Cara Promosi Agar Order Konveksi Rame, Strategi Marketing Meningkatkan Omset Penghasilan Usaha Bisnis Konveksi Anda.

Pengen orderan konveksi baju rame kan? jika itu yang kalian harapkan, maka lanjutkan membaca sampai habis. Karena akan dibahas cara strategi pemasaran / marketing agar order konveksi baju kalian rame, melimpah dan meningkatkan omset bulanan kalian.

Kenapa Konveksi Golden River Bandung share tentang topik ini? Emang gak takut tersaingi? Gak ada salahnya kan kami berbagi hal yang bermanfaat dan berguna untuk kalian, toh rezeki sudah ada yang ngatur dan gak akan ketuker, dan mari bersaing dengan cara yang sehat hehehe.

Berikut adalah tips dan cara meningkatkan penghasilan, omset bisnis dan order konveksi kalian mudah dan terbukti :

 

Cari order bisnis konveksi baju dengan cara pemasaran offline

  1. Sebar brosur.

  2. Presentasi dan jalin kerja sama.

  3. Komunikasi langsung.

  4. Cari reseller atau marketing freelance untuk kalian.

Cari order bisnis konveksi baju dengan cara pemasaran online

  1. Pemasaran memlalui media sosial.

  2. Membuat website.

  3. Promosi melalui whatsapp.

Tips ini berlaku untuk kalian yang baru akan memulai bisnis konveksi baju dan yang sudah memiliki konveksi sendiri, bagi kalian yang baru akan merintis bisnis konveksi silahkan baca artikel tentang ” Cara Memulai Usaha Bisnis Konveksi : Panduan Sukses Berdasarkan Pengalaman Pribadi “

Oke langsung saja kita mulai bahas bagaimana cara agar order konveksi baju kalian melimpah.

Cara dan strategi pemasaran / strategi marketing yang saya (penulis) bagikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah dilakukan secara langsung oleh saya.

Saya lebih senang membagikan ilmu berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil praktek sendiri bukan hanya sekedar teori belaka hehehe. Untuk itu jangan heran jika penggunaan bahasanya berbeda dengan orang lain.

 

Apa yang Anda Butuhkan ?

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda !

Baiklah langsung masuk ke pembahasan.

Dari sekian banyak cara dalam strategi promosi dan manajemen pemasaran yang ada dan dipelajari dalam bidang keilmuan di bangku pendidikan, mungkin hanya sebagian yang saya praktekan dan saya bagikan sekarang kepada kalian.

Saya membaginya kedalam 2 cara utama, yaitu cara pemasaran melalui offline ( offline marketing ) dan cara pemasaran melalui online ( online marketing ). Keduanya memiliki cara, teknik dan kapasitas kemampuan yang berbeda – beda, dalam beberapa cara memang membutuhkan skill atau kemampuan khusus untuk menjalankannya.

Ok langsung kita bahas cara yang pertama

1. Cari order konveksi baju dengan cara pemasaran offline ( offline marketing )

 

Sudah jelas dari istilahnya saja offline yang berarti tanpa melalui jaringan telepon, internet dan hal – hal yang berhubungan dengan dunia online. Bisa dibilang bahwa cara ini adalah cara yang dilakukan orang zaman dulu untuk melakukan promosi, namun masih memiliki efek / impact yang cukup baik hingga sekarang, wajib banget dan patut untuk kalian coba.

Ini yang saya lakukan

  • Sebar brosur

Emang guna ya sebar brosur gitu? Jangan salah… dengan menyebar brosur kita dapat secara langsung membagikan informasi yang berbau promosi kepada banyak orang tanpa harus panjang lebar banyak bicara untuk menerangkan, cukup dengan brosur sederhana dengan desain yang menarik dan memuat seluruh informasi yang ingin kalian sampaikan kepada para calon konsumen kalian. Usahakan apa yang ada didalam brosur adalah isi utama, tidak basa basi, bikin orang tertarik dan tunjukan kelebihan kalian.

desain contoh brosur promosi konveksi
Contoh desain brosur promosi

Dimana kita bisa sebar brosur? Cari tempat umum yang ramai dan tidak memerlukan perizinan untuk membagikan brosur tersebut. Seperti gerbang keluar universitas, tempat parkir umum, pasar tradisional atau wilayah pertokoan ruko ( contoh : pasar baru bandung, pasar tanah abang jakarta, pasar malioboro jogja dan pasar lainnya ), lampu merah dan tempat umum lainnya yang ramai dikunjungi banyak kalangan orang.

  • Presentasi dan jalin kerjasama

Jalin kerjasama dengan cara membuat proposal dan menyiapkan presentasi lalu datang langsung ke target yang akan kita ajak untuk kerjasama.

Siapa targetnya? Targetnya adalah :

  1. Universitas / Kampus. Untuk universitas kita bisa masuk melalui bagian unit usaha, bagian koperasi, BEM Universitas, dan seluruh himpunan di setiap jurusan.
  2. Sekolah SD, SMP dan SMA. Caranya gimana? datang aja langsung tanya satpam bilang saja kalau kita mau mengajukan proposal kerjasama untuk pengadaan barang seperti seragam dan baju olahraga. Nanti pasti kita bakal ditunjukan harus ketemu dengan bagian apa disekolah tersebut.
  3. Perusahaan seperti apa? Tentunya perusahaan yang pegawainya kerja dengan menggunakan seragam, cari sendiri ya perusahaan apa saja hehehe
  • Komunikasi langsung

Cara ini biasanya saya lakukan ketika bertemu dengan teman, kerabat dan saudara dalam moment apapun, saya sering kali menyampaikan kepada mereka bahwa jika ada kebutuhan untuk produksi baju, kaos maupun jaket boleh hubungi saya. Tentunya cara penyampaian tiap orang berbeda – beda tergantung alur pembicaraan awalnya seperti apa.

Kalau kalian bertanya bagaimana cara saya menyampaikanya? Begini cara saya, ketika bertemu dan ngobrol dengan seseorang biasanya banyak topik yang di bahas, nah saya sering sekali memanfaatkan ketika tempo obrolan sudah mulai berkurang, dengan cara “oh iya nih kebetulan, barangkali kamu/ kalian suatu hari butuh jasa konveksi boleh hubungi saya, siapa tau kan ada lebihnya buat kamu/ kalian hehehe” kalo ternyata responya terlihat antusias ya bersyukur bisa dibahas lebih lanjut, tapi klo responya hanya sekedar “oh ok nanti aku kabarin kalo ada”, yaudah berarti dia kurang tertarik. Tapi gak ada salahnya kan, yang penting kita sudah berusaha menawarkan dan menginformasikan.

  • Cari reseller atau marketing freelance untuk kalian

Nah cara ini berhubungan dengan cara yang sebelumnya, yakni jika ternyata setelah kalian informasikan atau buka pembicaraan bahwa kalian nerima orderan produk konveksi, lalu responnya cukup baik dan terlihat antusias, baru setelah itu kalian tawarkan untuk menjadi reseller atau marketing freelance dengan meng iming – imingi keuntungan.

Ini adalah cara yang jitu untuk mendapatkan orderan yang lebih banyak.

marketing freelance

Semakin banyak kalian mendapatkan reseller atau marketing freelance maka semakin banyak pula orderan yang masuk ke konveksi baju kalian, apalagi kalau orang tersebut memang benar- benar mencari orderan dengan serius. Suatu saat tanpa kalian cari pun orderan akan datang sendiri kepada kalian.

Itu semua adalah teknik pemasaran offline yang sudah saya praktekan dan terbukti menghasilkan orderan.

Lalu untuk cara utama yang kedua adalah…

2. Cari order konveksi baju dengan cara pemasaran online ( online marketing )

 

Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan order konveksi kalian, jika dengan cara offline kalian hanya bisa menjangkau wilayah sekitar saja. Tapi dengan online marketing kalian mampu menjangkau wilayah yang sangat luas karena menggunakan media jaringan internet. Namun banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menjalankan cara ini, karena memerlukan keahlian dan pemahaman tentang media yang akan digunakan, tapi jika kalian memang benar- benar ingin mendapatkan banyak order konveksi, maka mau gak mau kalian harus mempelajarinya, dan itulah yang saya lakukan pada saat itu.

Dan ini yang saya lakukan

  • Pemasaran melalui sosial media

Sosial media memiliki potensi yang sangat baik untuk promosi suatu produk atau jasa, karena pada saat ini hampir seluruh orang menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi, berbagi cerita, foto dan informasi. Macam – macam sosial media seperti facebook, instagram, pinterest, twitter dan sosial media lainnya.

social media marketing

Dan ini yang saya gunakan untuk mempromosikan konveksi

  1. Instagram. Dengan cara organik maupun dengan promosi iklan berbayar
  2. Facebook fan page. Sama seperti instagram dengan cara organik atau promosi iklan berbayar
  3. Behance. Dengan cara meng-upload foto dan desain- desain baju
  4. Tumblr. Buat halaman khusus untuk mempromosikan bisnis konveksi kalian
  5. Pinterest. Sama seperti behance yaitu dengan cara upload foto dan desain- desain baju

Itu adalah cara yang saya praktekan pada saat itu untuk mencari order konveksi di media sosial

Cara selanjutnya adalah

  • Membuat website

Cara ini memang membutuhkan banyak effort, tapi hasil yang akan kalian dapat sangat menjanjikan.

Kenapa? karena dengan memiliki website secara tidak langsung kita sudah memiliki toko resmi di dunia maya ( toko Online ), dan yang paling penting adalah….

  1. Website dapat memuat lebih banyak informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.
  2. Memiliki nilai lebih, dianggap profesional dan berpengalaman
  3. Memiliki jangkauan yang sangat luas
  4. Aset masa depan
  5. Bersifat jangka panjang

Memang tidak semudah yang diceritakan, karena harus melewati banyak proses, dari mulai membuat website konveksi bandung sampai mengoptimasi website tersebut agar mudah ditemukan oleh banyak orang.

Karena pada saat itu saya bingung harus ngapain dan gak tau caranya, akhirnya saya nekad cari informasi jasa pembuatan website, dan alhasil dengan modal 1,5 jt biaya pembuatan website akhirnya saya memiliki website konveksi bandung sendiri. Tapi tidak hanya berhenti disitu masih ada PR besar yang perlu dilakukan, yaitu mengoptimasi website tersebut agar mudah ditemukan oleh banyak orang. Dan akhirnya saya optimasi sendiri website tersebut dengan bergantung kepada tutorial yang ada di internet.

Makin kesini makin paham dan makin banyak pelajaran yang saya dapat sampai akhirnya usaha saya dalam mengoptimasi website membuahkan hasil yang cukup baik, yang artinya orderan mulai masuk dari website. Selain dengan cara organik seperti yang saya lakukan, kalian dapat mempromosikan dengan cara berbayar yaitu pasang iklan di google, tapi butuh modal yang lumayan kuat hehehe….

  • Promosi melalui Whatsapp

Caranya bagaimana? Cukup mudah. Yaitu dengan cara menyebarkan informasi melalui story whatsapp kita dan menyebarkan melalui grup – grup yang ada di kontak whatsapp kita, kalau istilah kita dulu adalah boardcast pesan,

Ingat! Jangan terlalu sering nanti kesannya seperti spam, malah mengganggu dan cenderung akan di abaikan, pinter – pinter kita aja ngaturnya seperti apa. Praktis tapi menghasilkan hehehe.

Itulah cara dan strategi pemasaran yang saya terapkan untuk mendapatkan order konveksi, dari mulai offline marketing sampai online marketing.

Kesimpulannya adalah lakukan segala cara yang kalian bisa tanpa dibatasi rasa malas dan gengsi, mau cara offline ataupun online. Banyak belajar dan cari informasi agar pengetahuan kalian bertambah dalam hal pemasaran dan pengenalan bisnis konveksi baju kalian, semakin banyak pengetahuan kalian semakin paham juga kalian akan cara yang tepat untuk meningkatkan penghasilan bisnis / usaha konveksi baju kalian.

Dan yang terpenting adalah lakukan semuanya secara konsisten, terus menerus, jangan mudah menyerah dan banyak berdo’a agar usaha kalian dimudahkan.

Sekarang semuanya terserah diri kalian, melakukan berbagai cara seperti saya, atau hanya cara tertentu saja yang kalian lakukan. Mudah- mudahan kalian mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih baik. Amiin.

“semakin banyak pintu yang kalian buka, maka semakin banyak pula kesempatan kalian untuk mendatangkan rezeki dari pintu- pintu tersebut” (anonim7)

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya ya.

Sukses untuk kita semua. Amiin.

konveksi baju golden river bandung

CV. GOLDEN MULTI KREASI MULIA

Alamat Workshop :

Jl. Sekepanjang 1 No. 68 Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung 40124

Email :

goldenriverkonveksi@yahoo.com

Telepon :

(022) 20511259 – 085221300747

MAU?

Kami Siap Melayani Anda !

PRODUK UNGGULAN