemimpin bisnis yang cerdas tahu arti penting tempat kerja untuk mengoptimalkan kinerja mereka. Seringkali tempat kerja Anda (relatif untuk setiap orang, proses, dan teknologi) mungkin tidak dianggap sebagai faktor yang berperan dalam menentukan keuangan Anda. 

Baik di pabrik ataupun di kantor, ruang sangatlah penting. Di pabrik, studi mengenai waktu dan gerakan dalam bekerja dapat membentuk menciptakan arus kerja yang lebih cepat. Studi mengenai penanganan bahan baku juga dapat menciptakan arus kerja yang lebih cepat di gudang. 

Namun, setiap perusahaan yang berkembang mempunyai kantor sendiri. Cara Anda menggunakan ruang kantor itu dapat membantu atau mengganggu pertumbuhan usaha Anda. 

Pengecer menilai kinerja mereka berdasarkan pendapatan per kaki persegi; pabrik mengukur kesuksesan mereka menggunakan output per kaki persegi. Namun, sebagian besar perusahaan tidak berhasil mengukur produktivitas kantor mereka. Bagi sebagian besar perusahaan, kantor hanyalah biaya tidak langsung, yaitu menempatkan sebanyak mungkin orang ke dalam sekecil mungkin ruang tanpa menghiraukan tugas yang dikerjakannya. 

Jika ruang kantor Anda seperti kantor kebanyakan, ruang dialokasikan dan dilengkapi berdasarkan status, bukannya jenis pekerjaan yang dilakukan. Pria dengan kantor di sudut dan jendela besar pasti bosnya. Interaksi informal di antara karyawan hanya terbatas di sekitar lemari pendingin. Jika tidak, orang-orang duduk di balik meja mereka setiap hari dan jarang meninggalkan departemen mereka. Rapat resmi diadakan di ruang kantor pribadi seseoraang atau di ruang rapat yang sesak. Kantor seperti ini membosankan, tidak produktif, dan tidak efisien. 

Desain kantor menurut para ahli dalam bidang operasional adalah sarana untuk menciptakan efisiensi dan memaksimalkan output. Saat perusahaan Anda berkembang, tempat kerja Anda harus berkembang seperti halnya perusahaan Anda. Cara karyawan Anda berinteraksi, cara mereka bekerja, dan tugas yang mereka kerjakan – pekerjaan berkelompok atau perorangan yang membutuhkan konsentrasi tinggi – memainkan peranan yang penting dalam rancangan tempat kerja Anda. 

Beberapa dekorasi yang sesuai dengan sifat bisnis Anda dapat membantu memberi inspirasi pada kerja tim, atau berfungsi sebagai pengingat Anda terjun di bisnis ini.

GUNAKAN LIMA PANCA INDRA DI TEMPAT KERJA ANDA

  • Penglihatan.

Apakah kantor Anda terlihat bagus, rapih, bersih dan menyenangkan? Paling tidak, pencahayaannya memadai. Ruang kecil dan gelap menghalangi kinerja dan terasa sempit. Bersihkan dan rapihkan. Karena barang-barang yang berserakan membuat kantor Anda terlihat tidak tertata dan membuat karyawan Anda juga tidak tertata.

  • Suara.

Musik yang mengalun di tempat kerja dapat menenangkan dan membantu karyawan bekerja dengan lebih baik. Selain itu juga dapat menutupi percakapan sehingga para karyawan menjadi lebih terbuka namun juga memiliki privasi.

  • Sentuhan.

Pajangan, meja dan tanaman semuanya memainkan peranan yang penting dalam menciptakan tempat kerja yang nyaman dan ‘dapat disentuh’.

  • Bau.

Masalah bau banyak mendapatkan perhatian dari para perancang ruangan. Bau kopi panas dapat menciptakan perasaan hangat dan ramah. Bau yang segar dapat menaikkan mood bekerja. Sebaliknya bau apek dari debu-debu yang bertumpuk, atau bau busuk dari tempat sampah bisa menggangu konsentrasi bekerja.

  • Rasa.

Secangkir kopi yang nikmat dapat memberikan semangat saat rapat pada pagi hari. Permen dan manisan yang disediakan di atas meja akan mengurangi kebuntuan saat jenuh mengerjakan suatu proyek.

Rancangan kantor adalah area yang umumnya diabaikan saat Anda mulai mengalami pertumbuhan yang pesat. Padahal ruangan kantor adalah kunci agar kita dapat menggunakan teknologi dengan efisien, melaksanakan inisiatif bisnis baru, dan memberikan sumbangsih untuk kepuasan karyawan. Singkatnya ruangan kerja sangatlah penting. Ruang kerja Anda haruslah mempermudah perkerjaan yang dikerjakan di sana.