Mesin jahit mulai bermasalah? 7 Cara memperbaiki mesin jahit sendiri

Mesin jahit anda sering mengalami benang putus atau mengeluarkan suara yang tidak halus saat dipakai? Itu adalah masalah umum yang bisa terjadi saat menggunakan mesin jahit. Ada cara memperbaiki mesin jahit yang bisa anda coba bila mesin jahit anda mengalami kejadian di atas.

Artikel kali ini tidak hanya membahas dua masalah di atas, ada juga solusi untuk beberapa problem yang umum terjadi pada mesin jahit. Daripada anda mengeluarkan uang untuk memanggil teknisi mesin jahit, lebih baik anda mencoba sendiri beberapa cara memperbaiki mesin jahit berikut ini.

Cara memperbaiki mesin jahit-min

Masalah umum dan cara praktis memperbaiki mesin jahit sendiri

    1. Cara memperbaiki mesin jahit yang berisik

Mesin jahit yang suaranya tidak halus saat digunakan biasanya disebabkan pelumas sudah tidak cukup sehingga mesin tidak dilumasi dengan baik dan menimbulkan suara yang berisik. Cara praktis memperbaiki suara berisik tersebut adalah menambahkan pelumas.

Pilih pelumas yang berkualitas agar tahan lama dan bisa melumasi mesin dengan baik, merek khusus mesin jahit yang sering digunakan adalah Singer, caranya teteskan minyak pelumas ke bagian-bagian besi mesin yang bergerak seperti penutup gigi mesin.

Mesin yang berisik juga bisa disebabkan benang-benang nyangkut dan debu yang jarang dibersihkan. Cobalah gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau seluruh bagian yang berdebu, pastikan anda membersihkan seluruhnya baru teteskan pelumas pada bagian yang perlu.

  1. Cara memperbaiki benang atas mesin jahit yang sering putus

Penyebab benang nyangkut lalu putus biasanya karena menjahit dari arah yang salah. Penyebab lain benang atas sering putus adalah pemasangan jarum jahit yang terlalu ke bawah sehingga benang tegang dan mudah putus.

Cara memperbaiki mesin jahit yang mengalami masalah ini adalah:

  • Pastikan putaran roda mesin tidak terbalik. Caranya coba beberapa saat dan lihat arah putaran harus stabil ke arah yang benar
  • Pastikan posisi jarum jahit pada mesin sudah benar (terpasang di posisi yang tepat)
  • Pastikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang akan dijahit. Tebal/tipisnya kain akan menentukan nomor jarum yang digunakan, nomor jarum yang salah bisa mengakibatkan benang putus berulang-ulang.

Baca juga artikel kami tentang : Cara menjahit baju

  1. Cara memperbaiki benang bawah mesin jahit yang sering putus

Benang bawah yang sering putus umumnya disebabkan oleh gulungan kumparan yang tidak rapih, penyebab lainnya adalah tegangan benang pasa sekoci yang terlalu besar, atau bisa juga putaran benang bawah terbalik sehingga benang mudah putus.

Solusi untuk memperbaiki benang bawah yang sering putus adalah:

  • Pastikan benang dalam kumparan digulung merata ke seluruh permukaan. Pembagian benang yang rata akan membuat perputaran kumparan merata juga.
  • Perhatikan benang pada sekoci, apabila benang harus ditarik maka pastikan terlebih dahulu putaran spul berlawanan dengan arah jarum jam
  • Pastikan jalur benang bawah sudah dipasang dengan benar melewati rumah sekoci.
  1. Cara memperbaiki benang mesin jahit yang sering putus

Penyebab benang sering putus adalah posisi jarum yang tidak pas pada tempatnya. Akibatnya jarum terkena hook dan menjadi tumpul. Posisi jarum yang tidak pas juga menyebabkan benang menjadi terlalu tegang dan mudah putus.

Solusi memperbaiki benang putus adalah:

  • Mengganti jarum jahit yang sesuai dengan tebal/tipisnya kain dan benang jahit yang digunakan
  • Pastikan posisi jarus terpasang dengan benar
  • Untuk benang yang terlalu tegang, coba kendurkan dengan menarik benang lalu menggulungnya lagi. Perhatikan keseimbangan benang bawah dan benang atas.
  1. Cara memperbaiki jerat benang mesin jahit yang mengendur

Gangguan jerat benang kendur bisa disebabkan oleh tegangan benang yang terlalu kencang atau juga karena pegas yang berfungsi mengatur tegangan pada sekoci terllau besar. Ukuran jarum yang tidak sesuai dengan tebal kain juga bisa menjadi penyebab benang kendur.

Cara memperbaiki benang mesin jahit yang mengendur:

  • Perhatikan keseimbangan dengan benang jahitan bawah, apabila tegangan masih kencang berarti benang belum seimbang. Keseimbangan yang baik adalah bila benang bergerak dengan lancar.
  • Sesuaikan tegangan benang atas an benang bawah dengan cara menariknya sedikit sedikit sampai tegangan terasa lancar, tidka kencang lagi
  • Sesuaikan benang jahit dan jarum dengan tebal/tipisnya kain yang akan dijahit.
  1. Cara memperbaiki pergerakan kain yang tidak lancar

Pergerakn kain yang tidak lancar membuat benang jahit terkumpul pada satu titik dan bisa merusak serat kain. Penyebabnya antara lain serat kain menumpuk di sekitar gigi penyuap dan tinggi gigi penyuap kemungkinan tidak sesuai.

Cara memperbaiki agar kain bergerak lancar:

  • Bersihkan gigi penyuap dengan sikat gigi bekas, pastikan bersih seluruhnya baru teteskan pelumas agar gigi penyuap bergerak lancar. Segera tutup giigi penyuap setelah diberikan pelumas.
  • Atur dengan baik mekanisme dan knop gigi penyuap mesin jahit
  1. Cara memperbaiki jarum mesin jahit yang sering patah

Jarum yang sering patah biasanya disebabkan kualitas jarum yang tidak terlalu bagus. Penyebab lain adalah posisi pemasangan jarum jahit yang tidak tepat, bisa juga jarum jahit yang membentur bagian sepatu mesin, sekoci atau needle plate.

Solusi memperbaiki jarum jahit yang sering patah:

  • Ganti jarum jahit yang lama dengan jarum baru yang berkualitas bagus
  • Pasang jarum jahit pada posisi yang tepat
  • Periksa kembali apakah pemasangan needle plate, sekoci dan sepatu mesin sudah tepat.

Baca juga artikel kami tentang : Pembahasan tentang hoodie

Tips memiilih ukuran jarum mesin jahit yang sesuai dengan kain

Beberapa masalah yang umum terjadi salah satunya disebabkan nomor benang yang tidak sesuai dengan jenis bahan. Nah untuk menghindari kesalahan memilih ukuran jarum, gunakan referensi berikut untuk menentukan nomor jarum yang tepat sesuai jenis kain.

  • Jarum jahit nomor 9: Cocok untuk bahan chiffon, voile dan organdi
  • Jarum jahit nomor 11: Cocok untuk bahan brokat halus dan katun
  • Jarum jahit nomor 13: Cocok untuk bahan shantung, taffeta dan linen
  • Jarum jahit nomor 14: Cocok untuk bahan linen, poplin, semi wool dan wool
  • Jarum jahit nomor 16: Cocok untuk jeans tebal
  • Jarum jahit nomor 18 dan 20: Cocok untuk bahan terpal dan jok

Nah sekarang kalau anda menemui masalah seperti diatas, anda sudah tahu cara memperbaiki sendiri mesin jahit di rumah. Dengan teratur membersihkan mesin dan memastikan pemasangan jarum dan perlengkapan dengan benar, anda akan menjahit dengan lebih nyaman.

Demikian artikel kali ini, terima kasih sudah mengunjungi website Konveksi Bandung. Kami harap informasi yang kami bagikan berguna bagi anda. Sampai jumpa di artikel Konveksi Bandung berikutnya, dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan anda.

Kami selalu siap untuk melayani segala kebutuhan Anda!

Hubungi kami

atau kembali ke halaman utama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *